Pembelajaran Estafet Learning dengan Kemampuan Numerik untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa

Meli Anggriyani, Mahsup Mahsup, Sirajuddin Sirajuddin, Syaharuddin Syaharuddin

Abstract


Abstract: This research evaluates various studies that investigate relay learning strategies to increase student motivation and learning outcomes. Analysis of the literature shows that the use of blended learning, cooperative models, discovery learning, and lesson study is effective in increasing students' motivation and academic achievement, and their learning outcomes. This study highlights the importance of technological development and innovation in relay learning, such as optimizing relay operations using machine learning, adaptive management of spectrum resources, and implementation of intelligent monitoring systems. Future research is recommended to explore these aspects further to improve the efficiency and effectiveness of relay learning in today's digital era.

Abstrak: Penelitian ini mengevaluasi berbagai studi yang menginvestigasi strategi pembelajaran relai untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Analisis terhadap literatur menunjukkan bahwa penggunaan blended learning, model kooperatif, discovery learning, dan Lesson Study efektif dalam meningkatkan motivasi dan pencapaian akademik siswa, dan hasil belajar mereka. Studi ini menyoroti pentingnya pengembangan teknologi dan inovasi dalam pembelajaran relai, seperti pengoptimalan operasional relai menggunakan machine learning, pengaturan adaptif sumber daya spektrum, dan implementasi sistem monitoring yang cerdas. Penelitian mendatang direkomendasikan untuk mengeksplorasi aspek-aspek ini lebih lanjut guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran relai di era digital saat ini.


Keywords


Relay Learning, Numerical abilities, Motivation, Student learning outcomes,

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Agustinus Hari Hanggara, Imanuel Sairo Awang, B. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 2(April), 80.

Akhsani, L. (2014). Implementasi Lesson Studi untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Melalui Metode Pembelajaran Seminar Group. 6, 77–86.

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Baporikar, N., & Sauti, L. (2019). Students perception re-learning challenges. International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 10(3), 45–62. https://doi.org/10.4018/IJSSMET.2019070104

Burhamzah, M., Novia, L., Asriati, Fatimah, S., & Alamsyah. (2023). Teacher Training For The Future: The Role Of Emotional Intelligence In The Classroom For Success In 21st-Century Education. Jurnal Gembira (Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(5), 1335–1344.

David, D., Kartowagiran, B., & Harjo, S. P. (2016). Evaluasi Dan Strategi Pengembangan Sma Indonesisch Nerderlandsche School (Ins) Kayutanam. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(1), 27–44. https://doi.org/10.21831/pep.v20i1.7518

Een, U., Rosita, R., & Rizka, E. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Masalah Operasi Hitung Penumlahan Bilangan Bulat. Journal of Chemical Information and Modeling, 15(2), 9–25.

Elvira Pradnya Paramitha Negeri, P. S., & Bangli, K. (2023). Upaya Pengembangan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas V SD Dengan Memanfaatkan Media Lingkungan. Jayapangus Press Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 3(4), 479–492. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/metta

Fauzan, N. (2024). Bagaimana Adopsi Media Sosial Meningkatkan Kinerja Usaha Kecil dan Menengah: Analisis Bibliometrik 2013-2023. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Performa, 20(2). https://doi.org/10.29313/performa.v20i2.3072

Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telaumbanua, T., Hulu, F., Telambanua, K., Sari Lase, I. P., Ndruru, M., & Marsa Ndraha, L. D. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 325. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.325-332.2022

Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236

Herlianto, J. I., Suwatno, S., & Herlina, H. (2018). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan Smk Administrasi Perkantoran Di Smk Negeri 1 Ciamis. Jurnal MANAJERIAL, 17(1), 70. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i1.9762

Ismartaya, I. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar dan Penerapan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Prestasi Belajar Matematika dengan Kovariabel Kemampuan Numerik. JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.55583/jkip.v1i1.65

Izza, S., Sulhan, M., Al Azhar, G., & Ajie Sugiarto, A. (2022). Pengembangan Miniatur Sistem Proteksi Pada Jaringan Distribusi 20 kV Menggunakan Relay Micom P127 Sebagai Media Pembelajaran. Metrotech (Journal of Mechanical and Electrical Technology), 1(1), 37–44. https://doi.org/10.33379/metrotech.v1i1.1014

Jasrial, J., & Rusli, R. (2019). Pelatihan Pembelajaran Era Pendidikan 4.0 Bagi Guru SMP Swasta Kota Padang. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 20(1). https://doi.org/10.24036/sb.0420

Keban, M. L., Nahak, S., & Kelen, Y. P. K. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Saintek Lahan Kering, 1(1), 20–21. https://doi.org/10.32938/slk.v1i1.440

KHOIROTIN, N. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Tutor Sebaya Dengan Strategi Pembelajaran Model Arisan. PAEDAGOGY : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 1(1), 33–39. https://doi.org/10.51878/paedagogy.v1i1.336

Klein, E., Zamarian, L., & Kaufmann, L. (2023). Challenges in Understanding Numerical Learning: Editorial for Brain Sciences Special Issue “Neurocognitive Signatures of Math (Learning) across the Lifespan and Their Interrelation with Other Aspects of Cognition and Emotion.” Brain Sciences, 13(3). https://doi.org/10.3390/brainsci13030420

Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 109. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8111

Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 441–451. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i4.156

Mustanil, M., Hady, M. S., & Kawakip, A. N. (2022). Efektivitas Penggunaan Model Blended Lerning dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa MI Darul Hikmah Bone. Jurnal Basicedu, 5(6), 6453–6463. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1687

Nissa, I. C., Febrilia, B. R. A., & Astutik, F. (2021). Perspektif Siswa Terhadap E-Learning Berdasarkan Model Motivasi ARCS. Media Pendidikan Matematika, 9(1), 19. https://doi.org/10.33394/mpm.v9i1.3831

Noviarti; Utami, C., & Prihatiningtyas, N. C. (2020). Hubungan motivasi belajar matematika dengan kemampuan numerik siswa pada materi aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 5(September), 92–99.

Nugroho, A., Priatna, W., & Romli, I. (2018). Implementasi Algoritma Genetika Untuk Optimasi Penjadwalan Mata Kuliah. Jurnal Teknologi Dan Ilmu Komputer Prima (JUTIKOMP), 1(2), 35–41. https://doi.org/10.34012/jutikomp.v1i2.238

Nurfauzan, A. Z., Almubarak, M., Abdillah, K., & Anggraini, A. (2022). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran Siswa The Influence of Motivation in Student Learning. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia, 2(2), 613–621.

Parawangsa, E., Hanani, T. N., Putra, M. R. S., Rostika, D., & Sudarmansyah, R. (2024). Optimasi Komunikasi Guru-Siswa di Sekolah Dasar untuk Membangun Hubungan Positif dalam Proses Pembelajaran. JLEB: Journal of Law, Education and Business, 2(1), 722–728. https://doi.org/10.57235/jleb.v2i1.1980

Putri, S. M., Putri, R. S., Sukma, G. D., & Leska, V. (2023). Efektifitas Proses Pembelajaran Abad 21 Melalui Manajemen Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik). Education For All : Jurnal Pendidikan Masyarakat, 3(1), 12–21. https://doi.org/10.35508/efapls.v3i1.10740

Rahayu, I. F., & Aini, I. N. (2021). Analisis Kemandirian Belajar dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 789–798. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.789-798

Rahim, A., Susanto, Y., & Rimbano, D. (2023). Pelatihan Proses Pembelajaran Blended Learning Terhadap Siswa Siswi SMA. SABAJAYA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(6), 313–320. https://journal.sabajayapublisher.com/index.php/jpkm/article/view/226https://journal.sabajayapublisher.com/index.php/jpkm/article/download/226/115

Rahmah, N., Triana, S., & Irmayanti. (2023). Kendala-Kendala Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Matematika Di Tingkat Sekolah Menengah Atas. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(1), 69–80. https://doi.org/10.58355/competitive.v2i1.17

Rahmiati, & Azis, F. (2023). Peranan Guru Sebagai Motivator Terhadap Motivasi Belajar Siswa diSMPN 3 Kepulauan Selayar. Journal Of Social Science Research, 3, 6007–6018.

Ramadhani, A., St.Nurul Mutmainna, Mirnawati, & Irmayanti. (2023). Peran Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum 2013. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(1), 53–68. https://doi.org/10.58355/competitive.v2i1.16

Roesch, J., Lyubomirsky, S., Kirisame, M., Weber, L., Pollock, J., Vega, L., Jiang, Z., Chen, T., Moreau, T., & Tatlock, Z. (2019). Relay: A High-Level Compiler for Deep Learning. http://arxiv.org/abs/1904.08368

Rosalianisa, R., Purwoko, B., Nurchayati, N., & Subrata, H. (2023). Analisis Kemampuan Berbahasa dan Mengenal Konsep Bilangan Anak melalui Teknologi pada Era Digital. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1996–2010. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3843

Sahrudin, A. (2014). Implementasi Strategi Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Unsika, 2(1), 1–12.

Sari, M., Agustini, D., & Farida, M. (2024). Model Prediksi Kunjungan Wisata: Mengoptimalkan Arsitektur Algoritma Backpropagation untuk Prediksi Kunjungan Wisata Mancanegara (ASIA). Jurnal Penerapan Sistem Informasi (Komputer & Manajemen), 5(1), 240–254.

Sirait, F. (2023). Efektivitas Metode Jigsaw Terhadap Kegiatan Membaca dan Berhitung dalam Proses Pembelajaran Peserta Didik. Journal of Research and Investigation in Education, 40–47. https://doi.org/10.37034/residu.v1i2.143

Srimuliyani. (2023). Menggunakan Teknik Gamifikasi untuk Meningkatkan Pembelajaran dan Keterlibatan Siswa di Kelas. Jurnal Pendidikan Dan Kesehatan, 29–35.

Sugiarto, & Farid, A. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 580–597. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i3.2603

Teni, & Yudianto, A. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negri 2 Kedokan Bunder Kabupaten Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(01), 105-117. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 105–117.

Waluyo, R. A., & Fiantika, F. R. (2024). Penggunaan Media Interaktif Fraction Splat Untuk Kemampuan Berpikir Numerik Siswa Sekolah Dasar Negeri. 61–86.

Warjiyati, W. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make a Match untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Akuntansi. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(01), 72–81. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i01.124

Yanda, K. O., Jumroh, J., & Octaria, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 58–67. https://doi.org/10.31851/indiktika.v2i1.3428

Yulianingsih, W., Budiani, M. S., Rosyanafi, R. J., Nugroho, R., & Zharfana, A. N. (2023). Pendampingan Self-Management Strategy Bagi Peserta Didik. Transformasi Dan Inovasi, 3(1), 44–52.

Zahwa, N., Shafa, S., Ulya, V. H., Putri, R. I. I., Araiku, J., & Sari, N. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Ditinjau dari Motivasi Belajar. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 26–35. https://doi.org/10.31851/indiktika.v4i2.7936


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: