Perbandingan Potensi Medication Error Pada Rawat Inap dan Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Ganesha Gianyar

I Wayan Mahendra Jaya, Ni Made Maharianingsih, Gde Palguna Reganata, I Gusti Ayu Rai Widowati

Abstract


Medication error adalah kesalahan pengobatan yang dapat dicegah yang menyebabkan pemakaian obat yang tidak sesuai atau membahayakan pasien. Medication error dapat terjadi pada 4 fase yaitu prescribing, transcribing, dispensing dan administration. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan potensi kejadian medication error pada rawat inap dan rawat jalan di rumah sakit. Metode penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan rancangan penelitian cross-sectional, yang dilakukan pada bulan April 2023. Sampel penelitian ini adalah 50 resep pasien rawat inap, 50 resep pasien rawat jalan. Penilaian potensi medication error pada fase prescribing sebanyak 14 parameter, fase transcribing sebanyak 8 parameter, fase dispensing sebanyak 6 parameter dan fase administration sebanyak 5 parameter. Kejadian medication error pada prescribing yang terjadi paling banyak pada rawat inap dan rawat jalan yaitu tidak ada berat badan pasien (100%), fase transcribing yang terjadi paling banyak yaitu tidak jelas bentuk sediaan, pada rawat inap sebanyak (40%), dan pada rawat jalan sebanyak (42%), pada fase dispensing dan administration tidak ditemukan medication error. Perbandingan medication error rawat inap dan rawat jalan mendapatkan hasil pada fase prescribing (P=0,000), fase transcribing (P=0,961), fase dispensing (P=1.000), dan fase administration (P=1.000). Simpulan penelitian yaitu adanya perbedaan yang signifikan potensi medication error antara pasien rawat inap dan pasien rawat jalan pada fase prescribing, dimana potensi lebih banyak terjadi di rawat inap. Sehingga diperlukan perbaikan medication error dengan cara melakukan penambahan tenaga kerja dan pengetahuan kefarmasian di Instalasi Farmasi, hal ini dilakukan agar dapat mengurangi potensi kejadian medication error di RSU Ganesha Gianyar.


Keywords


Medication Error Rumah Sakit

Full Text:

PDF

References


Angga M. 2017. “Evaluasi Medication Error Pada Resep Pasien Diabetes Mellitus Tipe II Ditinjau Dari Faseprescribing, Transcribing Dan Dispensingdi Instalasi Rawat Jalan Salah Satu Rumah Sakit Jakarta Utara.” UIN SYARIF HIDAYATULLAH, Jakarta.

Angraini, Dessy, and Tika Afriani. 2021. “Jurnal Endurance : Kajian Ilmiah Problema Kesehatan ANALISIS FAKTOR-FAKTOR TERJADINYA MEDICATION ERROR DI APOTEK RSI IBNU SINA BUKITTINGGI.” 6(1). doi: 10.22216/jen.v6i1.5033.

Dwi Tama, Tika, Asri C. Adisasmita, and Erlina Burhan. 20AD. Indeks Massa Tubuh Dan Waktu Terjadinya Konversi Sputum Pada Pasien Tuberkulosis Paru BTA Positif Di RSUP Persahabatan Tahun 2012.

Hetty ismainar. 2015. Keselamatan Pasien Di Rumah Sakit - Hetty Ismainar - Google Buku. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.

Hines, Sonia, Kathryn Kynoch, and Hanan Khalil. 2018. “Effectiveness of Interventions to Prevent Medication Errors: An Umbrella Systematic Review Protocol.” JBI Database of Systematic Reviews and Implementation Reports 16(2):291–96. doi: 10.11124/JBISRIR-2017-003481.

Ika Susanti. 2013. “IDENTIFIKASI MEDICATION ERROR PADA FASE PRESCRIBING, TRANSCRIBING, DAN DISPENSING DI DEPO FARMASI RAWAT INAP PENYAKIT DALAM GEDUNG TERATAI, INSTALASI FARMASI RSUP FATMAWATI PERIODE 2013.” UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, jakarta.

Mamarimbing, Marina. 2012. Evaluasi Kelengkapan Administratif Rsesep Dari Dokter Spesialis Anak Pada Tiga Apotek Di Kota Manado. Manado.

Permenkes. 2018. “Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomer 4 Tahun 2018 Tentang Kewajiban Rumah Sakit Dan Kewajiban Pasien.”

Pradani, Sawitri Avica, and Wisnu Kundarto. 2018. “Evaluasi Ketepatan Obat Dan Dosis Obat Anti Tuberkulosis Pada Pasien Anak Di Instalasi Rawat Jalan RSUDDr. Moewardi Surakarta Periode 2016-2017.” JPSCR : Journal of Pharmaceutical Science and Clinical Research 3(2):93. doi: 10.20961/jpscr.v3i2.22200.

Rafitri, Yulia, Rizki S. Farm, and M. Si. n.d. IDENTIFIKASI MEDICATION ERROR FASE PRESCRIBING, TRANSCRIBING, DISPENSING PADA PASEIN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT SENTRA MEDIKA CIKARANG.

Vidia SabrinaBudihardjo. 2017. “Faktor Perawat Terhadap Kejadian Medication Administratrion Error Di Instalasi Rawap Inap.” Jawa Timur.

WHO. 2016. “Patient Safety Assessment Manual Second Edition.”

Zakiah Oktarlina, Rasmi, and Zahra Wafiyatunisa. 2017. Kejadian Medication Error Pada FasePrescribing DiPoliklinik Pasien Rawat Jalan RSD Mayjend HM Ryacudu Kotabumi. Vol. 1. Lampung.




DOI: https://doi.org/10.31764/lf.v5i1.17283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EDITORIAL OFFICE: