Analisis Pengaruh E-Commerce: Studi Literatur Terhadap Pertumbuhan Ekonomi UMKM

Hairunnisa Intan Juliantari, Nur’aini Nur’aini, Zaenafi Ariani, Novi Yanti Sandra Dewi, Ahadiyah Agustina, Nurfitri Hidayanti

Abstract


Abstract: The aim of this research is to comprehensively explore the influence of e-commerce on the economic growth of MSMEs. The research method used in this study is a Systematic Literature Review (SLR), which investigates literature related to the influence of e-commerce on MSMEs in the last five years. Focusing on the latest journal articles, conferences and research reports, this research analyzes the positive impact of e-commerce on MSMEs, including increased market access, operational efficiency and innovation in business models. The conclusion of this study shows that the adoption of e-commerce can significantly increase the economic growth of MSMEs through increasing sales, reducing operational costs and increasing efficiency. However, challenges such as limited digital infrastructure and intense competition need to be overcome with supportive policies, digital literacy education, and collaboration between government, the private sector, and educational institutions.

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pengaruh e-commerce terhadap pertumbuhan ekonomi UMKM secara komprehensif.Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah Systematic Literature Review (SLR), yang menyelidiki literatur terkait pengaruh e-commerce terhadap UMKM dalam lima tahun terakhir. Dengan fokus pada artikel jurnal, konferensi, dan laporan penelitian terbaru, penelitian ini menganalisis dampak positif e-commerce terhadap UMKM, termasuk peningkatan akses pasar, efisiensi operasional, dan inovasi dalam model bisnis. Kesimpulan studi ini menunjukkan bahwa adopsi e-commerce dapat signifikan meningkatkan pertumbuhan ekonomi UMKM melalui peningkatan penjualan, pengurangan biaya operasional, dan peningkatan efisiensi. Namun, tantangan seperti infrastruktur digital yang terbatas dan persaingan yang ketat perlu diatasi dengan kebijakan yang mendukung, pendidikan literasi digital, dan kolaborasi antara pemerintah, sektor swasta, dan institusi pendidikan.

 


Keywords


E-commerce, MSMEs, Economic growth, Systematic Literature Review (SLR), Digital transformation.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Abdurohim, D., Susila, Y., Novendra, A. M., & Ramdhan, A. M. (2023). Strategi Bertahan Dan Pemasaran Online Di Masa Pandemi Covid-19 Ukm Kota Bandung. 14, 56–72.

Anggraini, D., & Riofita, H. (2024). Pemasaran Kewirausahaan Melalui E-Commerce Untuk Meningkatkan Kinerja UMKM. Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner, 8(4).

Anjarwati, S., Zaena, R. R., Fitrianingsih, D., & Sulistiana, I. (2023). Pengaruh Digitalisasi Akuntansi terhadap Efisiensi dan Pengurangan Biaya pada Perusahaan Wirausaha UMKM di Kota Bandung. Jurnal Aktiva: Riset Akuntansi Dan Keuangan, 5(1), 57–72.

Ardianto, R., Ramdhani, R. F., Apriliana Dewi, L. O., Prabowo, A., Saputri, Y. W., Lestari, A. S., & Hadi, N. (2024). Transformasi Digital dan Antisipasi Perubahan Ekonomi Global dalam Dunia Perbankan. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(1), 80–88. https://doi.org/10.60126/maras.v2i1.114

Arfan, N., Hasan, H. A., & Others, A. (2022). Penerapan Digital Marketing Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research, 6(2), 212–224.

Arisandy, Y., Permatasari, S. Della, Izaroh, S., Hidayat, R., & Ikaningtyas, M. (2024). Adopsi Cloud Computing Dalam Perencanaan Dan Pengembangan Bisnis Usaha Kecil Menengah ( UKM ). 3(1), 1–10.

Asfahani, A., Pasaribu, A. A., & Suwarna, A. I. (2023). Pendampingan UMKM melalui Penyediaan Lapak dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat. Assoeltan: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 1(1), 31–41.

Budiman, N. A., Rahmawati, R., & ... (2023). Peningkatan Efisiensi Energi pada UMKM Omah Iwak dengan Penerapan Prinsip Akuntansi Lingkungan. JPKBP: Jurnal …, 01(02), 73–82. https://ojs.akbpstie.ac.id/index.php/JPKBP/article/view/475%0Ahttps://ojs.akbpstie.ac.id/index.php/JPKBP/article/viewFile/475/224

Desembrianita, E., Hutauruk, F. N., Azis, F., Iskandar, Y., & Others, A. (2023). Dampak Implementasi Teknologi Informasi terhadap Efisiensi Biaya Pemasaran pada UMKM di Jawa Barat: Perspektif Akuntansi Manajemen. Jurnal Aktiva: Riset Akuntansi Dan Keuangan, 5(2), 58–67.

Dewi, M., Hubeis, M., & Riani, E. (2021). Strategi Pemasaran UMKM Dalam Meningkatkan Daya Saing di Pasar Ritel Modern Carrefour (Kasus PT MadaniFood, Jakarta). MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 15(1), 77–83. https://doi.org/10.29244/mikm.15.1.77-83

Fadhillah, P., & Yuniarti, A. (2023). 27.+Pemberdayaan+UMKM+Ujunge+-+edited. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 2(1), 291–298.

Fedrick, J., Saragih, L., Faradilla, A. J., Nasution, R. A., & Adelina, D. F. (2024). Menutup Kesenjangan Digital : Studi tentang Meningkatkan Kehidupan UMKM Melalui Literasi Digital Closing the Digital Divide : A Study on Improving Lives MSMEs Through Digital Literacy. 7(5), 1788–1795.

Hanif, H., Hidayat, T., & Haryadi, R. N. (2023). Pelatihan Keterampilan Manajemen Operasional Bagi Umkm : Peningkatan Efisiensi Dan Produktivitas. 24–28.

Judijanto, L., Sandy, S., Yanti, D. R., Kristanti, D., & Hakim, M. Z. (2023). Pengembangan Usaha Kecil Menengah (Ukm) Berbasis Inovasi Teknologi Untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Lokal. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6 SE-Articles), 12500–12507.

Juhana, D., Komara, A. T., Sidharta, I., & Suzanto, B. (2024). Pengantar E-Commerce dan Platform Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Kartini, K., Meylin Rahmawati, Sulistya Rini Pratiwi, Rika Wahyuni, & Istianah Asas. (2024). UMKM Cakap Digital melalui Penerapan E-Commerce: Studi Empiris di Kota Tarakan. Jurnal Alwatzikhoebillah : Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora, 10(2), 318–331. https://doi.org/10.37567/alwatzikhoebillah.v10i2.2790

Maria, V. (2024). Meningkatkan Daya Saing UMKM Lokal melalui Strategi Pemasaran Digital di Era Digital. 4(2).

Mariam, S., & Ramli, A. H. (2023). Pelatihan Dan Pendampingan Membangun Praktik Digital Marketing Unggul Untuk Peningkatan Pemasaran UMKM Di Kota Jakarta Barat. Indonesian Collaboration Journal of Community Services, 3(4), 379–390.

Nasila, R., Napu, I. A., & Gunibala, R. (2024). Digitalisasi UMKM Dalam Meningkatkan Akses Pembiayaan Syariah di Kota Gorontalo. Madani : Jurnal Ilmiah Multidisipline, 1(12), 495–505.

Novitasari, A. T. (2022). Strategi UMKM Bertahan di Masa Pandemi. Deepublish.

Nurjati, E. (2021). Peran Dan Tantangan E-Commerce Sebagai Media Akselerasi Manajemen Rantai Nilai Produk Pertanian The Roles and Challenges of E-Commerce as an Acceleration Medium the Management Value Chain of Agricultural Products. 39(2), 115–133.

Ompusunggu, D. P., & Nanda, M. (2023). Efektifitas Manajemen Keuangan UMKM Di Kota Palangka Raya Sebagai Strategi Pada Masa New Normal Covid-19. 2(2). http://jurnal.jomparnd.com/index.php/jk

Ompusunggu, D. P., & Triani, Y. (2023). Transformasi Teknologi E-Commerce Sebagai Upaya Meningkatkan Daya Saing UMKM Di Kota Palangka Raya: Faktor Pendorong Dan Penghambat Adopsi. Jurnal Bintang Manajemen, 1(2), 114–122.

Pardede, S. J., Rizqiah, K., & Suwito. (2024). Strategi Pemberdayaan Umkm Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Guna Kemandirian Ekonomi Bangsa Indonesia. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 11(4), 1526–1538.

Pradoso, R. S. (2023). Kebijakan Dan Peran Pemerintah Daerah Dalam Mendukung Kehadiran Tren E-Commerce Dalam Masyarakat Toraja. Civilia: Jurnal Kajian Hukum Dan Pendidikan Kewarganegaraan, 2(6), 168–178.

Rahmiyati, N., & Rachmawati, T. (2024). Jurnal Pengabdian Harapan Bangsa Optimasi Produksi Dengan Penerapan Teknologi Tepat Guna Pada UMKM Bawang Goreng Khalisa Di Surabaya Jurnal Pengabdian Harapan Bangsa. 2(2), 221–226. https://doi.org/10.56854/jphb.v2i2.181

Riswanto, A., Zafar, T. S., Sunijati, E., Harto, B., Boari, Y., Astaman, P., Dassir, M., Hikmah, A. N., & Others, A. (2023). Ekonomi Kreatif: Inovasi, Peluang, dan Tantangan Ekonomi Kreatif di Indonesia. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Rohman, A. F., Kustiwi, I. A., & Others, A. (2024). Sistem Informasi Akuntansi dan Dampaknya terhadap Peningkatan Kinerja Layanan UMKM di Indonesia. WANARGI: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 1(2), 347–355.

Romadhoni, B. R., Akhmad, A., Khalid, I., & Muhsin, A. (2022). Pemberdayaan Umkm Dalam Rangka Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Di Kabupaten Gowa. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 1074–1088. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2457

Saputri, S. A., Berliana, I., Berliana, I., & Nasrida, M. F. (2023). Peran Marketplace Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Di Indonesia. KNOWLEDGE: Jurnal Inovasi Hasil Penelitian Dan Pengembangan, 3(1), 69–75. https://doi.org/10.51878/knowledge.v3i1.2199

Sentoso, A., Lady, Lady, Christini, J., Sandra, N., Clarissa, F., Tina, T., & Vivianti, W. (2023). Pengaplikasian Alat Pemasaran Digital Terhadap Umkm Nuruto. Jurnal Ilmu Manajemen Saburai (JIMS), 9(1), 67–74. https://doi.org/10.24967/jims.v9i1.2278

Setiawan, H. A. (2024). Pengaruh Literasi Digital terhadap Pemanfaatan E-Commerce pada Hasil Pertanian. Jurnal Kolaboratif Sains, 7(5), 1598–1607. https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/JKS/article/view/5282%0Ahttps://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/JKS/article/download/5282/3947

Sifwah, M. A., Nikhal, Z. Z., Dewi, A. P., Nurcahyani, N., & Latifah, R. N. (2024). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. MANTAP: Journal of Management Accounting, Tax and Production, 2(1), 109–118.

Sono, M. G., Assayuti, A. A., & Rukmana, A. Y. (2023). Hubungan Antara Perencanaan Strategis, Ekspansi Pasar, Keunggulan Kompetitif Terhadap Pertumbuhan Perusahaan Fashion di Jawa Barat. Jurnal Bisnis Dan Manajemen West Science, 2(02), 81–91. https://doi.org/10.58812/jbmws.v2i02.340

Sugiana, N. S. S., & Musty, B. (2023). Analisis Data Sistem Informasi Monitoring Marketing; Tools Pengambilan Keputusan Strategic. Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 12(2), 696–708.

Tirtayasa, S., Nadra, I., & Khair, H. (2021). Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Kinerja UMKM dimoderasi Teknologi pada masa Pandemi Covid-19 The Effect of Marketing Strategy on Improving SMEsPerformance is moderated by Technology during the Covid-19 Pandemic. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 22(2), 20371. https://doi.org/10.30596/jimb.v22i2.7395

Triwijayati, A., Luciany, Y. P., Novita, Y., Sintesa, N., & Zahruddin, A. (2023). Strategi Inovasi Bisnis untuk Meningkatkan Daya Saing dan Pertumbuhan Organisasi di Era Digital. Jurnal Bisnis Dan Manajemen West Science, 2(03), 306–314. https://doi.org/10.58812/jbmws.v2i03.564

Yamanda, C. S., Pamungkas, P. B., Permana, B., Hendrawan, B., & Sahara, S. (2023). Analisis Dari Dampak Yang Terlibat Pada Perkembangan E-Commerce Di Era Digitalisasi Dan Rantai Pasok Logistik. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Vol.9(15), 616.

Yudho Anggoro, B., & Kartika Pertiwi, T. (2023). Peran Pendamping Untuk Memperluas Akses Pasar Nasabah Btpn Syariah Yang Berprofesi Sebagai Pelaku Umkm. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 197–201. https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/karya_jpm/index


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: