Instagram sebagai Platfrom Interaktif dalam Pengajaran Bahasa Inggris
Abstract
Abstract: This study is a systematic literature review on the effectiveness of Instagram as an interactive platform for teaching English. Instagram facilitates learning that is not only text-based but also visual, which can help students understand and evaluate material more effectively. Data from various sources such as Scopus, DOAJ, and Google Scholar between 2018 and 2024 are evaluated to assess Instagram's effectiveness. The results indicate that Instagram can enhance student participation and interest in English language learning through its interactive features, such as comments, likes, and stories. Additionally, this research identifies the most effective teaching methods and strategies for utilizing Instagram to support a more dynamic and engaging learning process.
Abstrak: Penelitian ini merupakan tinjauan literature sistematis tentang efektivitas Instagram sebagai platform interaktif dalam pengajaran bahasa Inggris. Instagram memfasilitasi pembelajaran yang tidak hanya berbasis teks tetapi juga visual, yang dapat membantu siswa memahami dan mengevaluasi materi dengan lebih baik. Data dari berbagai sumber seperti Scopus, DOAJ, dan Google Scholar antara tahun 2018-2024 untuk mengevalusai efektivitas dari instagram. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa Instagram dapat meningkatkan partisipasi dan minat siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris melalui fitur-fitur interaktifnya, seperti komentar, likes, dan stories. Selain itu, penelitian ini mengidentifikasi metode dan strategi pengajaran yang paling efektif dalam memanfaatkan Instagram untuk mendukung proses pembelajaran yang lebih dinamis dan menarik.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Abdullah Al-Garawi, A. Y. (2019). Investigating the Use of Instagram as a MALL Tool: The Case of Al-Imam University EFL Students. Arab World English Journal. https://doi.org/10.24093/awej/th.233
Abu Dzar Al Ghifari, Retno Widyaningrum, S.Sos, MM., & Santi Maudiarti S.E, M.Pd. (2021). Pengembangan Konten Pembelajaran di Media Sosial Instagram untuk Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X di SMAN 103 Jakarta. Jurnal Pembelajaran Inovatif. https://doi.org/10.21009/jpi.041.06
Alfadda, H., Afzaal, M., Mahdi, H., Alaudan, R., & Curle, S. (2022). Influence of psychological autonomy support of peer instruction: A novel interactive approach using Instagram in language learning. Frontiers in Psychology. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.866354
Ambarsari, Z. (2021). Penggunaan Instagram Sebagai Media Dakwah. Prosiding seminar nasional PBSI-III Tahun 2020.
Amelia, A. (2019). Penerapan E-Learning dengan Memanfaatkan Portal Rumah Belajar Kemendikbud Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 3 Tangerang Selatan. Journal of Chemical Information and Modeling.
Amperawati, L., Sumiati, C., Rahmani, E., Rubiah, S. A., Harti, U., Ernawati, A., & Wara, L. W. (2023). Mengembangkan Visi, Misi, Dan Evaluasi Program Paud. In Manajemen & Evaluasi Kinerja Organisasi: Implementasi pada Pendidikan Anak Usia Dini.
Arianto, B. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Drone Emprit Academic dalam Menganalisis Opini Publik di Media Sosial. Journal of Social Politics and Governance (JSPG). https://doi.org/10.24076/jspg.v2i2.415
Awailiyah, C., Oktaviana, D., & Herlambang, Y. T. (2024). Tantangan dan Peluang Teknologi dalam Dinamika Kehidupan di Era Teknologi. UPGRADE : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. https://doi.org/10.30812/upgrade.v1i2.3729
Ayu, M., Sari, M. F., & Muhaqiqin. (2021). Pelatihan Guru Dalam Penggunaan Website Grammar Sebagai Media Pembelajaran Selama Pandemi. Jurnal Pengabdian kepada Masyakarat.
Balkist, P. S., Dasari, D., & Fitriasari, P. (2023). Analisis Pengalaman Pengembangan Diri Guru Matematika Terhadap Pembelajaran Yang Berdiferensiasi Dan Mendorong Berpikir Kritis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6829
Dalle, M. B., Halijah, S., & Hadijah, H. (2018). The Role of ESP in Fostering EFL Students’ English Competence. Tamaddun. https://doi.org/10.33096/tamaddun.v17i2.11
Dasuki, I., & Wahid, U. (2020). Penggunaan Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran untuk Membangun Brand Awareness saat Pandemi Covid-19. PARAHITA : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. https://doi.org/10.25008/parahita.v1i2.49
Dewi, N. P. P., Marsakawati, N. P. E., Putra, I. N. A. J., & Suwastini, N. K. A. (2022). Being Real on Instagram Reels: An Authentic Tool to Enhance English Speaking Skills. Elsya : Journal of English Language Studies. https://doi.org/10.31849/elsya.v4i3.10075
Emelia M. Tuhumury, H. M. R. &. (2019). Instagram Sebagai Alat Penilaian Ketrampilan Berbicara Dan Strategi Peningkatkan Keterlibatan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Kelas 7.1 Smp N 6 Ambon. JURNAL TAHURI. https://doi.org/10.30598/tahurivol16issue2page22-34
Etfita, F., & Wahyuni, S. (2020). Analisis Kebutuhan: Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Padlet di Teknik Mesin Universitas Islam Riau. GERAM. https://doi.org/10.25299/geram.2020.vol8(2).5844
Gómez-Ortiz, M. J., Domínguez Romero, E., & Bobkina, J. (2023). Instagram as a learning tool to improve technical vocabulary for sports science students. Journal of Hospitality, Leisure, Sport and Tourism Education. https://doi.org/10.1016/j.jhlste.2022.100416
Hadi, D. F., & Zakiah, K. (2021). Strategi Digital Marketing Bagi UMKM untuk Bersaing di Era Pandemi. Competitive.
Handayani, S. S., Gunawan, E. R., Suhendra, D., Kurniawati, L., & Murniati, M. (2019). Demonstrasi Ksk (Kimia Sekitar Kita) Pada Siswa Sekolah Dasar Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Sains Sejak Dini. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.29303/jppm.v2i1.1024
Haryono, T. C. (2021). Perancangan Komunikasi Visual Untuk Membantu Kesehatan Mental Anak Muda Selama Pandemi Covid-19. Unika Soegijapranata.
Hermawan, H. D., Nisa, M. H., & Yuniwati, K. R. (2023). Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Perpustakaan Perguruan Tinggi: Membangun Ekosistem Digital (Transformasi Perpustakaan Mendukung …. Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Perpustakaan Perguruan Tinggi.
Holidazia, R., & Rodliyah, R. S. (2020). Strategi Siswa dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris. Jurnal Penelitian Pendidikan. https://doi.org/10.17509/jpp.v20i1.24562
Hulu, Y. (2020). Kajian Sistematik: Pendekatan Pengajaran dan Impak Khazanah Pengetahuan dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Pendidikan Sains & Matematik Malaysia.
Hulu, Y. (2023). Problematika Guru Dalam Pengembangan Teknologi dan Media Pembelajaran. ANTHOR: Education and Learning Journal. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i6.285
Imania, K. A., & Bariah, S. H. (2020). Pengembangan Flipped Classroom Dalam Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran. JURNAL PETIK. https://doi.org/10.31980/jpetik.v6i2.859
Jannah, F., Karnalim, O., Permadi, A., Murad, D. F., Aditya, B. R., Andrisyah, & Nurhas, I. (2022). Pelatihan Desain Kuis Hots Interaktif Dengan Aplikasi Kahoot! Dan Quizziz Di Masa Pandemi: Studi Kasus Guru Sekolah Dasar Gugus Pangeran Antasari Kota Banjarbaru. JCES (Journal of Character Education Society).
Kurniati, D. (2022). Penggunaan Media Sosial dalam Pembelajaran Bahasa Arab dengan Model Blended Learning. Ta’limi | Journal of Arabic Education and Arabic Studies. https://doi.org/10.53038/tlmi.v1i2.32
Lee, S. E., Mull, I., & Agnew, L. (2023). Teaching effective Instagram marketing strategies using an experiential learning project for cotton fibres and textiles. International Journal of Fashion Design, Technology and Education. https://doi.org/10.1080/17543266.2023.2190167
Li, Y. (2022). Overview of the Application of Interactive Teaching in College English Teaching. Learning & Education. https://doi.org/10.18282/l-e.v10i5.2661
Malik, A. M., Welborn, M., Gao, H., & Motaparthi, K. (2023). Self-directed virtual educational strategies for dermatopathology: A prospective comparison of Instagram-based static images to whole slide images. Journal of Cutaneous Pathology. https://doi.org/10.1111/cup.14472
Mandasari, B., Aminatun, D., Ayu, M., Hamzah, I., & Dewi, G. (2022). Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Active Learning bagi Siswa-siswi. Al-Mu’awanah: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat.
Maryono, M., & Pamela, I. S. (2022). Pelatihan Pembelajaran Aktif secara Daring melalui Lembar Kerja Peserta Didik di Sekolah Dasar Muhammadiyah Singkut. Publikasi Pendidikan. https://doi.org/10.26858/publikan.v12i2.24672
Mazulfah, M., & Suriyah, E. (2022). Students’ Perception toward English Online Presentation on Instagram. Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya. https://doi.org/10.26714/lensa.12.2.2022.231-248
Mustari, M. (2023). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Manajemen Pendidikan. In Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Nasir, R., Nurjannah, S., Frensiska Amanda, N., Adria, & Nofianti. (2023). Buku Ilustrasi Digital sebagai Media untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa dalam Bahasa Inggris. Griya Journal of Mathematics Education and Application. https://doi.org/10.29303/griya.v3i2.336
Ni Made Lisma Martarini, Kadek Ayu Riska Yulianti, & Ni Nyoman Ayu J. Sastaparamitha. (2021). Media Sosial Dan Pembelajaran: Study Efektifitas Instagram dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i2.1227
Nurbayti, S. D., Candra, M., & Elfiza, R. (2023). Microblog: An Interactive Learning Media for Learning English. Journal of Language, Literature, and English Teaching (JULIET). https://doi.org/10.31629/juliet.v4i1.4824
Nurlailah. (2022). Analisis Literasi Digital Dan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Pembelajaran Berbasisi Web. Research and Development Journal of Education.
Pingga, Y. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Kristen. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen. https://doi.org/10.54170/harati.v1i2.78
Rahardaya, A. K., & Irwansyah, I. (2021). Studi Literatur Penggunaan Media Sosial Tiktok Sebagai Sarana Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i2.248
Rahman, M. A., D Suhendra, Y L R E Nugrahini, I Taufik, R W Idayanti, T P Rahayu, & N Hidayah. (2023). Media Pembelajaran : Teori, Implementasi dan Evaluasi. Jurnal Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan.
Rahmawati, D., & Hidayati, Y. M. (2022). Pengaruh Multimedia Berbasis Website Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1465
Ramazanova, D., Togaibayeva, A., Yessengulova, M., Baiganova, A., & Yertleuova, B. (2022). Using Instagram to raise the effectiveness of distance learning in English: The experience of Kazakhstani students. Frontiers in Education. https://doi.org/10.3389/feduc.2022.923507
Rini, A. G. G., Ikhtiarti, E., & Setia. (2021). Media Sosial Instagram dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Prancis Siswa Kelas XI SMAN 9 Bandarlampung. Jurnal Pendidikan Bahasa Prancis.
Rini, P. P. (2023). The Role Of Using Ig And Youtube As Media To Explore The English Ability Of Akbid By Bunda Husada Bunda Husada Students. JURNAL ILMIAH GLOBAL EDUCATION. https://doi.org/10.55681/jige.v4i1.567
Rokhmawati, S., & Mastuti, H. (2019). Penggunaan Instagram Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran. https://doi.org/10.26877/mpp.v12i2.3838
Sabatti, P. H. P. D. A. D. (2024). Menjadi Manusia Berkesadaran di Era Digital. Suksma: Jurnal Psikologi Universitas Sanata Dharma. https://doi.org/10.24071/suksma.v5i1.8042
Sadikin, A., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Media E-Learning Interaktif Dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0 Pada Materi Ekosistem Untuk Siswa SMA. BIODIK. https://doi.org/10.22437/bio.v5i2.7590
Saerang, H. M., Lembong, J. M., Sumual, S. D. M., & Tuerah, R. M. S. (2023). Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru di Era Digital: Tantangan dan Peluang. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. https://doi.org/10.19109/elidare.v9i1.16555
Saputra, W. F. (2021). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Alternatif IPA Dalam Masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan). https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i2.5423
Saputri, N. M. I., Amri, K., Pulungan, H. R., Daulay, I. R., Siregar, R. W., Sari, I., & Tobing, R. L. (2024). Fenomena Pengguna Zat Adikti Inhalen (Lem) Di Indonesia. Ristekdik : Jurnal Bimbingan dan Konseling. https://doi.org/10.31604/ristekdik.2024.v9i1.126-132
SESRIYANI, L., & SUKMAWATI, N. N. (2019). Analisis Penggunaan Instagram Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi. EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis. https://doi.org/10.32493/eduka.v4i1.3822
Subroto, D. E., Supriandi, Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.542
Sugiarto, & Farid, A. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i3.2603
Sulasno, S., Hapsari, F. I., & Erlawati, E. (2022). Using Instagram to Teach Writing Descriptive Text. Proceedings Series on Physical & Formal Sciences. https://doi.org/10.30595/pspfs.v3i.262
Sulistyorini, D. E. W. (2022). Entrepreneurship Building Berbasis Instagram Solusi Pembelajaran Kreatif Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Guru Dikmen dan Diksus. https://doi.org/10.47239/jgdd.v4i1.378
Susilo, B. (2018). Pemasaran Digital: Segmentasi Demografi Pengguna Media Sosial di Kota Pontianak. Eksplora Informatika. https://doi.org/10.30864/eksplora.v8i1.163
Sy, Y. R., & Sinaga, T. (2023). Instagram Post: Modifying the Use of Instagram to Increase Students’ Ability in Writing Cutline Caption. English Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris. https://doi.org/10.24042/ee-jtbi.v16i1.15751
Syah, R., & Darmawan, D. (2019). Pemanfaatan media sosial instagram sebagai literasi visual pada pendidikan orang dewasa [Visual Literacy’s Utilization Of Social Media Instagram On Adult Education]. Jurnal AKRAB. https://doi.org/10.51495/jurnalakrab.v10i1.276
Tavassoli, K., & Beyranvand, S. (2023). How Instagram as a MALL tool impacts EAP learners’ technical vocabulary learning and perceptions in an electronic context. SN Social Sciences. https://doi.org/10.1007/s43545-023-00657-z
Utomo, T. P. (2022). Optimalisasi Media Sosial untuk Pemasaran Perpustakaan Perguruan Tinggi | Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia.
Viera Valencia, L. F., & Garcia Giraldo, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Teks Deskripsi Dan Pengaruhnya Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas Vii Smp Di Lampung Tengah. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Wahyudi, M., Purnama, R. A., Atrinawati, L. H., & Gunawan, D. (2024). Mengeksplorasi Dampak Teknologi Pembelajaran Aktif di Institusi Pendidikan Kejuruan Menengah. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi. https://doi.org/10.33050/mentari.v2i2.458
Wibowo, T., & Ellysinta, V. (2022). Studi Penerapan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Yang Potensial dan Efektif: Studi Kasus Instagram @theenglishnut. Jurnal Teknologi Informasi.
Yang, F. (2022). Thinking on Interactive English Teaching. BCP Social Sciences & Humanities. https://doi.org/10.54691/bcpssh.v16i.432
Zohriah, A., Muin, A., & Muslihat, M. (2023). Paradigma Pendidikan di Era Digital. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.1797
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: