Meningkatkan Keterlibatan Siswa melalui Teknologi Pendidikan: Tinjauan Sistematis
Abstract
Abstract: This study evaluates the impact of technology use in education on student engagement through a systematic literature review. Literature sources were taken from Google Scholar, Scopus, and DOAJ, focusing on publications from the last 10 years. The results indicate that effective technology integration can enhance educational effectiveness and efficiency. Technology provides alternative teaching methods and enriches learning experiences. However, successful implementation depends on curriculum integration, infrastructure support, and adequate resources. Teachers' and students' perceptions show both optimism and challenges, with major obstacles being lack of training and technical support.
Abstrak: Penelitian ini mengevaluasi dampak penggunaan teknologi dalam pendidikan terhadap keterlibatan siswa melalui tinjauan literatur sistematis. Literatur diambil dari Google Scholar, Scopus, dan DOAJ, dengan fokus pada publikasi 10 tahun terakhir. Hasil menunjukkan bahwa integrasi teknologi yang efektif dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pendidikan. Teknologi menyediakan metode pengajaran alternatif dan memperkaya pengalaman belajar. Namun, keberhasilan implementasi tergantung pada integrasi kurikulum, dukungan infrastruktur, dan sumber daya yang memadai. Persepsi guru dan siswa menunjukkan optimisme dan tantangan, dengan hambatan utama berupa kurangnya pelatihan dan dukungan teknis.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Ababiel, N. Y., Rohim, M. M., & Saefudin, A. (2023). Penerapan Teknologi Gadget Dalam Pendidikan Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 7(4), 2429–2439. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5913
Abdullah Dany, Hadi Rifan, S. M. (2024). Peran Media Pembelajaran dalam Konteks Pendidikan Modern. Cendekia Pendidikan, 4(1), 91–100. https://ejournal.warunayama.org/index.php/sindorocendikiapendidikan/article/view/769
Afif, N. (2023). Inovasi Pembelajaran Guru Dengan Media Digital di Era 5 . 0 sebagai Daya Pikat Siswa pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI ). 01(02), 205–215.
Ainun Jariyah, F., Sudirman, N., Damayanti, N., Riswandi Marsuki, N., Sultan Alauddin No, J., Sari, G., Rappocini, K., Makassar, K., & Selatan, S. (2024). The Influence Of The Digital Revolution On Mental Health And Emotional Well-Being In Everyday Life. Jurnal Mahasiswa Kreatif, 2(1), 174–184. https://doi.org/10.59581/jmk-widyakarya.v2i1.2714
Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan dan Solusi dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 2(1), 18–25.
Amelia, U. (2023). Tantangan Pembelajaran Era Society 5.0 dalam Perspektif Manajemen Pendidikan. Al-Marsus : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 68. https://doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6415
Amri, Z. (2022). Manajemen Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas Kota Metro. In Disertasi.
Andini, P., Karo, Z. B., Herawati, H., & Syahrial, S. (2024). Analisis Peningkatan Keterlibatan Siswa Melalui Pendekatan TPACK Dalam Proses Belajar Mengajar. 3.
Anggraini, D. P., & Chusairi, A. (2022). Pengaruh Academic Self-Efficacy Dan Student Engagement Terhadap Academic Burnout Mahasiswa Dalam Pembelajaran Daring. Journal of Community Mental Health and Public Policy, 4(2), 79–94. https://doi.org/10.51602/cmhp.v4i2.70
Annisa, R., Sabaruddin, R., Rahayuningsih, P. A., & Winnarto, N. (n.d.). Penggunaan Aplikasi Kenaikan Kelas sebagai Alat Monitoring Proses Belajar Mengajar The use of the Class Advancement Application as a Tool for Monitoring the Teaching and Learning Process Pendahuluan Pendidikan merupakan pilar utama pembangunan suatu bangs. 107–121.
Arfah Sahabudin. (2023). ChatGPT: Sebuah Transformasi Cara Belajar Mahasiswa Studi Kasus : Mahasiswa ITBM Polman di Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal E-Bussiness Institut Teknologi Dan Bisnis Muhammadiyah Polewali Mandar, 3(1), 65–73. https://doi.org/10.59903/ebussiness.v3i1.63
Asari, A., Romindo, Rijal, S., & Abdurohim. (2016). Manajemen SDM di Era Transformasi Digital.
Ayudia, I., Bhoke, W., Oktari, R., Carmelita, M., Salem, V., Khairani, M., Mamontho, F., & Setiawati, M. (2023). Pengembangan Kurikulum PT. MIFANDI MANDIRI DIGITAL.
Belva Saskia Permana, Lutvia Ainun Hazizah, & Yusuf Tri Herlambang. (2024). Teknologi Pendidikan: Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 19–28. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2702
Crystallography, X. D. (2016). Optimalisasi pemanfaatan Teknologi Pembelajaran.
Datu, Y. A. (2024). Panduan Praktis Bahasa Inggris Untuk Era Teknologi. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Vol. 2). http://repository.ubaya.ac.id/45767/1/PANDUAN PRAKTIS BAHASA INGGRIS UNTUK ERA TEKNOLOGI.pdf
Dian Pratiwi, Y., Alfianto, E., & Khadafi, S. (2018). Implementasi Metode Intrusion Detection System (Ids) Menggunakan Perangkat Lunak Portsentry Dan Snort Berbasis Sistem Operasi Linux Ubuntu 16.04 Lts. E-NARODROID, 4(2), 35–48. https://doi.org/10.31090/narodroid.v4i2.732
Erfiyansyah, I., & Kamilah Fitri, N. (2023). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Non Formal Efektivitas Pembelajaran Daring dalam Pendidikan Homeschooling Al-Achsan Cilegon. 1, 2023. http://ejournal.untirta.ac.id/SNPNF
Fadhillah, L. F., & Tanjung, M. (2024). Implementasi Program Bantuan Asistensi Rehabilitas Sosial ( ATENSI ) Kepada Masyarakat Muslim Penyandang Disabilitas Di Kecamatan Binjai Kabupaten Langkat. 7, 258–269.
Fajar, C., & Hartanto, B. (2019). Tantangan Pendidikan Vokasi di Era Revolusi Industri 4 . 0 dalam Menyiapkan Sumber Daya Manusia yang Unggul. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, 163–171.
Fatmawati, R. (2024). Systematic Literature Review : Pemanfaatan Aplikasi Geogebra Pada Materi Transformasi Geometri. 1(2), 1–11.
Fatmiyati, N., & Juandi, D. (2023). Efektivitas Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Berpikir Kritis Matematis: Systemtic Literature Review. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(3), 1161–1176. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17405
Fitrianto, Y., Rakasiwi, S., & Kurnialensya, T. (2023). Systematic Literature Review : Trend Augmented Reality 2019-2023 dan Peluang Penerapannya di Masa Depan. 11(2), 95–110. https://doi.org/10.32832/krea-tif.v11i2.15360
Gusti Lanang Wiratma, I. (2015). Pengelolaan Laboratorium Kimia pada SMA Negeri di Kota Singaraja: (Acuan Pengembangan Model Panduan Pengelolaan Laboratorium Kimia Berbasis Kearifan Lokal Tri Sakti). JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 3(2), 425–436. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v3i2.4459
Haniko, P., Sappaile, B. I., Gani, I. P., Sitopu, J. W., Junaidi, A., Sofyan, & Cahyono, D. (2023). Menjembatani Kesenjangan Digital: Memberikan Akses ke Teknologi, Pelatihan, Dukungan, dan Peluang untuk Inklusi Digital. Jurnal Pengabdian West Science, 2(05), 306–315. https://doi.org/10.58812/jpws.v2i5.371
Harianti, R. (2016). Pola Asuh Orangtua Dan Lingkungan Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Curricula, 2(2), 20–30. https://doi.org/10.22216/jcc.v2i2.983
Hartanto, C. F. B., Octavianus, S., & ... (2022). Kesiapan Sumber Daya Manusia Pendidikan dalam Difusi Inovasi Teknologi Informasi di Lembaga Pendidikan. Prosiding the 13th Industrial Workshop and National Seminar, 13–14. https://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/proceeding/article/view/4300%0Ahttps://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/proceeding/article/download/4300/2824
Heni Hermaliani, E. (2023). Analisis Penerimaan dan Penggunaan Teknologi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) Dan Delone-McLean. Jurnal Sistem Informasi Akuntansi), 3(2), 73–83. http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jasika73
Hindu, U., Gusti, N. I., Sugriwa, B., & Muliani, N. M. (2020). COVID-19 : Perspektif Pendidikan (Issue June).
Husain, B., & Basri, M. (n.d.). Pembelajaran e-learning di masa pandemi.
Ika Chastanti, Idzi’ Layyinnati, Fitri Endang Srimulat, Cindy Indra Amirul Fiqri, Rahmi Syafriyeti, Dwi Tika Afriani, Ernawati, Nur Jannah, Rimayasi, Pratama Benny Herlandy, Maria Martini Aba, Rasyid Ridho Harahap, Wahyuningsih, Widyawanti Rajiman, & Pratiwi Dwi Warih Sitaresmi. (2024). Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan: Teknologi untuk Peningkatan KualitasPendidikan.
Jamil, S. (2022). Teknologi Dan Pendidikan Islam: Peluang Dan Tantangan Dalam Era Digital. Jurnal Wistara: Jurnal Pendidikan Dan Bahasa, 3(2), 343–356.
Junis, M. A. (2024). Transformasi Sosial di Era Digital : Peran Media Sosial dalam Meningkatkan Kesadaran terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 2030. 1(3), 31–39.
Kharisma, N. P., Mantau, B. A. K., & Manoppo, Y. K. (2024). Strategi Pembelajaran PAI dalam Membentuk Pola Pikir Digital, Computational Thinking, Berbasis Teknologi Informasi pada Pembelajaran PAI. Pekerti: Journal Pendidikan Islam Dan Budi Pekerti, 6(1), 13–25.
Khasanah, Y. U. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengembangan Sekolah Adiwiyata di SMP Negeri 1 Kecamatan Siman Ponorogo. http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21879%0Ahttp://etheses.iainponorogo.ac.id/21879/1/206180067_YANA USWATUN KHASANAH_MPI.pdf
Lembong, J. M., Lumapow, H. R., & Rotty, V. N. J. (2023). Implementasi Merdeka Belajar Sebagai Transformasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 765–777. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4620
Mardalena. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia (Issue February).
Meyanti, I. G. A. S., & Lasmawan, I. W. (2023). Tuntutan Digital Literasi pada Kurikulum Pendidikan IPS. Media Komunikasi FPIPS, 22(2), 115–122. https://doi.org/10.23887/mkfis.v22i2.62514
Nay, C., & Dopo, F. (2024). Upaya Digitalisasi Pendidikan Melalui Program Kerja Adaptasi Teknologi di Sekolah Sasaran Kampus Mengajar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 51–59. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3115
Novayanto, A. D., & Pribadi, B. A. (2023). Pengaruh Penggunaan Google Clasroom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Interaksi Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(3), 84–96.
Nugroho, D. A., & Wiranata, I. H. (2021). Rectoverso Education And Technology: Digital Track Of Adaptive Covid-19 Civic Education Learning. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 7(1), 43–52. https://doi.org/10.29407/pn.v7i1.16392
Nurachmy Sahnir, Jamilah, & Heriyati Yatim. (2023). Pengenalan Teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam Meningkatkan Pengalaman Belajar Seni di Era Digitalisasi Pendidikan. Seminar Nasional Dies Natalis 62, 1, 245–256. https://doi.org/10.59562/semnasdies.v1i1.811
Nurcahyono, N. A., & Putra, J. D. (2022). Hambatan Guru Matematika Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(3), 377–384.
Pulungan, Z. M. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Kompetensi di BPSDM Kementerian ESDM. Jurnal Aparatur, 6(1), 44–53. https://doi.org/10.52596/ja.v6i1.146
Purba, A., & Saragih, A. (2023). Peran Teknologi dalam Transformasi Pendidikan Bahasa Indonesia di Era Digital. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 3(3), 43–52. https://doi.org/10.58939/afosj-las.v3i3.619
Putu Subamia, I. D. (2015). Analisis Kebutuhan Tata Kelola Tata Laksana Laboratorium IPA SMP di Kabupaten Buleleng. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 3(2), 446–459. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v3i2.4461
Rahayu, I. T., Pramuswari, M. F., Santya., M., Oktariani, R., & Fatimah, S. (2023). Analisis Hasil Pengaruh Perkembangan Iptek Terhadap Hasil Belajar Siswa Sd/Mi. HYPOTHESIS : Multidisciplinary Journal of Social Sciences, 01(2), 97–110.
Rosmayati, S., & Maulana, A. (2024). Peluang Dan Tantangan Ekonomi Bisnis Dan Kesehatan Di Era Society 5.0. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 15(1), 113–130. https://doi.org/10.32670/coopetition.v15i1.4124
Sembung, M. P., Joufree Rotty, V. N., & Lumapow, H. R. (2023). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Cakrawala Repositori IMWI, 6(4), 613–621. https://doi.org/10.52851/cakrawala.v6i4.384
Siringoringo, R. G. (2024). Pengaruh Integrasi Teknologi Pembelajaran terhadap Efektivitas dan Transformasi Paradigma Pendidikan Era Digital. 2(3).
Sitinjak, B. A., Mahatmanti, A. D., Natalia, D., & Putri, A. (n.d.). Implementasi Augmented Reality Pada Pengenalan Hewan Menggunakan Univity dan Vuforia. 1–10.
Sodikin, S., Santoso, G., Permata, D., Guntur, M., & Juryati, J. (2024). Peningkatan Pemahaman Nilai Tempat pada Siswa Kelas 3 Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Interaktif. Jurnal Pendidikan Transformatif (JPT), 03(01), 35–52.
Solviana, M. D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19: Penggunaan Gamifikasi Daring di Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 1(1), 1. https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v1i1.2082
Subroto, D. E., Supriandi, Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 473–480. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.542
Suhanda, C., Mukhtadi, & Poespitohadi, W. (2019). Peran seskoad dalam mendidik calon pemimpin tni di era globalisasi the role of seskoad to educate tni leader candidate in globalization era. Jurnal Strategi Dan Kampanye Militer, 5(1), 19–44.
Sulistyarini, W., & Fatonah, S. (2022). Pengaruh Pemahaman Literasi Digital Dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Era Digital Learning. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(1), 42–72. https://doi.org/10.46229/elia.v2i1.383
Sutajaya, I. M., & Suja, I. W. (2023). Implementasi Pendidikan Humanistik dalam Pengembangan Keterampilan Komunikasi Bahasa Inggris di Perguruan Tinggi Implementation of Humanistic Education in Developing English Communication Skills in Higher Education. 1(2), 53–60.
SYAPARUDDIN, S., MELDIANUS, M., & Elihami, E. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pkn Peserta Didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 1(1), 30–41. https://doi.org/10.33487/mgr.v1i1.326
Syifa, S. N. (2024). Analisis Infrastruktur Teknologi , Pelatihan Pengajar dan Tantangan dalam Implementasi Model Pembelajaran Literasi Digital untuk Mendukung SDGs 2030. 2(2), 212–224.
Tazkia, H., & Safitri, D. (2024). INOVASI PEMBELAJARAN IPS DI ERA DIGITAL : MENYISIPKAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN IPS LEARNING INNOVATION IN THE DIGITAL ERA : INVESTIGATION. 3116–3121.
Toyibah, Hayadi, B. H., Yusuf, F. A., & Roseno, E. (2024). Strategi Intervensi Berbasis Teknologi Dalam Transformasi Pendidikan: Studi Kasus Implementasi Platform Pembelajaran Digital Di Sekolah Menengah Kota Cilegon. Sindoro Cendikia Pendidikan, 4(3), 21–32.
Usanto, U., Sucahyo, N., Warta, W., & ... (2023). Transformasi Kepemimpinan Yang Bersifat Profetik Dan Pemberdayaan Masyarakat Di Era Society 5.0 Yang Berkelanjutan. Community …, 4(2), 5287–5301. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/16607%0Ahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/download/16607/12623
Virmayanti, K. N., Suastra, W. I., & Suma, Ketut, I. (2023). Inovasi dan Kreativitas Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Pembelajaran Abad 21. Urnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 515–527.
Wahyudi, M., Purnama, R. A., Atrinawati, L. H., & Gunawan, D. (2024). Mengeksplorasi Dampak Teknologi Pembelajaran Aktif di Institusi Pendidikan Kejuruan Menengah. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 2(2), 142–153. https://doi.org/10.33050/mentari.v2i2.458
Wanimbo, P., Aedah, N., & Sapioper, H. C. M. (2021). Implementasi Kebijakan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Yahukimo. Jurnal Kebijakan Publik, 3(3), 114–126. https://doi.org/10.31957/jkp.v3i3.1569
Yusri, A. Z. dan D. (2020). Inovasi Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820.
Yusuf, M. (2018). Inovasi Pendidikan Abad-21: Perspektif, Tantangan, Dan Praktik Terkini. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Vol. 3, Issue 1). https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: