Maharah Qira'ah Learning Strategy for Integrated Islamic Elementary School (SDIT) Students During Covid-19 Pandemic

Apri Wardana Ritonga, Aulia Fitri

Abstract


Abstrak: Pandemi Covid-19 menuntut guru untuk menyusun strategi pembelajaran maharah qira’ah dengan baik. Sehingga pembelajaran berdampak baik bagi perkembangan keterampilan siswa. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran maharah qira’ah yang dilakukan guru pada era pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus di SD IT Nurul Ikhlas Padang, sedangkan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Data dianalisis menggunakan triangulasi data dan sumber data, sedangkan tahap validasi data menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu mereduksi data, menyajikan data dan verifikasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran maharah qira’ah di era pandemi dilakukan menggunakan media elektronik Whatsapp, Google Classroom dan Youtube melalui pendampingan penuh dari guru. Kajian ini merekomendasikan penelitian lanjutan untuk menguji efektivitas pembelajaran maharah qira’ah menggunakan media online bagi siswa tingkat sekolah dasar.

Keywords


Covid-19, Maharah Qira'ah, Learning Strategy

Full Text:

PDF

References


M. A. Izzah, S. A. Rosidah, and N. Khumairoh, “Komik Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Maharah Qira ’ Ah Untuk Siswa Madrasah Ibtida ’ Iyah ( Mi ),” in Prosiding Semnasbama IV, 2020, pp. 345–354.

M. Hendri, “Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Melalui Pendekatan Komunkatif,” POTENSIA J. Kependidikan Islam, vol. 3, no. 2 Juli-Desember, pp. 196–210, 2017, doi: 10.24014/potensia.v3i2.3929.

Z. Syahri, “Pembelajaran Qiraah dalam Bahasa Arab,” Al-Kahfi J. Pendidik. Agama Islam, vol. 5, no. 1 Januari-Juni, pp. 96–109, 2020.

A. W. Ritonga et al., “E-learning Process of Maharah Qira’ah in Higher Education During the Covid-19 Pandemic,” Int. J. High. Educ., vol. 9, no. 6, pp. 227–235, 2020, doi: 10.5430/ijhe.v9n6p227.

A. ’Alim Ibrahim, Al-Muwajjih Al-Fanny li Mudarrisi Al-Lughah Al-’Arabiyyah. Kairo: Daar Al-Ma’arif, 1968.

I. Makruf, “Manajemen Integrasi Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Berbasis Pondok Pesantren,” Cendekia J. Educ. Soc., vol. 14, no. 2 Juli, pp. 265–280, 2016, doi: 10.21154/cendekia.v14i2.570.

M. K. An-Naqah, Ta’lim Al-Lughah Al-’Arabiyah Li An-Nathiqina Bilughatin Ukhra: Ususuhu, Madakhiluhu, wa Thuruqu Tadrisuhu. Makkah: Jami’ah Um Al-Qura, 1985.

S. O. R. Tolinggi and F. R. S, “Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Arab di Era Adaptasi Kebiasaan Baru ( AKB ),” Taqdir, vol. 6, no. 2, pp. 95–116, 2020, doi: https://doi.org/10.19109/taqdir.v6i2.6428.

N. Fauziyah, “Dampak Covid-19 Terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring Pendidikan Islam,” Al-Mau’Izhoh, vol. 2, no. 2, pp. 1–11, 2020, [Online]. Available: index.php/am/article/view/2294.

H. B. Mangku, R. P. Suharjo, S. Bakhri, and Dll, Covid19 & Disrupsi Tatanan Sosial Budaya, Ekonomi, Politik dan Multi (Catatan Akademisi, Jurnalis, Aktifis dan Diaspora). Bandarlampung: Pusaka Media, 2020.

A. W. Ritonga, “Pengaruh Media Crossword Puzzle dalam Meningkatkan Maharah Qira’ah Siswa SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School,” Stud. Arab, vol. 11, no. 2, pp. 73–86, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/studi-arab.

H. Gunawan, “Strategi PQ4R: Meningkatkan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Materi Qira’ah,” I’tibar J. Ilm. Ilmu-ilmu Keislam., vol. 03, no. 06 Januari-Mei, pp. 147–161, 2016.

A. Nurcholis, S. I. Hidayatullah, and M. A. Rudisunhaji, “Karakteristik dan Fungsi Qira’ah dalam Era Literasi Digital,” El-Tsaqafah J. Jur. PBA, vol. 18, no. 2, pp. 131–146, 2019, [Online]. Available: https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/eltsaqafah.

W. Mahmudin, “Problematika Pembelajaran Al-Qiraah dan Solusi Pemecahannya (Studi Deskriptif Kualitatif di MA Miftahurrahman Tasikmalaya),” Thoriqotuna; J. Pendidik. Islam, vol. 1, no. 1, pp. 135–162, 2019, [Online]. Available: http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/thoriqotuna/article/view/103.

Erlina, “Pengembangan Bahan Ajar Qira’Ah Terpadu Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab,” J. Al Bayan J. Jur. Pendidik. Bhs. Arab, vol. 9, no. 2 Desember, pp. 263–280, 2018.

F. Rahman, “Problematika Penerjemahan Bahasa Arab Ke Dalam Bahasa Indonesia Bagi Siswa Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan,” Stud. Arab J. Pendidik. Bhs. Arab, vol. 8, no. 2, pp. 57–74, 2017, [Online]. Available: https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/studi-arab.

R. K. Yin, Qualitative Research From Start to Finish. New York: The Guilford Press, 2011.

M. B. Miles and A. M. Huberman, Qualitative Data Analysis. Los Angeles: Sage Publications, 1994.

I. Makruf, Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Aktif, Cet 1. Semarang: Need’s Press, 2009.

S. L. Darmawan and O. W. Sari, “The Use Of Macromedia Flash Player As Media To Improve Students’ Reading Skill,” Ling. J. Pendidik. Bhs., vol. 16, no. 2, pp. 14–20, 2020, doi: https://doi.org/10.34005/lingua.v16i2.

S. Munawaroh, “Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Dalam Strategi Belajar Mengajar Bahasa Arab,” in Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab II, 2016, pp. 100–116, [Online]. Available: http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/35/30.

J. Nugrawiyati, “Cooperative Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Kurikulum 2013,” Al Murabbi J. Stud. Kependidikan dan Keislam., vol. 3, no. 2, pp. 142–158, 2017, [Online]. Available: http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/murabbi/article/view/2587/1902.

F. Ferianti and A. Hamzah, “Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Tebak Kata Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Arab di MIN Kemu OKU Selatan,” JIP J. Ilm. PGMI, vol. 3, no. 2, pp. 134–143, 2017, doi: 10.19109/jip.v3i2.1647.

S. Bulan and H. S. Zainiyati, “Pembelajaran Online Berbasis Media Google Formulir dalam Tanggap Work From Home Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Paser,” SYAMIL J. Pendidik. Agama Islam (Journal Islam. Educ., vol. 8, no. 1, pp. 15–34, 2020, doi: 10.21093/sy.v8i1.2300.

Y. Pratama and N. Q. A’yun, “Kelompok Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19: Solusi Alternatif Pemodelan Pembelajaran Bahasa Arab di Era Pandemic,” in MUNASBA: Multaqo Nasional Bahasa Arab, 2020, pp. 260–268, [Online]. Available: index.php/mnba/article/view/98.

N. S. Binti Jasni and A. A. Ardiansyah, “Arabic Learning Based On E-Learning Using Arabic Teacher Website In The Pandemic Era Of Covid-19,” Ta’lim al-’Arabiyyah J. Pendidik. Bhs. Arab Kebahasaaraban, vol. 4, no. 2, pp. 122–137, 2020, doi: 10.15575/jpba.v4i2.8601.




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v4i2.5210

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: