Analisis Strategi Pendidikan Karakter dalam Kurikulum SD untuk Membentuk Siswa Berkarakter
Abstract
Abstract: Character education aims to explore the methods of character education in the primary school curriculum using a Systematic Literature Review (SLR) approach. The review was conducted by evaluating relevant academic articles from 2015 to 2025 to find the methods applied in shaping learners' character. The findings of this review highlight four important points. (1) Character values such as responsibility, honesty, cooperation, and religiosity are consistently applied in thematic learning in both the 2013 Curriculum and Merdeka Curriculum. (2) The habituation method through positive routines in the school environment, such as greeting, maintaining cleanliness, and introspection, has proven effective in instilling character values. (3) Role models from teachers who show discipline, honesty, and empathy are very influential in shaping student behavior. (4) The success of character education is significantly influenced by the social context at school, including the role of parents, school culture, and support from the surrounding environment. This study recommends the need to strengthen the role of teachers, increase training, and standardize character assessment so that the methods applied become more consistent and sustainable.
Abstrak: Pendidikan karakter ini bertujuan untuk mengeksplorasi metode pendidikan karakter dalam kurikulum Sekolah Dasar (SD) dengan menggunakan pendekatan systematic Literature Review (SLR). Kajian ini dilakukan dengan mengevaluasi artikel-artikel akademis yang relevan dari tahun 2015 hingga 2025 untuk menemukan cara yang diterapkan dalam membentuk karakter peserta didik. Temuan kajian ini menyoroti empat hal penting. (1) Nilai-nilai karakter seperti rasa tanggung jawab, kejujuran, kerja sama, dan religiusitas secara konsisten diterapkan dalam pembelajaran tematik baik di Kurikulum 2013 maupun di Kurikulum Merdeka. (2) Metode pembiasaan melalui rutinitas positif di lingkungan sekolah, seperti menyapa, menjaga kebersihan, dan melakukan introspeksi, terbukti efektif dalam menanamkan nilai-nilai karakter. (3) Teladan dari guru yang menunjukkan sikap disiplin, jujur, dan memiliki empati sangat berpengaruh dalam pembentukan perilaku siswa. (4) Keberhasilan pendidikan karakter dipengaruhi secara signifikan oleh konteks sosial di sekolah, termasuk peran orang tua, budaya sekolah, dan dukungan dari lingkungan sekitar. Penelitian ini merekomendasikan perlunya penguatan peran guru, peningkatan pelatihan, serta standarisasi penilaian karakter agar metode yang diterapkan menjadi lebih konsisten dan berkelanjutan.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Adhiningsih, L., & Rokhmaniyah, R. (2024). Analisis Strategi Guru Dalam Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 7(3), 1417–1428. https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.91801
Adifa Zuhra, N., & Mahyuni Harahap, A. (2024). PT. Media Akademik Publisher Dasar-Dasar Pendidikan Karakter Membangun Siswa Berakhlak Mulia. Jma), 2(11), 3031–5220.
Ahmadi, M. Z., Haris, H., & Akbal, M. (2020). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Phinisi Integration Review, 3(2), 305. https://doi.org/10.26858/pir.v3i2.14971
Akmal, A. N., Maelasari, N., & Lusiana, L. (2025). Pemahaman Deep Learning dalam Pendidikan: Analisis Literatur melalui Metode Systematic Literature Review (SLR). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 3229–3236. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7442
Amelia, W., Marini, A., Nafiah, M., & Jakarta, U. N. (2022). Pengelolaan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. JCP: Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 520–531. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2431
Arifin, B., Salim, A. N., Muzakki, A., Suwarsito, & Arifudin, O. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.
Armini, N. K. (2024). Evaluasi Metode Penilaian Perkembangan Siswa dan Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Dasar. Metta : Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(1), 98–112. https://doi.org/10.37329/metta.v4i1.2990
BUKOTING, S. (2023). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 3(2), 70–82. https://doi.org/10.51878/educator.v3i2.2389
Eko Supria, & Wedra Aprison. (2023). Penerapan Model Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Keagamaan di SDIT Al Azhar Darul Jannah Bukittinggi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kebudayaan Dan Agama, 1(1), 93–101. https://doi.org/10.59024/jipa.v1i1.425
Fatimatuzzahra, F., Tri Samiha, Y., Purnamah, L., Wulandari, R., Komala Sari, E., & Putri, S. (2023). Pelaksanaan Model Pendidikan Karater Di Sekolah Dasar. HYPOTHESIS : Multidisciplinary Journal Of Social Sciences, 2(01), 77–88. https://doi.org/10.62668/hypothesis.v2i01.631
Hasana Ramdhani, N., Balqis, A., Putri Arisqa, W., Sayakira Ridwan, F., Dela Puspita, A., & Lubis, R. (2024). Perkembangan Karakteristik Anak Kelas 3 Sekolah Dasar (Usia 9 Tahun). Jiic: Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1, 7892–7903. https://jicnusantara.com/index.php/jiic
Hutabarat, S. L., & Situmorang, Y. O. (2025). Peran Strategis Guru Kelas dalam Merancang Evaluasi Pembelajaran yang Bermakna di Sekolah Dasar The Strategic Role of Class Teachers in Designing Meaningful Learning Evaluation in Elementary Schools. 20, 10700–10708.
Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59–68. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67
Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, H., & Mustabsyirah, M. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25–37. https://doi.org/10.53621/jider.v4i1.282
Juliyanti, F. (2021). Integrasi Nilai-Nilai Anti Korupsi Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas V.
Kebudayaan, D. A. N. (2017). provided by Repositori Institusi Kemendikbud Konsep dan Pedoman.
Kristen, U., Wacana, S., Maharani, P., Rarasati, D., Lapasere, S., & Rahmawati, D. (2025). K e l o l a Jur n al Ma naj e me n P e nd id ik a n Magister Manajemen Pendidikan FKIP Strategi Kepala Sekolah dalam Menerapkan Pendidikan Karakter pada Siswa Sekolah Dasar. 12(1), 90–104. https://doi.org/10.24246/j.jk.2025.v12.i1.p90-104
Kusumawati, M. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangkan Karakter Peduli Sosial pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV di SDN 13 Tumijajar. 1–160. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6151/1/SKRIPSI MIA KUSUMAWATI -1801050033 - PGMI.pdf
LAGHUNG, R. (2023). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.51878/cendekia.v3i1.1950
Lumbantobing, P., & Maryani, E. (2024). Melatih Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). JGK (Jurnal Guru Kita), 8(2), 406. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i2.55575
Munawwarah Hidayati. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pandangan Hamka (Studi Analisis Dalam Buku Pribadi Hebat).
Mustoip, S. (2023). Analisis Penilaian Perkembangan Dan Pendidikan Karakter Di Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar. PANDU : Jurnal Pendidikan Anak Dan Pendidikan Umum, 1(3), 144–151. https://doi.org/10.59966/pandu.v1i3.470
Nabila, A. F., Wilianti, F., Makhfiroh, M., Dzulka, R., Andini, S. P., Yahya, M., Mahmud, U. I. N., Batusangkar, Y., & Sandi, K. (2025). Profesionalisme Guru Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Pada Siswa. 1.
OKTAVIANTI, A. (2020). Implementasi Komunikasi Efektif Teknik 3 S (Sapa, Senyum, Salam) Dalam Pembentukan Karakter Islami Peserta Didik Di Updt Smpn 5 …. http://repository.uiad.ac.id/id/eprint/424/%0Ahttp://repository.uiad.ac.id/id/eprint/424/1/SKRIPSI A. OKTAVIANTI.pdf
Ramandhani, D. P. D., & Widyartono, D. (2024). Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Membangun Karakter melalui Penerapan Sistem Among. Journal of Language Literature and Arts, 4(12), 1179–1188. https://doi.org/10.17977/um064v4i122024p1179-1188
Rohman, A. (2020). Strategi Kepala Sekolah Dalam Menangkal Benih-Benih Intoleransi Dan Radikalisme Melalui Pendidikan Agama Islam (Studi Multi Situs Pada SMA Khadijah, SMA Muhammadiyah 3 dan SMA Intensif Taruna Pembangunan Surabaya). Disertasi, 1–332.
Rohyana, H., & Siddiq, R. F. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Dalam Pembentukan Pribadi Siswa. Journal of Islamic Primary Education, 5(2), 75–91.
Rosala, D. (2016). Pembelajaran Seni Budaya Berbasis Kearifan Lokal dalam Upaya Membangun Pendidikan Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Ritme, 2(1), 1–26.
Rosyad, A. M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Pembelajaran di Lingkungan Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(2), 173.
S, R., TANG, M., & MAPPATUNRU, S. (2024). Keteladanan Guru Dan Moralitas Peserta Didik Studi Guru Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Insan Cendikia Makassar. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 4(4), 472–485. https://doi.org/10.51878/cendekia.v4i4.3551
Sabar, R., Anuar, N. K., Ariffin, A. S., & Hashom, H. (2024). Halal-Logistics Value Creation (HLVC) on micro, small, and medium enterprises (MSMEs) Halal Branding. Corporate Branding in Logistics and Transportation: Recent Developments and Emerging Issues, 7(2), 121–137. https://doi.org/10.4324/9781003356882-11
Samosir, R. Y. (2024). Membentuk Integritas Guru di Era Revolusi Industri. Jurnal Komprehensif, 2(1), 155–162.
Saputri, S., Ardivanto, A., & Rofian, R. (2025). Penanaman Pendidikan Karakter pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 6(1), 166–173. https://doi.org/10.37985/jer.v6i1.2293
Sari, M., & Haris, M. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Karakter dan Etika Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Islamic Education Journal, 1(1), 54–71. https://ejournal.stai-alkifayahriau.ac.id/index.php/almujahadah/article/view/230/48
Setiawan, A., Handayani, A., & Rahmawati, D. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Perilaku Moral Siswa Melalui Pembelajaran Di Lingkungan Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri Volume 10 Nomor 01, Maret 2024, 10, 1949–1962.
Suryadi, A., Islam, U., & Alauddin, N. (2022). Ahmad Suryadi-Memahami Ragam Strategi Pembelajaran (Issue October).
Syaifuddin, A. F. (2015). Daftar isi Daftar isi Daftar isi. Statistik Daerah Kecamatan Kartasura Tahun, II(1), 17–18.
Tinggi, S., & Real, T. (2025). Real Kiddos : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Eksplorasi Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Kristiani. 3(2), 41–56.
Wati, D. R., & Anggriani, M. (2024). Membangun Karakter Bangsa melalui Pembelajaran PKN di Sekolah Dasar: Tantangan dan Strategi. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 13. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.562
Yusuf, M., Masrokan Mutohar, P., & Fuadi, I. (2024). Aktualisasi Nilai-Nilai Etik dalam Membentuk Efektifitas Budaya Organisasi Lembaga Pendidikan. AKSI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 17–36. https://doi.org/10.37348/aksi.v3i1.510
Zaidah, V. M., & Tatik Ariyati. (2024). Peran Guru dalam Pendidikan Karakter Anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Kemranjen. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 803–814. https://doi.org/10.19105/kiddo.v1i1.12778
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: