Strategi Guru Sekolah Dasar dalam Menerapkan Pengajaran Responsif Budaya pada Siswa dari Latar Belakang Sosial yang Berbeda
Abstract
Abstract: This study aims to examine how primary school teachers implement culturally responsive teaching for students with diverse social and cultural backgrounds. Using the Systematic Literature Review (SLR) method, literature sources were drawn from various reliable indexes and publications published from 2015 to 2025. The findings of this study led to four main points. (1) Teachers adopt strategies that integrate students' personal experiences and local culture into teaching materials to build closer connections between students and lessons. (2) There are adjustments in learning approaches that are flexible and varied to meet the needs of students' social, cultural and linguistic diversity in the classroom. (3) Teachers use inclusive and understandable language and encourage the use of local languages to recognize students' linguistic identity. (4) Local values and community cooperation are important factors in developing students' character and strengthening the relationship between the school and the local community. These four aspects synergistically create a learning environment that is fair, inclusive and respectful of cultural differences, thus supporting the realization of meaningful and equitable education for all learners.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meneliti cara yang diterapkan oleh guru sekolah dasar dalam menerapkan pengajaran yang responsif terhadap budaya bagi siswa dengan beragam latar belakang sosial dan budaya. Dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR), sumber-sumber literatur diambil dari berbagai indeks terpercaya dan publikasi yang diterbitkan dari tahun 2015 hingga 2025. Temuan penelitian ini menghasilkan empat poin utama. (1) Guru mengadopsi strategi yang mengintegrasikan pengalaman pribadi siswa dan budaya setempat ke dalam materi ajar untuk membangun hubungan yang lebih erat antara siswa dan pelajaran. (2) Ada penyesuaian dalam pendekatan pembelajaran yang bersifat fleksibel dan bervariasi untuk memenuhi kebutuhan keragaman sosial, budaya, dan bahasa siswa di kelas. (3) Para guru menggunakan bahasa yang inklusif dan mudah dimengerti serta mendorong penggunaan bahasa daerah sebagai bentuk pengakuan terhadap identitas linguistik siswa. (4) Nilai-nilai lokal dan kerja sama dengan komunitas menjadi faktor penting dalam mengembangkan karakter siswa serta memperkuat hubungan antara sekolah dan masyarakat setempat. Keempat aspek ini secara sinergis menciptakan suasana belajar yang adil, inklusif, dan menghargai perbedaan budaya, sehingga mendukung terwujudnya pendidikan yang berarti dan adil bagi semua peserta didik.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Adekamisti, R., Novianty, E., & Harmi, H. (2025). Implementasi Manajemen Sistem Pendidikan pada Tingkat Dasar dan Menengah: Tantangan dan Solusi. Dirasah, 8(1), 211–225. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah
Amahoru, A., & Ahyani, E. (2023). Psikologi Pendidikan Inklusif: Menciptakan Lingkungan Belajar yang Ramah Bagi Semua Siswa. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 2368–2377. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i3.522
Aysah, ervinda ika nur. (2024). Penerapan Pendekatan. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 09(04).
Affandi, G. R., & Megawati, F. (2024). Joyful Learning & Media Pembelajaran: Teori Dan Penerapannya Pada Konteks Pendidikan. In Joyful Learning & Media Pembelajaran: Teori Dan Penerapannya Pada Konteks Pendidikan. https://doi.org/10.21070/2024/978-623-464-092-2
Angelina, P., Halim, A., Guru, P., Dasar, S., Esa, U., Jakarta, U., & Multikultural, P. (2025). Jurnal pendidikan tematik. 10(1), 57–67.
Azzahra, I. F., Al Farel, M. R., & Rahmadhani, R. (2025). Kurikulum Merdeka: Telaah Potensi dan Tantangan Implementatif dalam Mewujudkan Pendidikan Fleksibel di Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian Dan Inovasi, 5(3), 1–11. https://doi.org/10.59818/jpi.v5i3.1530
Cyntya, G. W., Amirul, B., & Putra, A. S. G. (2025). Penerapan Pendekatan Culturally Responsif Teaching dalam Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 5(2), 514–525. https://doi.org/10.53624/ptk.v5i2.588
Daely, B., Raya, U. N., Artikel, I., Menulis, P., & Education, J. (2025). Pembelajaran menulis dalam konteks budaya lokal. 13(2), 703–713.
Eva Maryamah. (2020). Pengembangan Budaya Sekolah. Tarbawi, 2(02), 86–96.
Fitriah, L., Gaol, M. E. L., Cahyanti, N. R., Yamalia, N., Maharani, N., Iriani, I. T., & Surayanah, S. (2024). Pembelajaran Berbasis Pendekatan Culturally Responsive Teaching Di Sekolah Dasar. JoLLA Journal of Language Literature and Arts, 4(6), 643–650. https://doi.org/10.17977/um064v4i62024p643-650
Hidayati, F., & Julianto, J. (2025). Judul Sementara Supaya Doi Aktif. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 31(1), 101. https://doi.org/10.30587/didaktika.v31i1.9578
Iye, R., Kamasiah, & Hendrawan. (2024). Kajian Studi Pustaka Tentang Metode Pengajaran Cerita Rakyat Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Risman. Jurnal Wawasan Sarjana Lembaga Jurnal Dan Publikasi Universitas Muhammadiyah Buton, 3(1), 11–23. https://www.jurnal-umbuton.ac.id/index.php/wawasan
Iye, R., Kamasiah, & Hendrawan. (2024). Kajian Studi Pustaka Tentang Metode Pengajaran Cerita Rakyat Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Risman. Jurnal Wawasan Sarjana Lembaga Jurnal Dan Publikasi Universitas Muhammadiyah Buton, 3(1), 11–23. https://www.jurnal-umbuton.ac.id/index.php/wawasan
Jayadi, A., Winarno, N., & Kurniasih, E. (2025). Implementasi Pendekatan Culturally Responsive Teaching ( Crt ) Pada Materi Getaran Dan Gelombang Untuk Meningkatkan Minat Belajar Ipa. 2(1), 92–102.
Juariah, S. (2023). Paradigma Pendidikan Islam dan Pengembangan Sumber Daya Insani dalam Membentuk Etika dan Karakter dalam Masyarakat Islam. Kumpulan Artikel Ilmiah Pendidikan Islam, 1(2), 65–71.
Lestari, Y. L. (2025). Pemahaman Konsep Sains Melalui Pendekatan Etnosains: Studi Kualitatif pada Pembelajaran IPA di Daerah Terpencil. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5(6), 1–23.
Muqarramah Sulaiman Kurdi. (2023). Dampak Pendidikan Multikultural Pada Madrasah Ibtidaiyah Di Indonesia. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 1(6), 215–244. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i1.322
Misnar, Asnawi, Najmuddin, Dewi, S. L., Karim, A., & Misnawati. (2024). Paradigma Pembelajaran Melalui Lesson Study (Issue March). www.pustakamadani.net
Nofriyanto. (2020). Naskah Publikasi Naskah Publikasi. In Occupational Medicine (Vol. 53, Issue 4).
Nugraha, M. S. N., Aenatum, M. I. S., Sumarna, D., & Manpaluti, I. (2024). Strategi Efektif Kolaborasi Sekolah Dan Komunitas Dalam Mendukung Mutu Pendidikan Pada Sekolah Dasar. Epistemic: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(3), 462–481.
Ningsih, W. (2025). Model Pembelajaran PAI yang Relevan dengan Kehidupan Sehari-hari Siswa. Jurnal Komprehenshif, 3(1), 66–73. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/komprehensif%0AModel
Nur Wahyuni, Indah Afrianti, Fadlurrahman, Afrizal, & Isratul Aini. (2025). Pengalaman Siswa dalam Menghadapi Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris: Pendekatan Kualitatif. Jurnal Pendidikan & Pengajaran (Jupe2), 3(1), 150–161. https://doi.org/10.54832/jupe2.v3i1.568
Orpa Umbu Lado, & Maria Titik Windarti. (2024). Peran Guru Kristen dalam Membangun Karakter Siswa di Sekolah Multikultural. Journal New Light, 2(2), 68–82. https://doi.org/10.62200/newlight.v2i2.129
Pertiwi, E. P., Ali, A. Z., Budiyanti, & Sartinah, E. P. (2025). Filosofi dan Prinsip Dasar Pendidikan Inklusi: Implikasi terhadap Masalah Sosial Masyarakat. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1), 329–346. https://jurnaldidaktika.org329
Rambe, A., Tobroni, T., & Widodo, J. (2024). Integrasi Etika Pendidikan dan Keterikatan Sosial Dalam Pembelajaran Holistik. Jurnal Ilmiah Muqoddimah : Jurnal Ilmu Sosial, Politik, Dan Humaniora, 8(2), 697. https://doi.org/10.31604/jim.v8i2.2024.694-700
Salsabila, S. N., Harianto, D., Alfita, N. A., Ramadhani, N., Wahid, A., Sukri, M. A., & Fahlan, M. F. (2025). Evektivitas Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa. Contemporary Edication Review, 1(1), 10–19.
Saptadi, N. T. S., Alwi, M., Maulani, Giandari, Novianti, W., Muhammadiah, M., Agustina, Y., Susilawati, E., Sampe, F., Wardoyo, T. H., Riyadi, T., Hadikusumo, R. A., Nurlely, L., Evenddy, S. S., Fitriyaningih, I., Ananingsih, V. K., & Holid, A. (2024). Revolusi Pendidikan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) (Issue January).
Sari, A., Sari, Y. A., & Namira, D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terintegrasi Culturally Responsive Teaching (Crt) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Ipa 2 Sma Negeri 7 Mataram Pada Mata Pelajaran Kimia Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Asimilasi Pendidikan, 1(2), 110–118. https://doi.org/10.61924/jasmin.v1i2.18
Setiawan, H. (2025). Peluang dan Tantangan Teknologi dan Bahasa Komunikasi Antar Budaya dalam Dunia Digital. Jurnal Penelitian Ilmiah Multidisipliner, 01(05), 1074–1080.
Saqjuddin, Parisu, C. Z. I., & Saputra, E. E. (2025). Pengaruh Integrasi Nilai Multikultural dalam Materi IPS terhadap Sikap Kebhinekaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 5(1), 31–39.
Sudaryanto, M., PN, B. A., Krisnawati, V., & ... (2024). Kesiapan Calon Guru Pengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing pada Kelas Inklusi. Jurnal …, 2, 1–7. https://journal.uns.ac.id/orthopaedagogia/article/view/1170
Syifaurrahmah, S., Fiqriani, M., Karoma, K., & Idi, A. (2025). Strategi Mengajar yang Efektif dan Peran Guru Sebagai Kunci Pembelajaran Bermakna. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 4(1), 244–254. https://doi.org/10.31004/jpion.v4i1.364
Sari, M., & Haris, M. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Karakter dan Etika Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Islamic Education Journal, 1(1), 54–71. https://ejournal.stai-alkifayahriau.ac.id/index.php/almujahadah/article/view/230/48
Simatupang, C., Sari Purba, A., & Siringo-Ringo, E. G. (2024). Analisis Peran Tradisi Lisan dalam Melestarikan Warisan Budaya Indonesia. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(4), 681–685.
Sri Armini, N. N. (2024). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di Lingkungan Sekolah Sebagai Upaya Membentuk Pondasi Moral Generasi Penerus Bangsa. Metta : Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(1), 113–125. https://doi.org/10.37329/metta.v4i1.3005
Suwar, A., Mulyani, & Athal, T. (2025). Analisis Keterasingan Siswa dalam Pembelajaran. Arini: Jurnal Ilmiah Dan Karya Inovasi Guru, 2(1), 77–98. https://doi.org/10.71153/arini.v2i1.189
Ummah, I., Saputra, E. E., & Ahmad, A. (2025). Integrasi Linguistik Dalam Pendidikan Multikultural Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Multidisiplin, 1(1), 20–33. https://doi.org/10.54297/jpmd.v1i1.881
Wahyuna. (2023). Pendekatan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Bahasa Anak Generasi Gen Z. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.
Wati, S., Harahap, M., Rullu, S. M., Khairani, I., & Hamama, S. (2023). Gelora Support System pada Literasi, Budaya dan Teknologi. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/9avrk
https://doi.org/10.71153/arini.v2i1.189
Widiyanto, D., Prananda, A. R., Novitasari, S. P., & ... (2024). Kearifan Lokal dan Pancasila: Strategi Penguatan Nilai Kebangsaan dalam Pendidikan. In Surabaya: PT … (Issue November). https://www.researchgate.net/profile/Delfiyan-Widiyanto/publication/386215103_Kearifan_Lokal_dan_Pancasila_Strategi_Penguatan_Nilai_Kebangsaan_dalam_Pendidikan/links/6748d9ef3d17281c7de7f4a3/Kearifan-Lokal-dan-Pancasila-Strategi-Penguatan-Nilai-Kebangsaan
Zahrika, N. A., & Andaryani, E. T. (2023). Kurikulum Berbasis Budaya untuk Sekolah Dasar: Menyelaraskan Pendidikan dengan Identitas Lokal. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 3(2), 163–169. https://doi.org/10.57251/ped.v3i2.1124
Zahrika, N. A., & Andaryani, E. T. (2023). Kurikulum Berbasis Budaya untuk Sekolah Dasar: Menyelaraskan Pendidikan dengan Identitas Lokal. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 3(2), 163–169. https://doi.org/10.57251/ped.v3i2.1124
Zainuddin. (2025). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL Landasan, Konsep, dan Manajemen dalam Menata Keberagaman.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: