Evaluasi Penerapan Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Tanjung Karang

Nur Oktaviani

Abstract


ABSTRAK

Pelayanan kefarmasian di puskesmas merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari pelaksanaan upaya kesehatan yang berperan penting dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat, khususnya di bidang kefarmasian Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi penerapan standar pelayanan kefarmasian di Puskesmas Tanjung Karang. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif, pengambilan data dengan menggunakan pendekatan cross sectional, instrumen dalam penelitian ini adalah kuesioner yang bersumber dari Peraturan Menteri Kesehatan No 74 Tahun 2016 tentang standar pelayanan kefarmasian di Puskesmas. Responden dalam penelitian ini adalah petugas farmasi dan pasien rawat jalan di puskesmas Tanjung Karang.  Hasil penelitian yaitu kegiatan pengelolaan obat dan bahan medis habis pakai sebesar 90%, Peralatan dan fasilitas pendukung sebesar 87,5%, pelayanan informasi obat sebesar 100%, dan sumber daya manusia sebesar 100%.Yang menunjukkan bahwa evaluasi penerapan standar pelayanan kefarmasian di Puskesmas Tanjung Karang berdasarkan Indikator-Indikator pelayanan farmasi sudah di laksanakan dengan baik dengan nilai rata-rata sebesar 94,37%.


Kata kunci : Evaluasi; Pelayanan Kefarmasian; Puskesmas Tanjung Karang.


ABTRACT :

Pharmaceutical services in health centers are an integral part of the implementation of health efforts that play an important role in improving the quality of health services for the community, especially in the field of pharmacy. This study aims to determine the evaluation of the implementation of pharmaceutical service standards at the Tanjung Karang Puskesmas. This research is a descriptive study, data collection using a cross-sectional approach, the instrument in this study is a questionnaire which is sourced from the Minister of Health Regulation No. 74 of 2016 concerning the standard of pharmaceutical services at Puskesmas. Respondents in this study were pharmacy officers and outpatients at Tanjung Karang Public Health Center. The results of the study were the management of drugs and consumable medical materials by 90%, equipment and supporting facilities at 87.5%, drug information services at 100%, and human resources at 100%, which showed that the evaluation of the implementation of pharmaceutical service standards at the Puskesmas Tanjung Karang based on indicators of pharmaceutical services has been implemented well with an average value of 94.37%.


Keywords : Evaluation; Pharmaceutical Services; Puskesmas Tanjung Karang.


Keywords


Evaluation; Pharmaceutical Services; Puskesmas Tanjung Karang.

Full Text:

PDF

References


Anonim, (1989),Metode Penelitian Survei, Pustaka LP3ES, Jakarta

Anonim, (2004), Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1027/MENKES/SK/X/2004 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas, Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta.

Anonim. (2006). Pedoman Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas.

Anonim, (2009a), Undang-undangRepublik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan ,PemerintahRepublik Indonesia, Jakarta.

Anonim, (2009b), Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2009 Tentang Pekerjaan Kefarmasian, Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta.

Anonim, (2009c), Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 889/MENKES/PER/V/2009. Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta

Anonim, (2011), Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor376/MENKES/PER/V/2011, Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta.

Istiqomah,F.N, (2012) ,Evaluasi Implementasi Standar Pelayanan Kefarmasian Oleh Apoteker di Apotek Kabupaten Sleman, Skripsi, Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Notoatmodjo. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Peraturan Menteri Kesehatan RI. 2016 No. 74. Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas

Puput Widha dkk, (2015), Gambaran penerapan standar pelayanan kefarmasian x kota magelang: magelang

Peraturan Menteri Kesehatan 2016 No. 74 Tentang Standar pelayanan Kefarmasian di Puskesmas

Sugiyono, (2009), Statistik Untuk Penellitian, Alfabeta, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.31764/lf.v2i1.3726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EDITORIAL OFFICE: