Submissions Lumbung Farmasi: Jurnal Ilmu Kefarmasian

Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Lumbung Farmasi: Jurnal Ilmu Kefarmasian?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Lumbung Farmasi : Jurnal Ilmu Kefarmasian, FIK Universitas Muhammadiyah Mataram menerima naskah dalam bentuk hasil penelitian di Bidang Farmasi (Farmasi Bahan Alam, Farmasi Klinis & Komunitas, Farmasi Tekonologi, Kimia Farmasi, dan Biofarmasetika).

Penulis dapat mengunduh template naskah pada laman : https://drive.google.com/file/d/1gu_hCZHrTPiytFE5dEQmM15hRqjBfTkg/view 

 untuk penyesuain template naskah yang akan disubmit.

Penulis perlu untuk memperhatikan dengan seksama tentang berbagai ketentuan dan berlaku yang diberlakukan oleh Lumbung Farmasi : Jurnal Ilmu Kefarmasian sebagai berikut :

  1. Penulis harus memastikan bahwa artikel yang akan dikirimkan sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Lumbung Farmasi : Jurnal Ilmu Kefarmasian
  2. Artikel yang akan dikirimkan belum pernah diterbitkan dan tidak sedang dalam proses di seminar maupun jurnal lain.
  3. Artikel yang dikirim telah sesuai dengan gaya selingkung Lumbung Farmasi : Jurnal Ilmu Kefarmasian (silakan menggunakan template yang telah disediakan)
  4. Setiap nama penulis yang tertera dalam artikel telah ditulis dengan benar, dilengkapi affiliasi dan email.
  5. Penulis menyerahkan naskah untuk di submit pada Lumbung Farmasi : Jurnal Ilmu Kefarmasian, artinya penulis telah menyatakan persetujuan untuk membagikan hak cipta kepada Lumbung Farmasi : Jurnal Ilmu Kefarmasian.
  6. Artikel ditulis dengan menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar, untuk mengurangi resiko dapat menggunakan alat bantu seperti gramarly (untuk bahasa inggris) dan typoonline (untuk bahasa indonesia).
  7. Artikel memiliki jumlah halaman antara 6 sampai dengan 20 halaman.
  8. Artikel tidak mengandung bullet dan numbering
  9. Penulis tidak menambahkan pembaban pengecualian yang sudah ditetapkan dalam template.
  10. Penulis disarankan untuk menggunakan aplikasi referensi manajemen dan formating seperti Mendeley, Zotero dan EndNote , dengan gaya penulisan referensi menggunakan APA 6 th Edition (American Psychological Association)
  11. Jumlah referensi minimal 10, dengan 80% dari acuan primer (jurnal terkareditasi nasional/ internasional), sangat disarankan untuk menggunakan 10 tahun terakhir.
  12. Untuk memudahkan dalam menggunakan artikel, gunakan template yang telah disediakan dengan melakukan copy paste teks pada template, kemudian pilih style yang telah disediakan pada bagian ribbon style

 

Catatan:

  1. Pastikan email yang digunakan untuk menghubungkan dan mengakses secara online (lebih baik jika terhubung pada smartphone)
  1. Cantumkan no Hp yang bisa dihubungi pada saat mendaftar akun, hal ini akan digunakan untuk korespondensi yang mengarah atau melakukan konfirmasi terhadap status artikel yang sudah terlampau lama


» FORMAT NASKAH

JUDUL

Penulisan judul singkat dan jelas (maksimal terdiri atas 14 kata), perlu untuk menyoroti pada subjek / variabel penelitian yang menunjukkan kebaharuan. Kata penggunaan kata "studi kasus", "pengaruh". Judul dituliskan dengan format Senteces case (kapital diawal judul). Judul naskah diketik dengan font Segoe UI ukuran 14 pt

IDENTITAS AUTHOR

Penulis. ditulis secara lengkap (tanpa gelar). Jika diisi dengan nama penulis hanya terdiri dari satu kata, maka meluncur pada OJS diulang bagian nama depan dan nama belakang sama atau bagian nama pertama disingkat dari huruf terdepan tanda tanda titik (.) Dan nama belakang ditulis lengkap. contoh: seorang penulis hanya “Abdulrahman”, maka penulisannya “Abdulrahman , Abdulrahman” atau bisa ditulis “A. Abdulrahman ”. Nama penulis diketik dengan font Segoe UI ukuran 10 pt

Afiliasi. Setiap nama penulis harus dilengkapi dengan afiliasi, dalam persaingan tidak mengenal profesi (professor, dokter, mahasiswa, dosen, dll) tidak perlu dicantumkan. Jika dalam satu artikel ada beberapa penulis dengan afiliasi yang sama, maka afiliasi cukup dituliskan satu kali. Format ras afiliasi Prodi / jurusan / departement fakultas (koma) Institusi (koma) alamat Kota kodepos (koma) Negara. Afiliasi penulis diketik dengan font Centaur ukuran 8 pt

ABSTRAK

Abstrak harus memuat tujuan, metode, hasil, dan simpulan yang disampaikan secara singkat, padat dan jelas. Dapat digunakan untuk mengukur kebisar . Abstrak tidak memuat sitasi, rumus, tabel dan gambar . Ditulis dengan menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar, tidak menggunakan istilah yang tidak lazim / tidak cocok untuk digunakan, jumlah kata pada abstrak antara 150 sampai 200 kata. Pada bagian abstrak dengan sentuhan judul dalam bahasa inggris, ditebalkan (bold) dan diakhiri dengan titik. Abstrak diketik dalam dua bahasa yaitu bahasa indonesia dan bahasa inggris dengan font Centaur ukuran 10 pt

Kata kunci, harus menggali dari artikel, agar memudahkan penulis lain untuk mencari dan mensitasi artikel tersebut. Penulisan kata kunci tidak disingkat dan menggunakan istilah yang lazim dalam ilmu farmasi/kesehatan. terdiri atas minimal 3-5 kata dan informatif. Kata kunci diketik dalam dua bahasa yaitu bahasa indonesia dan bahasa inggris dengan font Centaur ukuran 10 pt

PENDAHULUAN

Pada bagian pendahuluan harus memuat latar belakang, urgensi penelitian dan analisis dengan penelitian yang telah ada , dapat digunakan untuk mengetahui. Tujuan dari penelitian harus tampak dengan jelas dalam bagian pendahuluan, pada bagian pendahuluan yang lebih baik tidak memuat tabel dan gambar . Pendahuluan isi secara lugas, dan tidak lebih dari dua halaman. Pendahuluan diketik dengan font Centaur ukuran 11 pt

METODE

Metode yang digunakan sangat jelas dengan memuat data dan analisis yang digunakan untuk hasil yang optimal, selain itu dapat mengakses jumlah responden yang dalam penelitian. Penulisan dapat menggunakan persamaan dengan mencantumkan salah satu yang utama sebagai acuan. Bagi penulis yang artikelnya bukan dari hasil penelitian , maka pada bagian metode ini dapat digunakan untuk memindahkan informasi dan informasi yang dapat digunakan untuk mencari informasi.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Hasil dan pembahasan dapat dapatses “apa?” Yang memberikan hasil atau temuan dari penelitian, data yang disajikan bukan data mentah, “mengapa?” Studi saintifik dan visualisasi antara hasil dan konsep dasar; "Apa lagi?", Bandingkan dengan penelitian lain, disarankn untuk memberikan implikasi hasil penelitian baik dari teoritis maupun penerapan.

Hasil dan pembahasan ditulis dalam satu kesatuan, penulis tidak dibenarkan untuk hasil dan pembahasan dulu dalam bentuk bab baru. Cara menulis dalam hasil dan pembahasan dilakukan secara langsung dengan menggunakan salah satu dari satu sumber yang relevan dan diutamakan dari sumber primer. Hasil yang dimasukkan dalam bagian ini adalah hasil "bersih". Proses analisis data seperti perhitungan statistik dan proses eksperimen tidak perlu disajikan. Hanya hasil dan hasil pengujian yang diperlukan. Hasil penelitian dapat dilengkapi dengan tabel, gambar dan grafik (ketentuan terpisah) untuk memperjelas penyajian hasil penelitian secara verbal.

SIMPULAN

Simpulan memuat pernyataan dari hasil analisis yang dilakukan terhadap temuan-temuan penelitian dan jawaban dari tujuan penelitian. Simpulan tentang Kebaharuan dari Konteks atau pengembangan yang dilakukan. Simpulan ditulis secara singkat, padat dan jelas dalam satu paragraf.

Informasi yang tersedia dari penelitian yang berkaitan dengan hasil penelitian untuk dikembagkan oleh para peneliti dapat dijelaskan secara singkat dan jelas dalam paragraf baru atau ditulis dalam satu kesatuan simpulan.

UCAPAN TERIMA KASIH (OPTIONAL)

Ucapan terima kasih Banyak yang diberikan oleh pihak-pihak yang telah terlibat dalam penelitian, baik dalam bentuk dukungan dana, perizinan, konsultan, maupun membantu dalam pengambilan data.

REFERENSI

Referensi yang dituliskan sesuai dengan sitasi yang ada di dalam naskah, jumlah referensi minimal 10 referensi dengan 80% dari acuan primer (jurnal terakreditasi nasional/ internasional) dengan derajat kemutakhiran 10 tahun terakhir.

 

Contoh penulisan referensi menggunakan APA (American Psychological Association) style :

  • JURNAL :

    Darmayanti, N.W.S., Zulkarnain, Z. (2018). Pemberian Pengayaan Materi Pelajaran Fisika Untuk Siswa Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar di Luar Jam Sekolah di Desa Gontoran, Kecamatan Lingsar, Lombok Barat. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. 1(2) . 1-4. https://doi.org/10.31764/jpmb.v1i2.454

  • BUKU :

    Sukardi, K, D. (2002). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

  • PROSIDING/ SEMINAR :

    Syaharuddin, Vera, M., and Dewi, P. (2017). Development of Matlab Based Computer Programming Modules. Proceedings of Mataram IKIP National Seminar, Mataram, Indonesia, 12-14.

  • INTERNET :

    Bernstein, M. (2002). 10 tips on writing the living Web. A List Apart: For People Who Make Websites, 149. Retrieved from http://www.alistapart.com/articles

 

KETENTUAN PENULISAN TABEL DAN GAMBAR

  1. Tabel dan gambar harus sesuai dengan kebutuhan kertas
  2. Setiap tabel, gambar dan grafik harus berbunyi dengan keterangan , untuk tabel judul tetap dibagian atas tabel, sementara untuk gambar dan grafik judul terletak dibagian bawah
  3. Tabel dan gambar harus dirujuk dalam badan naskah
  4. Gambar harus memiliki resolusi yang baik
  5. Untuk gambar-gambar yang sangat berwarna tanpa judul grafik, untuk judul dituliskan bagian judul setelah nama grafik
  6. Tabel tidak boleh mengandung garis vertikal, cukup dengan garis horizontal saja
  7. Tabel yang terpotong ke halaman lain disarankan untuk diberikan judul tabel yang sama.

 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.