PENGGUNAAN MEDIA MICROSOFT POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR

Rudolfus Ruma Bay, Algiranto Algiranto, Umar Yampap

Abstract


Abstrak; Penelitian bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam memahami materi secara maksimal menggunakan media Microsoft Power Point. Penelitian tindakan kelas siklus I dan II. Subjek siswa kelas IV SD Inpres Gudang Arang. Teknik yang digunakan pengumpulan data tes dan observasi. Hasil belajar siswa pada siklus II terlihat pada diagram. ketuntasan hasil belajar siswa 88% atau 22 siswa mendapat nilai > 70 yang tidak tuntas sebesar 12% 3 siswa memiliki nilai < 70. Rata¬-rata secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 21 dari siklus I yaitu 69 menjadi 78 pada siklus II.

Keywords


Media Powert Point, Pemahaman Siswa

Full Text:

PDF

References


Aqib Zainal, 2009, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Yrama widya

Arikunto Suharsimi, 2007 , Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Azhar Arsyad, 2009, Media Pembelajaran, Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Hutabalian, Erika, 2012, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, UNESA Surabaya.

Jurnal Ilmiah Pendidikan, Cakrawala Pendidikan, LPM Universitas Negeri Jogyakarta.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus (Anggraeni), 2012 Penerapan Media Power Point Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenai Huruf Vokal Bagi Anak Tuna Rungu.

Masnur Muslich, 2010, Melaksanakan PTK itu Mudah, Jakarta, Bumi Aksara.

Nugroho Sri, 2007, Buku IPS BSE Jilid III, Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.

Purnomo, Catur Hadi, 2010, Presentasi Kreatif dengan Power Point : Gagas Media Jakarta.

Sadiman, 2009, Buku IPS BSE Jilid III, Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.

Sadiman Arief, 2008, Media Pendidikan, Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sudjana, 2011, Media Pengajaran, Sinar Baru Algensindo, Bandung.

Supriatna, Nana, 2008, Modul Bahan Belajar Pendidikan IPS di SD, Universitas Terbuka.

Suryabarata, 2008, Psikologi Pendidikan, Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sri Nugroho dkk, 2008, Buku IPS BSE Jilid III, Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.

Wahab Azis, 2009, Metode dan Model-model Mengajar IPS, AlfaBeta, bandung.

Wayan Santyasa, 2007, Model-model Pembelajaran Inovatif, FPMIPA Universitas Pendidikan Ganesha, Denpasar.

Widyantini,dkk, Penerapan Pendekatan kooperatif STAD dalam Pembelajaran Matematika, Pusat Pengembangan dan pemberdayaan Pendidik dan tenaga Kependidikan (PPPPTK), Jogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v4i2.5215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: