Kesantunan Imperatif Mahasiswa dalam Interaksi Pembelajaran di Kelas
Abstract
Abstract: This study employs a qualitative research method using a Systematic Literature Review (SLR) approach to investigate the use of politeness in imperative speech among university students during classroom interactions. Specifically, the research aims to explore the application of politeness strategies within the context of imperative utterances in higher education settings. A literature search was conducted in databases such as Scopus, DOAJ, and Google Scholar using keywords like "Politeness in Imperative Speech," "students," "classroom," and other related terms. Relevant articles were identified and evaluated. The findings highlight consistent politeness strategies employed by students, including polite language and both positive and negative politeness strategies, to influence their interactions with professors and peers. The results indicate that students consistently demonstrate politeness in their imperative speech during classroom interactions through various strategies, such as using polite language, positive utterances, and negative utterances to affect their communication with professors and fellow students. Additionally, factors influencing politeness in imperative speech during classroom interactions include cultural background, individual history, and the specific context or situation of the classroom.
Abstrak: Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan Systematic Literature Review (SLR) untuk menginvestigasi kesantunan imperatif mahasiswa dalam interaksi pembelajaran di kelas. Secara spesifik penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki penggunaan kesantunan dalam konteks tuturan imperatif di lingkungan pendidikan tinggi. Melalui pencarian literatur di basis data seperti Scopus, DOAJ, dan Google Scholar dengan kata kunci seperti "Kesantunan imperatif", ‘mahasiswa’, ‘kelas’, dan istilah terkait lainnya. Artikel-artikel yang relevan telah diidentifikasi dan dievaluasi. Peneliti menyoroti strategi kesantunan yang konsisten digunakan oleh mahasiswa, termasuk bahasa sopan dan strategi positif serta negatif, untuk memengaruhi interaksi dengan dosen dan sesama mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesantunan imperatif mahasiswa dalam interaksi pembelajaran di kelas nampak dilakukan secara konsisten menggunakan berbagai strategi, yaitu penggunaan strategi bahasa yang sopan, tuturan positif, dan tuturan negatif untuk mempengaruhi interaksi mereka dengan dosen dan sesama mahasiswa. Sementara itu, faktor-faktor yang mepengaruhi kesantunan inperatif dalam interaksi pembelajaran di kelas adalah fakttor kebudayaan, latar belakang individu, dan konteks atau situasi kelas secara spesifik.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Ahmed, H. A., & Mohammed Salih, H. S. (2020). A Study of Engagement with Reference to Teachers’ Role in Engaging Learners in EFL Classes. Academic Journal of Nawroz University. https://doi.org/10.25007/ajnu.v9n1a601
Alsout, E., & Khedri, M. (2019). Politeness in Libyan postgraduate students’e-mail requests towards lecturers. Journal of Language and ….
Arman, L. (2015). Bahasa dan Kesantunan. AL MUNIR: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam.
Asdar, A., Hamsiah, H., & Angreani, A. V. (2019). Kesantunan bahasa guru dalam proses belajar-mengajar di smp negeri 35 makassar. Klasikal : journal of education, language teaching and science. https://doi.org/10.52208/klasikal.v1i1.13
Basuki, R. (2015). Kesantunan Berbahasa Dalam Wacana Interaksi Komunikasi Di Lingkungan Universitas Bengkulu. BAHTERA : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra. https://doi.org/10.21009/bahtera.141.02
Beshir, M., & Yigzaw, A. (2022). Students’ self-repair in EFL classroom interactions: implications for classroom dynamics. Asian-Pacific Journal of Second and Foreign Language Education. https://doi.org/10.1186/s40862-022-00153-6
Cahyaningrum, F., Andayani, A., & Setiawan, B. (2018). Kesantunan Berbahasa Siswa dalam Berdiskusi. Madah: Jurnal Bahasa Dan Sastra. https://doi.org/10.31503/madah.v9i1.682
Dewi, E. (2019). Potret Pendidikan di Era Globalisasi Teknosentrisme dan Proses Dehumanisasi. Sukma: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.32533/03105.2019
Djarot, M. (2019). Wujud Kesantunan dan Makna Dasar Pragmatik Imperatif dalam Tuturan antar Mahasiswa Melayu Sambas di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Pontianak. PHILOSOPHICA Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya. https://doi.org/10.35473/po.v2i1.236
Erwani, P., Sofendi, & Mirizon, S. (2022). Online Learning Amidst Covid 19 Pandemic Disruption: Efl Lecturers And Students’ Classroom Interaction. JEELS (Journal of English Education and Linguistics Studies). https://doi.org/10.30762/jeels.v9i1.4527
Erwin, E. (2022). Peran Bahasa Indonesia Dalam Pembentukan Karakter Bangsa. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 4(2), 38–44.
Erwin, E., & Maryani, S. (2022). Nggahi Ncemba Sebagai Wujud Eksprisi: Relasi Antara Bahasa Dan Perilaku Sosial Masyarakat. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 5(2), 56–62.
Fhitri, W. (2017). Kesantunan Permintaan : Interaksi Mahasiswa Dan Dosen. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat. https://doi.org/10.22202/jg.2017.v3i1.1793
Fitriatun, Y., Erwin, E., & Supratman, S. (2023). Kesantunan Berbahasa Guru Dan Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Viii Smp Negeri 2 Pemenang Kabupaten Lombok Utara. JURNAL KONFIKS, 10(2), 11–19.
Fontan, L., Tardieu, J., Gaillard, P., Woisard, V., & Ruiz, R. (2015). Relationship between speech intelligibility and speech comprehension in babble noise. Journal of Speech, Language, and Hearing Research. https://doi.org/10.1044/2015_JSLHR-H-13-0335
Ghafar, Z. N., Sawalmeh, M. H., & Mohamedamin, A. A. (2023). Students’ Strategies for Improving Their Listening Comprehension: A Review of Literature. Journal of Humanities and Social Sciences Studies. https://doi.org/10.32996/jhsss.2023.5.1.9
Gunawan, F. (2017). Representasi Kesantunan Brown dan Levinson dalam Wacana Akademik. Kandai: Jurnal Bahasa Dan Sastra.
Habibah, Noor Cahaya, & Ahsani Taqwiem. (2021). Kesantunan Berbahasa Pendidik Dan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Tkj-C Smk Negeri 1 Banjarmasin. LOCANA. https://doi.org/10.20527/jtam.v4i1.54
Habiburrahman, H. (2018). Kesantunan tindak tutur introgatif dosen dalam pembelajaran di kelas: studi kasus di prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UM Mataram. Jurnal Ilmiah Telaah, 3(2), 137–149.
Habiburrahman, H., & Bilal, A. I. (2018). Kesantunan Tindak Tutur Introgatif Dosen Dalam Pembelajaran Di Kelas: Studi Kasus Di Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fkip Um Mataram. Jurnal Ulul Albab. https://doi.org/10.31764/jua.v22i2.589
Hamanay, N., Utami, S., & Sugianto, I. (2023). Analisis Maksim Kesantunan Berbahasa dalam Proses Belajar Mengajar Siswa kelas X-APHP (Agribisnis Hasil Pengolahan Hasil Pertanian). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3237
Hastuti, S. K. (2018). Pola Komunikasi Kesantunan Dan Ketaksantunan Berbahasa Antara Dosen Dan Mahasiswa (Studi Kasus Sosiopragmatik) Di Stkip Budidaya Binjai. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.37755/sjip.v3i2.25
Ilham, M., & Ruanda, M. N. (2021). Kesantunan Berbahasa Mahasiswa Dalam Berinteraksi Dengan Dosen Selama Pembelajaran Daring di FKIP Universitas Borneo Tarakan. Kode: Jurnal Bahasa.
Jamal, J. (2021). Tindak Pengancaman dan Penyelamatan Muka dalam Komunikasi Virtual di Grup Whatsapp “WI Teknis BDK Surabaya.” Jurnal Widyaiswara Indonesia. https://doi.org/10.56259/jwi.v2i1.76
Joseph, L., Ross, K., Xia, Q., Amspaugh, L. A., & Accurso, J. (2023). Reading Comprehension Instruction for Students with Intellectual Disabilities:A Systematic Literature Review. International Journal of Disability, Development and Education. https://doi.org/10.1080/1034912X.2021.1892033
Kartini, Jumriati, & Chece Djafar. (2023). Analisis Kesantunan Berbahasa dalam Diskusi Kelas Siswa X SMA Negeri 3 Luwu Utara pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra. https://doi.org/10.53769/deiktis.v3i3.535
Kojoh, A., Aruperes, V., Rantung, B., Aditama, M. H. R., & Kasenda, R. Y. (2022). PENGARUH PERBEDAAN BAHASA DAN BUDAYA TERHADAP CARA BERKOMUNIKASI ANTAR MAHASISWA. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala. https://doi.org/10.58258/jupe.v7i4.4352
Liswati, K. N. (2022). Sosiokognitif mahasiswa terhadap Bahasa Indonesia di FKIP Universitas Lampung. AKSARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra. https://doi.org/10.23960/aksara/v23i2.pp131-146
Maramah, F., Kusmiyati, K., & Martono, B. (2020). Analisis Kesantunan Berbahasa Pada Siswa Kelas Xi Di Sma Negeri 1 Tanjungbumi Desa Macajah Kecamatan Tanjungbumi Kabupaten Bangkalan. Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. https://doi.org/10.25273/widyabastra.v8i2.8110
Maryani, S., & Erwin, E. (2018). Berbahasa: Potret Nasionalisme Generasi Bangsa. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 6(2), 51–55.
Miao, J., Chang, J., & Ma, L. (2022). Teacher–Student Interaction, Student–Student Interaction and Social Presence: Their Impacts on Learning Engagement in Online Learning Environments. Journal of Genetic Psychology. https://doi.org/10.1080/00221325.2022.2094211
Norman, M. N. (2021). Kesantunan Imperatif Dan Strategi Bertutur Guru-Siswa. Sertaimplikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP). https://doi.org/10.34012/bip.v3i1.1576
Nur, D. C., & Rokhman, F. (2017). Kesantunan Berbahasa Mahasiswa dalam Berinteraksi di Lingkungan Universitas Tidar: Kajian Sosiopragmatik. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia.
Nurfaedah, & Suwatri Jura. (2020). Analisis Kesantunan Proses Komunikasi Mahasiswa dengan Dosen melalui Aplikasi Whatsapp terhadap Efektifitas Penggunaan Bahasa. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra. https://doi.org/10.30605/onoma.v6i2.427
Pea, R. H. (2022). Kesantunan Berbahasa Mahasiswa-Dosen dalam Tuturan Komunikasi Daring. Jurnal Bahasa Dan Sastra. https://doi.org/10.24815/jbs.v16i1.23852
Piantari, L. L., & Bawarti, E. (2017). Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi Akademik di Fakultas Sastra UAI. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA. https://doi.org/10.36722/sh.v3i3.211
Purandina, I. P. Y., Seken, I. K., & Budasi, I. G. (2014). Politeness In Efl Classroom Interactions And Its Implications Toward Efl Teaching-Learning In Smp Negeri 2 Tabanan In Academic Year 2013/2014. In Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris. https://doi.org/10.23887/jpbi.v2i1.1386
Purnamasari, R., Nurmansyah, N., & Fitriati, I. (2021). Kesantunan Bertutur Mahasiswa dalam Pembelajaran Luring dan Daring Melalui Aplikasi WhatsApp. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i6.301
Putra, A. P., Masnunah, M., & Nufus, H. (2022). Kesantunan Imperatif pada Kesenian Senjang Musi Banyuasin. Indonesian Research Journal On Education. https://doi.org/10.31004/irje.v2i2.307
Rachman, T.-. (2022). Etika Komunikasi Islam dalam Berbagai Perspektif (Intrapersonal, Interpersonal dan Kelompok Kecil). Hikmah. https://doi.org/10.24952/hik.v16i1.5599
Rahim, A. R. (2023). Kesantunan Berbahasa Mahasiswa Dalam Berinteraksi Dengan Dosen Pada Media Sosial Telegram. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i10.1661
Rhamadina, W., Alek, A., Husna, N., & Hidayat, D. N. (2023). A Discourse Analysis Of Students-Teacher Pattern Interaction In Elt Classroom. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2209
Rodriguez, R. J., & Koubek, E. (2019). Unpacking High-Impact Instructional Practices and Student Engagement in a Teacher Preparation Program. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning. https://doi.org/10.20429/ijsotl.2019.130311
Sari, A. F. (2020). Etika komunikasi. Tanjak: Journal of Education and Teaching. https://doi.org/10.35961/tanjak.v1i2.152
Siti Fitriani, R. (2015). Kesantunan Tuturan Imperatif Siswa Smk Muhammadiyah 2 Bandung: Kajian Pragmatik. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa. https://doi.org/10.26499/rnh.v4i1.23
Supriatin, A., & Nasution, A. R. (2017). Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Praktik Pendidikan Di Indonesia. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.32332/elementary.v3i1.785
Triana, L., & Mulyono, T. (2019). Strategi Kesantunan Berbahasa Mahasiswa UPS Tegal dalam Percakapan WhatsApp. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 13(2), 30–36. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v13i2.203
Trinaldi, A., Harjono, H. S., & Rustam, R. (2022). Wujud Kesantuan Guru sebagai Bentuk Pengintegrasian Pendidikan Karakter di Sekolah: Tinjauan Pragmatik. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4112
Valentika, R., & Yulia, Y. (2020). An analysis of teachersâ€TM classroom interaction by using self-evaluation of teacher talk. Journal of English Language and Pedagogy. https://doi.org/10.36597/jelp.v3i1.2903
Wati, P. K., & Yanto, E. S. (2022). Engaging Vocational Students’ Self-efficacy in Reading Comprehension through Literature Circle. Jurnal Educatio FKIP UNMA. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3033
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: