Peningkatan Kemampuan Menyusun Struktur Kalimat Bahasa Indonesia Menggunakan Media Pembelajaran Puzzle Berseri pada Peserta Didik Kelas IV SDN 01 Pandean

Safira Tasya Avila, Nur Samsyah, Sukirno Sukirno

Abstract


Abstract: This research aims to improve the ability to compose sentence structures in grade IV students of SDN 01 Pandean Madiun City using serial puzzle media. Structuring sentences using serial puzzle media can make students understand how to structure sentences correctly and clearly. The use of sentence structure in Indonesian sentences makes the sentence structured so that the writing conveyed becomes easy to understand and contains many meanings so that it can be conveyed. The lack of understanding in structuring this sentence is due to students looking passive and teachers only use whiteboard media and learning books to explain. Based on the problems found, innovative learning media is needed and can attract students' attention in order to improve student learning outcomes. The media that can be used by teachers is serial puzzle media. Serial puzzle learning media is a media that can help teachers in learning activities to compose sentence structures. Puzzle media is designed in such a way that the media developed can motivate and make students actively involved in learning so as to produce a fun learning.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyusun truktur kalimat pada peserta didik kelas IV SDN 01 pandean kota Madiun menggunakan media puzzle berseri. Menyusun struktur kalimat menggunakan media puzzle berseri dapat membuat peserta didik memahami cara menyusun kalimat dengan benar dan jelas. Penggunaan struktur kalimat pada kalimat bahasa Indonesia menjadikan kalimat menjadi terstruktur sehingga tulisan yang disampaikan menjadi mudah dipahami dan mengadung banyak arti sehingga dapat tersampaikan. Kurangnya pemahaman dalam menyusun struktur kalimat ini disebabkan peserta didik terlihat pasif dan guru hanya menggunakan media papan tulis dan buku pembelajaran untuk menjelaskan. Berdasarkan masalah yang ditemukan diperlukan media pembelajaran yang inovatif dan dapat menarik perhatian siswa agar meningkatkan hasil belajar siswa. Media yang bisa digunakan oleh guru yaitu media puzzle berseri. Media pembelajaran puzzle berseri merupakan media yang dapat membantu guru dalam kegiatan pembelajaran menyusun struktur kalimat. Media puzzle didesain sedemikian rupa agar media yang dikembangkan dapat memotivasi dan membuat peserta didik terlibat aktif dalam belajar sehigga menghasilkan suatu pembelajaran yang menyenangkan.


Keywords


Elementary school, Read, Examining information, CIRC.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Dr. NURDYANSYAH, S.Pd., M. P. (2019). Media Pembelajaran Inovativ (M. P. Pandi Rais, S.Pd. (ed.)). UMSIDA Press. 2.

Jamilah, N. S. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Pada Materi Sistem Saraf Nurfadillah. Pendidikan, 1, 69.

Rohani. (2019). Media Pembelajaran. In Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Shalikhah, N. D. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire sebagai Inovasi Pembelajaran. Warta LPM, 20(1), 9–16. https://doi.org/10.23917/warta.v19i3.2842

Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 75–82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.409

Abi Hamid, M., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., ... & Simarmata, J. (2020). Media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P. Y., Mawati, A. T., Wagiu, E. B., Simarmata, J., Mansyur, M. Z.& Iskandar, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Jannah, Aghisni Ika Luluil, 2018. Asyiknya bermain. Yogyakarta: Lontar Mediatama

Ermanto & Emidar. 2018. Bahasa Indonesia: Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Padang: UNP Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: