Pengembangan E-Modul Berbasis PBL pada Materi Fluida Statis

Indira Surya Damayanti

Abstract


Abstract: The study aims to develop an electronic module based on Problem Based Learning on Static Fluid material with a good category. The research method used in this study is development research with Research and Development (R&D) model. The procedure used in the research and development of this learning media using the ADD model with the steps of activities that are: Analysis, Design and Development. The developed electronic module contains text, images and instructional videos on Static Fluid material consisting of introduction, learning outcomes and evaluation. The learning activities are presented using a problem-based learning model with instructions for the flow of the learning activities, student worksheets, and material presented in text and video. Sigil software was used in the development of this electronic module. The validation results obtained from experts in the field of material, media and language a re valid with very good criteria.

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul elektronik berbasis Problem Based Learning pada materi Fluida Statis dengan kategori baik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model penelitian Research and Development (R&D). Prosedur yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model ADD dengan tahapan kegiatan yang terdiri dari: Analysis (menganalisis), Design (merancang), Development (mengembangkan). Modul elektronik yang dikembangkan memuat tulisan, gambar dan video pembelajaran tentang materi Fluida Statis yang terdiri dari pendahuluan, capaian pembelajaran dan soal evaluasi. Kegiatan pembelajaran disajikan dengan model pembelajaran berbasis masalah yang dilengkapi dengan petunjuk alur kegiatan pembelajaran, LKPD, materi dalam bentuk tulisan dan video. Pembuatan modul elektronik ini memanfaatkan Sigil software. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli dari segi materi, media dan bahasa yaitu valid dengan kriteria sangat baik.

 

 


Keywords


Electronic module, Problem based learning, Static Fluid, Sigil,

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Agustia, F. S., & Fauzi, A. (2020). Efektivitas E-Modul Fisika Sma Terintegrasi Materi Kebakaran Berbasis Model Problem Based Learning. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 6(1), 1–8.

Bulukumba, N., Salassa, S., & Ali, M. S. (2023). Kesulitan Materi Fisika Pada Peserta Didik Kelas X MIPA SMA. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika (JSPF), 1, 69–88.

Chan, M. I. H., Septia, E. A., Febrianti, K., & Desnita, D. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA: Meta-Analisis. ORBITA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 7(2), 238. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i2.5714

Kartini, I., Pohan, L. R., Lubis, P. A. A., & Toruan, S. M. L. (2023). Implementasi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa: Studi Pustaka. Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 256–263. https://doi.org/10.58362/hafecspost.v2i1.28

Kusumawati, W., Harun, L., & Aini, A. N. (2024). Efektivitas Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Open-Ended Berbantuan Cabri 3D Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(5), 353–360. https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i5.16431

Lumbantobing, S. S. (2023). Penerapan Modul Elektronik Berbantuan Sigil Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Kesetimbangan Benda Tegar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 14(2), 222–230. https://doi.org/10.26877/jp2f.v14i2.16946

Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524

Rozadi, N. (2017). Penyusunan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Scientific Approach Pada Materi Gerak Melingkar Untuk Siswa SMA Kelas X. FKIP : Universitas Sebelas Maret.

Sayekti, Y. (2020). Pengaruh Problem Based Learning Dengan Strategi “MURDER” Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 5(1), 24. https://doi.org/10.30595/alphamath.v5i1.7348

Sudia, M., Masi, L., & Husmar, B. (2017). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 37 Konawe Selatan Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 1–12.

Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2017). Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital. Innovation of Vocational Technology Education, 9(2), 101–116. https://doi.org/10.17509/invotec.v9i2.4860

Suherly, T., Azizahwati, A., & Rahmad, M. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Awal Siswa dalam Pembelajaran Fisika : Analisis Tingkat Pemahaman pada Materi Fluida Dinamis. Jurnal Paedagogy, 10(2), 494. https://doi.org/10.33394/jp.v10i2.7239


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: