Peranan Model Pembelajaran Berbasis Etnomatematika dalam Permainan Tradisional Congklak Sebagai Inovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Literasi Matematika
Abstract
Abstract: Based on a literature evaluation conducted through the Systematic Literature Review method on articles published between 2014 and 2024 from Scopus, DOAJ, and Google Scholar indexers, it was found that traditional games such as Congklak have great potential in improving mathematics learning through ethnomathematical approaches. This ethnomathematical integration not only improves students' learning outcomes in mathematics, but also values and strengthens their cultural identity. This approach is in line with the principles of essentialism in education which emphasizes the importance of cultural values in the teaching and learning process. Thus, the use of Congklak as a tool in the context of ethnomathematics not only provides solutions in improving mathematical literacy, but also makes a significant contribution to developing a more inclusive and sustainable education.
Abstrak: Berdasarkan evaluasi literatur yang dilakukan melalui metode Systematic Literature Review terhadap artikel-artikel yang diterbitkan antara tahun 2014 hingga 2024 dari pengindeks Scopus, DOAJ, dan Google Scholar, ditemukan bahwa permainan tradisional seperti Congklak memiliki potensi besar dalam meningkatkan pembelajaran matematika melalui pendekatan etnomatematika. Integrasi etnomatematika ini tidak hanya meningkatkan hasil belajar siswa dalam matematika, tetapi juga menghargai dan memperkuat identitas budaya mereka. Pendekatan ini sejalan dengan prinsip-prinsip esensialisme dalam pendidikan yang menekankan pentingnya nilai-nilai budaya dalam proses belajar mengajar. Dengan demikian, penggunaan Congklak sebagai alat dalam konteks etnomatematika tidak hanya memberikan solusi dalam meningkatkan literasi matematika, tetapi juga memberikan kontribusi yang signifikan dalam mengembangkan pendidikan yang lebih inklusif dan berkelanjutan.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3). https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.117
Amam, A., & Rusdiana, S. (2022). Peranan Kelembagaan Peternakan, Sebuah Eksistensi Bukan Hanya Mimpi: Ulasan dengan Metode Systematic Literature Review (SLR). Jurnal Peternakan, 19(1). https://doi.org/10.24014/jupet.v19i1.14244
Andayani, Zakirman, Saputra, A. H., Prabowo, S., & Irianto, E. (2022). Development of Traditional Game-Based Mathematical Tools for Elementary School Students. Indonesian Journal of Social Research (IJSR), 4(3). https://doi.org/10.30997/ijsr.v4i3.242
Anisah, G., & Amreta, M. Y. (2023). Pengembangan Instrument Assessment as Learning Berbasis Projek untuk Pembelajaran Menyimak dan Berbicara Monologis Dialogis Bermuatan karakter Bhineka Tunggal Ika. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 9(1).
Auliya, N. M., Suyitno, A., & Asikin, M. (2020). Potensi Mobile learning Berbasis Etnomatematika untuk Mengembangkan Kemampuan Literasi Matematis pada Masa Pandemi. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 3(1).
Bopo, G., Ngura, E. T., Fono, Y. M., & Laksana, D. N. L. (2023). Peningkatan Kemampuan Numerasi Dengan Media Pembelajaran Papan Pintar Berhitung Pada Anak Usia 6-7 Tahun. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(3). https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i3.1998
D’Ambrosio, U. (2018). Etnomatemática, justiça social e sustentabilidade. Estudos Avancados, 32(94). https://doi.org/10.1590/s0103-40142018.3294.0014
Farendra, M. F. (2018). Pengembangan buku cerita bergambar untuk Literasi pembelajaran Sains di sekolah dasar. Skripsi, 1(2).
Fatimah, C., Parinata, D., Efendy, A., & Santika, Y. (2021). Digital Mathematics Learning Companion (Dmlc): Aplikasi Android Guru Pendamping Khusus Matematika Bagi Penyandang Tunanetra Berbasis Suara. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1). https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.1068
Fatimah, S., Idawati, I., Astuti, M., Mahmudah, I., & Baiti, M. (2021). Effect Of Cogklak Game Method To Student’s Mathematics Learning Outcome At State Elementary SchooL. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 7(2). https://doi.org/10.19109/jip.v7i2.11089
Hasanuddin, H. (2017). Etnomatematika Melayu: Pertautan Antara Matematika Dan Budaya Pada Masyarakat Melayu Riau. Sosial Budaya, 14(2). https://doi.org/10.24014/sb.v14i2.4429
Hidayat, R. (2022). Analisis Implementasi Metode Etnomatematika Permainan Engklek terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri Sangiang III. YASIN, 2(3). https://doi.org/10.58578/yasin.v2i3.404
Ilmiyah, N., Handayani, N., Hanifah, & Pramesti, S. L. D. (2021). Studi Praktik Pendekatan Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika, 1.
J.Baumert, W. B. et al. (2010). Exploring Preservice Teachers ’ Conceptual Understanding of Algebraic Ideas : Linear Function and Slope. International Business & Economics Research Journal (IBER), 1(2).
Jannah, M., Suryandari, K., Nurjanah, S., Muhtadin, L., Maftuhah Hidayati, Y., & Desstya, A. (2023). Analisis Etnomatematik Dalam Permainan Congklak Sebagai Media Pembelajaran Bangun Datar Dan Bangun Ruang Di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1). https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8669
Kamid, K., Hasiibunnisa, H., & Sari, A. K. (2023). Analisis Keterampilan Proses dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbasis Etnomatematika pada Siswa Diskalkulia. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(6). https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i6.5744
Mahmudah, U., & Arif, S. (2022). Etnomatematika Sebagai Inovasi Pembelajaran dalam Mengintegrasikan Nilai Kearifan Lokal dan Konsep Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Cakrawala Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 6(2). https://doi.org/10.33507/cakrawala.v6i2.1041
Nisa’, A., Sudarmin, & Samini. (2015). Efektivitas Penggunaan Modul Terintegrasi Etnosains Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Unnes Science Education Journal, 4(3).
Nur Efendi, & Muh Ibnu Sholeh. (2023). Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2). https://doi.org/10.59373/academicus.v2i2.25
Pajriati, S., Bahri, S., & Misrina, M. (2023). The Effect of the Congklak Game Method on Class 3 MIN 3 Central Aceh Students’ Capability to Count. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 4(1). https://doi.org/10.47766/ga.v4i1.1304
Panglipur, I. R., Palayukan, H., & Dewanti, L. (2024). Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Berbantuan Media Komik Linet (Literasi, Numerasi, Etnomatematika) Pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Pendidikan, 10(1).
Permatasari, P., Nuraeniyah, A. N., Bungsu, D., Selfiantika, L., & Sartika, N. S. (2023). Improving Mathematical Literacy Based on Ethnomathematical Approach in Congklak Game. Jurnal Analisa, 9(2). https://doi.org/10.15575/ja.v9i2.29766
Prasetyo, E., & Hardjono, N. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Terhadap Minat Belajar Matematika (MTK) Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo), 1(2).
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Konseling, 4(6).
Purwati, N. K. R., Erawati, N. K., Sunita, N. W., Dwiani, N. K. P., Asih, N. P. R. T., Asni, M. F., & Bili, O. (2023). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Etnomatematika. Puan Indonesia, 5(1). https://doi.org/10.37296/jpi.v5i1.143
Rahmasari, F., Sutriyani, W., & Muhaimin, M. (2023). Efektivitas permainan tradisional congklak terhadap hasil belajar matematika SD. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3). https://doi.org/10.33654/math.v9i3.2466
Safina, D., & Budiarto, M. T. (2022). Literasi Matematis Berbasis Budaya Sidoarjo Dalam Perspektif Etnomatematika. MATHEdunesa, 11(1). https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n1.p12-25
Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02).
Sirate, S. F. S. (2015). Menggagas Integrasi Multikultur Pembelajaran Matematika : suatu telaah etnomatematika. Auladuna, 2(2).
Subakti, D. P., Marzal, J., & Hsb, M. H. E. (2021). Pengembangan E-LKPD Berkarakteristik Budaya Jambi Menggunakan Model Discovery Learning Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02).
Tampubolon, K., & Sibuea, N. (2023). the Influence of Supervisory Work Motivation and Competence on the Performance of School Superintendents in Padangsidimpuan City Education Office. International Journal of Educational Review, 21.
Tampubolon, T., Sibarani, S., Zuhri, Efendi, Zakiah, N., & Zaini, H. (2023). Ethnomathematics Learning to Improve Students’ Understanding for Numeracy Concepts. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 12(2). https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v12i2.60716
Taufiq, M., & Chatib, M. (2011). Pentingnya Implementasi Pembelajaran Literasi Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Di Pondok Pesantren Salafiyah €Œcokrokertopati†Kabupaten Magetan. Community Development Journal, 2(1).
Tusolihah, N., Ali Misri, M., & Nursuprianah, I. (2022). Ethnomathematics Eksploration of The Traditional Game of Congklak. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 11(2). https://doi.org/10.24235/eduma.v11i2.10300
Uno, H. B., & Umar, M. K. (2023). Mengelola kecerdasan dalam pembelajaran: sebuah konsep pembelajaran berbasis kecerdasan . In Bumi Aksara.
Vankúš, P. (2021). Influence of game-based learning in mathematics education on students’ affective domain: A systematic review. In Mathematics (Vol. 9, Issue 9). https://doi.org/10.3390/math9090986
Wahyuni, A., Aji, A., Tias, W., & Sani, B. (2013). Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa: Penguatan Peran Matematika Dan Pendidikan Matematika Untuk Indonesia Yang Lebih Baik, 1.
Wanabuliandari, S., Ardianti, S., & Kanzunnudin, M. (2019). Ethno-Edutainment Learning as an Effort to Improve Primary School Students’ Spirit of Nationality. https://doi.org/10.4108/eai.20-8-2019.2288149
Windy Istiani, M., Yuni Listiani, I., & Puspita Sri Wulandari, D. (2023). Penerapan Media Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Analitis Peserta Didik Kelas IV. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1). https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7657
Zuhri, Z., Dewi, S. V., Kusuma, J. W., Rafiqoh, S., Mahuda, I., & Hamidah, H. (2023). Implementation of Ethnomathematics Strategy in Indonesian Traditional Games as Mathematics Learning Media. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 4(2). https://doi.org/10.46843/jiecr.v4i2.613
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: