ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VI SDN 2 TAMANSARI TAHUN PELAJARAN 2015/2016 DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA UASBN 2014/2015

Yuni Mariyati, Riyadi Riyadi, Musfiatul Wardi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi jenis kesalahan siswa kelas VI SDN 2 Tamansari dalam menyelesaikan soal-soal matematika  UASBN tahun pelajaran 2014/2015 (2) untuk mendeskripsikan sumber kesalahan siswa kelas VI SDN 2 Tamansari dalam menyelesaikan soal-soal matematika UASBN tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian merupakan penelitian deskriptif. Subyek penelitian adalah siswa kleas VI SDN 2 Tamansari yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan wawancara terhadap subjek untuk memperjelas jenis dan sumber kesalahan siswa. Analisis data dilakukan dengan menghitung jumlah kesalahan siswa, menganalisis hasil tes dan wawancara, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) jenis kesalahan siswa SDN 2 Tamansari dalam menyelesaikan soal-soal matematika UASBN tahun pelajaran 2014/2015 meliputi: kesalahan fakta, kesalahan pemahaman soal, kesalahan konsep, kesalahan transformasi, kesalahan prinsip, kesalahan melakukan operasi, kesalahan menentukan kedudukan benda. (2) sumber kesalahan siswa meliputi: kurang menguasai operasi hitung bilangan dan sifat-sifat operasi hitung, kurang memahami makna soal, kurang menguasai rumus yang tepat untuk menyelesaikan soal, kurang menguasai operasi pecahan, mengurutkan pecahan,  kurang menguasai skala dan perbandingan, kurang menguasai KPK dan FPB dan penggunaannya dalam menyelesaikan masalah, kurang menguasai pengukuran, kurang menguasai geometri, kurang menguasai sifat pencerminan bidang datar, kurang menguasai cara menafsirkan titik pada bidang cartesius, kurang menguasai cara membaca data dan kurang latihan soal


Keywords


1. Analisis kesalahan siswa 2. Soal UASBN SD/MI

Full Text:

PDF

References


Moleong, Lexy J. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif: EdisiRevisi. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia . Jakarta : DirektoratJenderal Pendidikan Tinggi Dpartemen Pendidikan Nasional.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 82 tahun 2008 tentang Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN)untuk Sekolah Dasar /Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar Luar Biasa (SD/MI/SDLB) tahun pelajaran 2008/2009




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v1i1.142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: