Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas 1 Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di SDN 01 Pandean

Felin Herlina, Nur Samsiyah, Sukirno Sukirno

Abstract


Tujuan artikel ini yaitu untuk mengetahui langkah-langkah dalam menggunakan media gambar dalam pembelajaran pembelajaran Pengetahuan Alam pada siswa Sekolah Dasar dan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media gambar dalam pembelajaran Pengetahuan Alam khususnya pada siswa Sekolah Dasar, dapat diketahui bahwa motivasi belajar siswa menjadi lebih tinggi dalam proses pembelajaran tersebut. Hal ini disebabkan dengan adanya penggunaan media gambar yang membuat siswa lebih tertarik dan bersemangat untuk pembelajaran dikelas. Keaktifan dalam kegiatan belajar mengajar terjadi pada kedua belah pihak yaitu guru dan siswa. Media gambar adalah suatu bentuk dan saluran yang dapat digunakan dalam suatu proses penyajian informasi. Masalah yang hendak dipecahkan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil pembelajaran siswa kelas 1 SDN 01 Ponorogo, dengan begitu peneliti memilih media pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa siswi kelas 1 dalam pembelajaran Ilmu Pendidikan Alam.

Keywords


Keaktifan Siswa, Media Gambar, Ilmu Pengetahuan Alam

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Aminah, Heni Siti. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantu Media Gambar Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Progresif, Vol. VII, No. 2

Betaria Sinaga. 2016. Artikel Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. PSD/PGSD

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran: Pengembangan, Pemanfaatan, dan Evaluasi. Yogyakarta: Gava Media.

Depdikbud, 2006. Kurikulum Pendidikan Dasar. Jakarta : Proyek Peningkatan Mutu SD, TK, dan SLB.

Dwi C.W , Priana S, Evi F. (2020). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Sumatera : Universitas Cokroaminoto Palopo.

Oviani,Tara. (2019). Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar Negeri 56 Kota Bengkulu. Skripsi.

Panen, P. dkk. 1992. Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya

Tangart, Khaliq. 2007. Penelitian Tindak Kelas, Jakarta PT. Bumi Aksara.

Trianto, 2011. Mendesain Model Pembelajaran Berbasis Aktivitas. Jakarta: Prestasi Pustaka

Utami, Sarwik. (2018). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, Vol 7, No 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: