IMPLEMENTASI METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS VI SD NO 3 BELOK TAHUN 2022

Putu Beny Pradnyana, Ni Wayan Prisia Rahayu

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil Implementasi Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VI SD No 3 Belok Tahun 2022. Penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research). Jenis penelitian ini adalah deskriptif, data dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan rumus statistic deskriptif. Instrumen pengambilan data menggunakan metode Tes. Subyek penelitian ini adalah 25 siswa kelas VI SD NO 3 Belok Tahun 2022. Objek penelitian ini adalah Metode Problem Solving dan Hasil Belajar IPA. Hasil penelitian ini menunjukkan pertama, penerapan metode problem solving dalam pembelajaran IPA di kelas VI SD No 3 Belok memperoleh kemajuan pada hasil belajar siswa yang optimal, terlihat siswa sudah mulai tertarik dengan pembelajaran IPA. Kedua, perolehan nilai nilai rata-rata setelah Implementasi Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VI SD No 3 Belok yaitu 85,6.


Keywords


Metode Problem Solving, Hasil Belajar IPA

Full Text:

PDF

References


Aminudin Junaedi, T. S. (2020). Komunikasi dosen dengan mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran melalui metode ceramah. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 01(09).

Andita, C. D., & Taufina, T. (2020). Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 541–550. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.397

Barham, A. I. (2020). Investigating the development of pre-service teachers’ problem-solving strategies via problem-solving mathematics classes. European Journal of Educational Research, 9(1). https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.129

Erfayliana, Y. (2016). Aktivitas Bermain dan Perkembangan Jasmani Anak. Terampil Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar.

Khalid, M., Saad, S., Abdul Hamid, S. R., Ridhuan Abdullah, M., Ibrahim, H., & Shahrill, M. (2020). Enhancing creativity and problem solving skills through creative problem solving in teaching mathematics. Creativity Studies, 13(2). https://doi.org/10.3846/cs.2020.11027

Lestari, L. D. (2020). Pentingnya mendidik problem solving pada anak melalui bermain. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2). https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.32034

Marinda, L. (2020). TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET DAN PROBLEMATIKANYA PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26

Munir. (2021). Pendidikan adalah Proses Pengubahan Sikap. Upttikp.

Mursyidi, W. (2020). Kajian Teori Belajar Behaviorisme Dan Desain Instruksional. Almarhalah | Jurnal Pendidikan Islam, 3(1). https://doi.org/10.38153/alm.v3i1.30

Pinahayu, E. A. R. (2017). PROBLEMATIKA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA PELAJARAN MATEMATIKA SMP DI BREBES. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 1(1), 77–85.

Sueni, N. M. (2019). Metode, Model dan Bentuk Model Pembelajaran. Wacana Saraswati, 19(2).

Syofyan, H., & Halim, A. (2016). Penerapan Metode Problem Solving Pada Pembelajaran Ipa Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. PROSIDING SEMINAR NASIONAL MULTI DISIPLIN ILMU & CALL FOR PAPERS UNISBANK (SENDI_U) KE-2 Tahun 2016




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v6i1.13259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: