Efektivitas Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Animasi Terhadap Kecerdasan Kognitif Siswa
Abstract
Abstract: This research aims to evaluate the effectiveness of animation-based mathematics learning modules on students' cognitive intelligence through a Systematic Literature Review (SLR) approach. Literature search was conducted from 2014 to 2024 using databases such as Scopus, DOAJ, and Google Scholar with relevant keywords. Inclusion criteria encompass studies assessing the use of such modules in mathematics education, involving students from various educational levels, and containing analyses of the impact of animation on students' cognitive aspects. Evaluation results indicate that this approach consistently proves effective in enhancing students' understanding of mathematical concepts, critical thinking skills, engagement, motivation, and arithmetic abilities. However, there are limitations in research focus, particularly concerning the measurement of student engagement and motivation, as well as methodological or sample size constraints. Therefore, future research is recommended to delve deeper into examining the impact of animation on student engagement and motivation, as well as the influencing factors. The findings of such research are expected to enhance the effectiveness of animation-based mathematics education and create a more dynamic learning environment for students.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas modul pembelajaran matematika berbasis animasi terhadap kecerdasan kognitif siswa melalui pendekatan Systematic Literature Review (SLR). Pencarian literatur dilakukan dari tahun 2014 hingga 2024 dengan menggunakan basis data seperti Scopus, DOAJ, dan Google Scholar dengan kata kunci terkait. Kriteria inklusi meliputi studi yang mengevaluasi penggunaan modul tersebut dalam konteks pembelajaran matematika, melibatkan siswa dari berbagai jenjang pendidikan, dan memuat analisis tentang dampak animasi terhadap aspek kognitif siswa. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pendekatan ini secara konsisten efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika, keterampilan berpikir kritis, keterlibatan, motivasi, dan kemampuan aritmatika siswa. Namun, terdapat kekurangan dalam fokus penelitian, terutama terkait pengukuran keterlibatan dan motivasi siswa, serta keterbatasan dalam metodologi atau ukuran sampel. Oleh karena itu, penelitian mendatang disarankan untuk lebih mendalam dalam mengkaji dampak animasi terhadap keterlibatan dan motivasi siswa serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika berbasis animasi dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis bagi siswa.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Alimuddin, H., Abdullah, A., & Alam, A. Z. I. (2023). Efektifitas Modul Digital Berbasis STEAM Dilengkapi Animasi Flash untuk Pembelajaran Tematik pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal PELITA, 3(1), 45–56. https://literasidigital.my.id/pelita/article/view/321%0Ahttps://literasidigital.my.id/pelita/article/download/321/243
Amatul Wahid, L., & Rina Marlina. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Relasi Dan Fungsi. Didactical Mathematics, 4(1), 138–147. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2004
Ananda, S., & Siagian, M. D. (2023). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Menengah. 27(1), 1–15.
Arifmiboy. (2016). Multiple intelligences: mengoptimalkan kecerdasan anak sebagai upaya dalam mempersiapkan generasi emas masa depan. International Seminar on Education 2016, 69–84.
Armansyah, F., Sulton, S., & Sulthoni, S. (2019). Multimedia Interaktif Sebagai Media Visualisasi Dasar-Dasar Animasi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 224–229. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p224
Awwaliyah, H., Rahayu, R., & Muhlisin, A. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Smp Tema Cahaya. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 4(2), 516–523. https://doi.org/10.31002/nse.v4i2.1899
Balkist, P. S., Lukman, H. S., & Andriani, N. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Aritmatika Sosial Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 154–159. https://doi.org/10.36277/defermat.v5i2.84
Ceha, R., Prasetyaningsih, E., Bachtiar, I., & Nana S., A. (2016). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada Kegiatan Pembelajaran. ETHOS (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian), 131. https://doi.org/10.29313/ethos.v0i0.1693
Dewi, S. M., Harjono, A., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kreativitas Fisika Siswa SMAN 2 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(3), 123–128. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i3.302
Efendi, A. Y., Adisel, A., & Syafri, F. S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Video Animasi Berbasis Pendidikan Karakter pada Materi Sistem Persamaan Linier. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 5(1), 1–11. https://doi.org/10.31539/judika.v5i1.2816
Fathurrahman, & Fitrah, M. (2023). Software Geogebra Pada Pembelajaran Matematika: Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 4(1), 33–40.
Fauziah, R., & Sofian Hadi, M. (2023). Analisis Efektivitas dan Manfaat Quizizz Paper Mode dalam Pembelajaran Interaktif di Kelas III SDN Singabraja 02. JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2721. https://jim.usk.ac.id/sejarah
Karima, R., & Kurniawati, F. (2020). Kegiatan Literasi Awal Orang Tua pada Anak Usia Dini. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 69–80. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2020.61-06
Mahmudah, S., & Fauzia, F. (2022). Penerapan Model Simulasi Tentang Pembelajaran Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi Berbasis Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 6(1), 633–645. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1974
Mandasari, N. (2018). Elaborasi Kognitif Dalam Proses Abstraksi Konsep Matematika. Prosiding Seminar Nasional 21 Universitas Pgri Palembang 05 Mei 2018, 5(5), 399–405. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/1905
Masdar Limbong, Firmansyah, Fauzi Fahmi, & Rabiatul Khairiah. (2022). Sumber Belajar Berbasis Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(1), 27–35. https://doi.org/10.51454/decode.v2i1.27
Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988
Mukaromah, E. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Gairah Belajar Siswa. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 4(1), 179–185. http://www.yourdictionary.com/library/reference/word-definitions/definition-of-technology.html.
Munandar, H., Sutrio, S., & Taufik, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Animasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 5 Mataram Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(1), 111–120. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i1.526
Nashoih, A. K., Fadhli, K., Taqiyuddin, A., Khorib, A., Sholikhah, I. N., & Putriningtyas, C. (2022). Penguatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Kartu BiZi Bagi Guru Bahasa Arab Di Jombang. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 18–25. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v3i1.2285
Nasution, N. A., & Ritonga, F. U. (2023). Belajar Matematika Dengan Menyenangkan Bersama Panti Asuhan Yayasan Nazar Indonesia. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 3(1), 154–158. https://doi.org/10.58466/literasi.v3i1.903
Novalinda, R., Ambiyar, A., & Rizal, F. (2020). Pendekatan Evaluasi Program Tyler: Goal-Oriented. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(1), 137. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1644
Novianti, A., & Shodikin, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Kalkulus Diferensial Berbasis Animasi Dengan Pendekatan Kontekstual Dan Kearifan Lokal. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 12–18. https://doi.org/10.36277/defermat.v1i2.20
Oktafiani, O., & Mujazi, M. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Nearpod Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata pelajaran Matematika. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 124. https://doi.org/10.29210/022033jpgi0005
Oktaviani, P., Hartono, H., & Marwoto, P. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Bervisi SETS sebagai Alat Bantu Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran IPA di SMP untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Sosial Peserta Didik. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 2(2), 125. https://doi.org/10.24905/psej.v2i2.746
Prasetya, W. A., Suwatra, I. I. W., & Mahadewi, L. P. P. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 60–68. file:///D:/Semester 7/jurnal kajian relevan/32509-78001-1-PB (1).pdf
Qonita Silmi, M., & Rachmadyanti, P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Sparkol Videoscribe Tentang Persiapan Kemerdekaan Ri Sd Kelas V. Jpgsd, 6, 486–495.
Qurrotaini, L. dkk. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Video Berbasis Powtoon dalam Pembelajaran Daring. Seminar Nasional Penelitian LPMM UMJ, 1–7. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit
Rahmawati, S., & Nurachadija, K. (2023). Inovasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Strategi Mutu Pendidikan. Bersatu:Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(5), 01–12. https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i5.303
Sari, I. K. W., & Wulandari, R. (2020). Analisis kemampuan kognitif dalam pembelajan IPA SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(2), 145–152.
Sartika, D. (2019). Jurnal Ilmu Sosail dan Pendidikan. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(3), 89–93. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/index%0AVol.
Sholeh Kurniandini, ZaidatulArifah, & Ahmad Zakariya. (2022). Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Peningkatan Mutu Administrasi Pendidikan di Temanggung. Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 73–85. https://doi.org/10.54396/alfahim.v4i1.131
Subasman, I., Widiantari, D., & Aliyyah, R. R. (2024). Peran Umpan Balik Pembimbing dalam Keberhasilan Tesis Mahasiswa Pascasarja. Journal of Education Research, 5(1), 17–25.
Wiratomo, Y. dkk. (2018). Pengembangan film animasi matematika barisan dan deret bilangan kelas III SD menggunakan stop motion studio. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI, 01, 141–152. http://journal.uhamka.ac.id/index.php/senamku/article/view/2731
Yuliana, E., Subagiyo, L., & Zulkarnaen. (2020). Pembelajaran Fisika Berbasis Android dengan Program Adobe Flash Cs 6 untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA IT Granada Samarinda. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 1(02), 105–114. https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i2.191
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: