ANALISIS KEBUTUHAN SISWA TERHADAP PENGEMBANGAN MEDIA AJAR DIGITAL PENDIDIKAN IPS

I Nyoman Sudirman, Ni Komang Pitri Ani, Putu Diah Utari

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui masalah kesulitan siswa mengenai media ajar digital pendidikan IPS di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan siswa terhadap pengembangan media ajar digital pendidikan IPS. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif deskriptif. Metode ini dipilih untuk mengetahui kebutuhan pengembangan media ajar digital pendidikan IPS. Subyek penelitian ini adalah beberapa perwakilan siswa. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan permasalahan yang terjadi dalam pengembangan media ajar digital ialah kurangnya media ajar digital yang diberikan dan perlu adanya media ajar digital untuk menunjang pembelajaran. Peneliti berharap dengan

Keywords


kebutuhan siswa, media pembelajaran digital

Full Text:

PDF

References


Anisa, M., Putri, R. N., Regina, Y., & Nugraha, D. (2022). Pengembangan Media Tiktok pada Mata Pelajaran IPS Perubahan Sosial Budaya Sebagai Modernisasi Bangsa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6998–7006. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2982

Fatimah, S., Mufti, Y., & Mahmudah, U. (2021). Prosiding SEMAI Seminar Nasional PGMI 2021 Analisis Kebutuhan Pengembangan Aplikasi Android berbasis Potensi Lokal sebagai Media Pembelajaran Sains. 224–237. http://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/semai-224-

Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 104–113. https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/download/1750/574

Herlina, A., & Hadiyanti, D. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Digital Berbasis Flipbook Untuk Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(2), 284–291. https://doi.org/10.31949/jee.v4i1.3344

Jauhar, S. (2018). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS BERBASIS PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DI SEKOLAH DASAR. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 2(2).

Linggasari, E. (2021). Meta Analisis Pembelajaran Berbasis Media Video Pembelajaran terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Elkana. 2(1), 122–128.

Pranata, Y. R., Setyosari, P., & Santoso, A. (2020). Pemanfaatan Digital Storytelling sebagai Media Pembelajaran Tematik di SD. Springer Series on Cultural Computing, 547–558.

Puspitorini, F., Hamdani, H., Zulfadhli, M., Muhendra, R., & Purwa, A. (2022). Optimalisasi Media Ajar dalam Pengajaran Berbasis Digital di SD Negeri Muktiwari 01. 5(1), 67–73.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Wulandari, I., & Oktaviani, N. M. (2021). Validitas Bahan Ajar Kurikulum Pembelajaran Untuk Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v7i1.2456

Yusuf, M. (2017). METODE PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan.




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v6i1.11519

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: