Artificial Intelligence (AI) dan Peranannya di Kalangan Mahasiswa Pada Era 5.0

Rachma Widyana Putri

Abstract


Increasingly technology makes a variety of products that make human life easier. One of the technology products in the 5.0 era is artificial intelligence (AI). The most rapidly affected aspect is education. The use of AI has many positive and negative impacts, so students are required to be wise in using it so as not to damage academic ethics. This study used qualitative research with a library research method. The results of this study indicate that AI has a positive impact on making it easier for students to understand the concepts of lecture material and increase efficiency, but its use poses risks and challenges in the future, so it is necessary to have an AI optimization strategy in academic activities.

Teknologi yang semakin canggih melahirkan berbagai macam produk yang mempermudah kehidupan manusia. Salah satu produk teknologi di era 5.0 adalah kecerdasan buatan atau kecerdasan buatan (AI). Aspek yang paling cepat mempengaruhi yaitu dunia pendidikan. Penggunaan AI memberikan banyak dampak positif dan negatif sehingga mahasiswa dituntut untuk bijak menggunakannya agar tidak merusak etika akademik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode kepustakaan (library study ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa AI berdampak positif untuk mempermudah siswa dalam memahami konsep materi perkuliahan serta meningkatkan efisiensi, namun menimbulkan risiko dan tantangan di masa depan, sehingga perlu optimalisasi strategi AI dalam aktivitas akademik. 


Keywords


Artificial intelligence, Technology optimization, Education, Students.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Baysha, M. H., & Astuti, E. R. P. (2024). Optimalisasi Pembelajaran Teknologi Pendidikan Dengan Bantuan Gpt Ai. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 4(3), 137–149. https://doi.org/10.51878/edutech.v4i3.3143

Cahyani, L. (2023). Kecerdasan Buatan Untuk Sistem Rekomendasi Dalam Pendidikan (1st ed.). Malang: Litnus. Retrieved from https://ipusnas2.perpusnas.go.id/book/88384101-9756-4e96-90d9-d08cc19b14b5/789493d9-4f7c-48d1-ad32-e2c120461f68

Faisal, M. (2024). Dampak Kecerdasan Buatan ( AI ) terhadap Pola Pikir Cerdas Mahasiswa di Pontianak. NUCLEUS Research and Development for Better Future, 05(01), 60–66.

Firdaus, J. A., Ummah, R. I., Aprialini, R. R., & Faizin, A. (2025). Ketergantungan Penggunaan Kecerdasan Buatan ( AI ) pada Tugas Akademik Mahasiswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif, 14(1), 1203–1214.

Firza, S. A. (2023). Literatur Review:Analisis Dampak AI bagi Dunia Pendidikan Syafiq. Jurnal Pelita Teknologi, 18(1), 45–54.

Hafizd, J. Z., Rana, M., Alfaris, D., Harahap, V. J., Arfan, A., & Ansori, S. (2025). Penguatan Kualitas Penelitian melalui Optimalisasi Teknologi Digital dan Kecerdasan Buatan dalam Penulisan Karya Ilmiah, 14(1), 683–694.

Hartanto, A. Y., & Rohmah, F. N. (2024). Makin Marak Siswa Pakai AI untuk Mengerjakan Tugas. Retrieved May 31, 2025, from https://tirto.id/penggunaan-ai-di-dunia-pendidikan-makin-marak-dan-merata-gZax#google_vignette

Muhamad, N. (2025). Ini Kekhawatiran Masyarakat RI terhadap Penggunaan AI. Retrieved May 30, 2025, from https://databoks.katadata.co.id/keamanan-internet/statistik/68185e5e3d02c/ini-kekhawatiran-masyarakat-ri-terhadap-penggunaan-ai

Nastiti, F. E., & ‘Abdu, A. R. N. (2020). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi era society 5.0, 61–66.

Rahmadani, K., Azmi Rifaldi, U., & Umam, H. (2024). Revolusi pendidikan Indonesia di Era 5.0. April, 18(01), 65–71. Retrieved from https://doi.org/10.30957/cendekia.v18i1.886

Rochim, A. A. (2024). Kecerdasan Buatan: Resiko, Tantangan Dan Penggunaan Bijak Pada Dunia Pendidikan. Antroposen: Journal of Social Studies and Humaniora, 3(1), 13–25. https://doi.org/10.33830/antroposen.v3i1.6780

Saputro, R. E., Utomo, F. S., Putranto, R. V. M., & Filanzi, S. (2024). Optimalisasi kemampuan menulis akademik melalui teknologi AI : kolaborasi Universiti Teknikal Malaysia Melaka dan Universitas Amikom Purwokerto, 8, 3206–3213.

Sari, A., Dahlan, Tuhumury, R. A. N., Prayitno, Y., Siegers, W. H., Supiyanto, & Werdhani, A. S. (2023). Dasar-dasar Metodologi Penelitian. (Y. Prayitno, Ed.) (1st ed.). Jayapura: CV. Angkasa Pelangi.

Sugiarto, S., Sulindra, I. G. M., & Adnan. (2024). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence Dalam Efektifitas Pembelajaran Mahasiswa Universita Samawa. Jurnal Kependidikan, 9(1), 19–27. Retrieved from http://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/1676

Sutrisno, D., Susanti, A., & Hermanto. (2023). Mengoptimalkan Pembelajaran : Peran Transformasi AI dalam Dunia Pendidikan. (A. Fuadi, Ed.) (1st ed.). Kebumen: Mutiara Intelektual Indonesia Press.

Widodo, Y. B., Sibuea, S., & Narji, M. (2024). Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan : Meningkatkan Pembelajaran Personalisasi, 10(2), 602–615.

Zaini, M., Iskandar, Wardani, M., & Gina, M. (2024). Integrasi Kecerdasan Buatan (AI) Dalam Pembelajaran: Dampaknya Pada Literasi Digital dan Berpikir Kritis Siswa. 2025, 1(4), 151.

Zebua, N. (2024). Optimalisasi Potensi dan Pemanfaatan Artificial Intelligence ( AI ) dalam Mendukung Pembelajaran di Era Society 5 . 0.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: