Analysis of Student's Problem Understanding Grade V Elementary School in Solving Mathematical Story Problems
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggo, M., “Pemecahan Masalah Matematika Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa”, Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 01, Nomor 02, h. 35-42, Oktober 2011.
Annisa Sulistyaningsih, Ellya Rakhmawati, Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan dalam Pemecahan Masalah Matematika. SEMINAR MATEMATIKA dan PENDIDIKAN MATEMATIKA UNY, Semarang, Indonesia, h. 123 – 130, 2017.
Ardiawan, Y., Nurmaningsih, “Hubungan Kemampuan Matematika dengan Potensi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Pontianak”, Jurnal Edumath, Volume 3, No. 2, h. 79-88, September 2017. doi: 10.26638/je.452.2064
Daroczy G, Wolska M, Meurers WD and Nuerk H-C, “Word problems: a review of linguistic and numerical factors contributing to their difficulty”, Front. Psychol. 6:348. doi: 10.3389/fpsyg.2015.00348
Falach, H., N., “Perbandingan Keefektifan Pendekatan Problem Solving dan Problem Posing dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa SMP”, PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 11, Nomor 2, h. 136-148, Desember
Fatri, F., F., Maison, Syaiful, “Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer”, Jurnal Didaktik Matematika, Vol. 6, No. 2, h. 98-111 September 2019.
Fauzi, I., and Arisetyawan, A., “Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Geometri di Sekolah Dasar”, Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, Vol. 11, No. 1, h. 27-35, Juni 2020. doi: http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v11i1.20726
Fitriani, K., & Maulana, “Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Kelas V melalui Pendekatan Matematika Realistik”, Mimbar Sekolah Dasar, Vol 3, No. 1, h. 40-52, 2016. doi: 10.17509/mimbar-sd.v3i1.2355
Gunantara, G., Suarjana, I., M., Riastini, P., N., “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V”, Jurnal Mimbar PGSD UNDIKSHA, Vol. 2, No. 1, h. 1-10, Tahun 2014. doi: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2058
Huda, N., Kencana, A., G., Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pemahaman dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung, Lampung, Indonesia, h. 595-606. 2013
Ikhsan, M., Munzir, S., Fitri, L., “Kemampuan Berpikir Kritis dan Metakognisi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika melalui Pendekatan Problem Solving”, Aksioma: Jurnal Program Study Pendidikan Matematika, Vol 6, No. 2, h. 234-245, 2017. doi: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.991
Jatmiko, J., “Kesulitan Siswa dalam Memahami Pemecahan Masalah Matematika”, Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Volume 3, Nomor 1, h. 17-20, June 2018, doi: 10.26877/jipmat.v3i1.2285
Komarudin, K., “Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Peluang Berdasarkan High Order Thinking dan Pemberian Scaffolding”, Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, Volume VIII, No.1, h. 202-217, September 2016. doi: https://doi.org/10.30739/darussalam.v8i1.96
Mairing, J., P., Pemecahan Masalah Matematika Cara Siswa Memperoleh Jalan untuk Berpikir Kreatif dan Sikap positif. Bandung: Alfabeta, 2018.
Muhsin, Johar, R., dan Nurlaelah, E., “Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematis melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Kontekstual”, Jurnal Peluang, Volume 2, Nomor 1, h. 13-24, Oktober 2013.
Mulyadi, Riyadi, dan Subanti, S., “Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Berdasarkan Newman’s Error Analysis (Nea) Ditinjau dari Kemampuan Spasial”, Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, Vol. 3, No. 4, h. 370-382 Juni 2015.
NCTM, Principles and Standards for School Mathematics, VA: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc. 2002.
Novferma, N., “Analisis Kesulitan dan Self-Efficacy Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita”, Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Volume 3, Nomor 1, h. 76-87 Mei 2016. doi: https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.10403
Novitasari, N., dan Wilujeng, H., “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 10 Tangerang”, Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 2, No 2, h. 137 – 147, Juli 2018. doi: http://dx.doi.org/10.31000/prima.v2i2.461
Nurkaeti, N., “Polya’s Strategy: an Analysis of Mathematical Problem Solving Difficulty in 5th Grade Elementary School”, EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 10, No. 2, h. 140-147, Juli 2018.
Polya, How to Solve it: a New Aspect of mathematical Method, Second Edition, Princeton University Press, Princeton, New Jersey, United State of America, 1985.
Robertson, S., L., Problem Solving Piladelphia, PA: Taylor & Francis Inc, 2001.
Saja’ah, U., F., “Analisis Kesulitan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah”, EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 10, No. 2, h. 98-104, Juli 2018.
Sepeng, P., & Sigola, S., “Making Sense of Errors Made by Learners in Mathematical Word Problem Solving”, Mediterranean Journal of Social Sciences, Vol. 4, No. 13, h. 325-333, November 2013. doi:10.5901/mjss.2013.v4n13p325
Siswono, T., Y., E., Pembelajaran Matematika Berbasis Pengjuan dan Pemecahan Masalah Fokus Pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018.
Sumarwati, “Soal Cerita dengan Bahasa Komunikatif untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar”, Jurnal Ilmu Pendidikan, Jilid 19, Nomor 1, h. 26-36, Juni 2013. doi: http://dx.doi.org/10.17977/jip.v19i1.3752
doi: https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10635
Utami, R., W., dan Wutsqa, D., U., “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis”, Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Vol. 4, No. 2, h. 166-175, 2017. doi: https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14897
Vendiagrys, l., Junaedi, I., Masruka, “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Soal Setipe TIMSS Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa pada Pembelajaran Model Problem Based Learning”, UJMER: Unnes Journal of Mathematics Education Research, Vol 4, No. 1, h. 34-41, Agustus 2015.
Wati, M., K., and Sujadi, A., A., “Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Masalah Matematika dengan Menggunakan Langkah Polya Siswa Kelas VII SMP”, Jurnal PRISMA, Vol 6, No 1, h. 9-16, 2017, doi: https://doi.org/10.35194/jp.v6i1.24
Wijaya, A., “Context-based mathematics tasks in Indonesia: Toward better practice and achievement”, UTRECHT: Freudenthal Institute for Science and Mathematics Education, No. 88, 2015.
Yarmayani, A, “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kota Jambi”, Jurnal Ilmiah DIKDAYA, Vol 6, No 2, h. 12-19, 2016. doi: http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v6i2.9
DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v3i2.2379
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:
Alamat Redaksi: