Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android terhadap Hasil Belajar Siswa di Wilayah Pedesaan
Abstract
Abstract: This study aims to evaluate the effectiveness of Android-based interactive learning media on student learning outcomes in rural areas using the Systematic Literature Review (SLR) method. The reviewed literature was sourced from reputable databases such as Scopus, DOAJ, and Google Scholar, covering publications from 2015 to 2025. The findings indicate that Android based interactive learning media has significant potential to enhance learning quality, particularly in the cognitive, affective, and psychomotor domains. This media provides a more personalized and flexible learning experience, encouraging active participation and independent learning among students in remote areas. However, its effectiveness remains uneven due to infrastructural limitations, restricted access to devices and the internet, and low digital literacy among both teachers and students. Moreover, institutional support such as responsive school policies, ongoing teacher training, and the availability of adequate resources is essential for successful implementation. This review emphasizes the need for an integrated support system that aligns digital media, teacher readiness, and the local educational ecosystem to optimize technology utilization in rural education.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas media pembelajaran interaktif berbasis Android terhadap hasil belajar siswa di wilayah pedesaan melalui metode Systematic Literature Review (SLR). Literatur yang dianalisis diperoleh dari basis data bereputasi seperti Scopus, DOAJ, dan Google Scholar dengan rentang tahun publikasi 2015 hingga 2025. Hasil kajian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Android memiliki potensi signifikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, terutama pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor siswa. Media ini memungkinkan pengalaman belajar yang lebih personal dan fleksibel, yang mendorong partisipasi aktif dan pembelajaran mandiri di kalangan siswa daerah terpencil. Meski demikian, efektivitas implementasi belum merata akibat kendala infrastruktur, keterbatasan perangkat dan akses internet, serta rendahnya literasi digital pada guru dan siswa. Selain itu, dukungan institusional, seperti kebijakan sekolah yang responsif, pelatihan guru yang berkelanjutan, dan penyediaan sumber daya yang memadai, menjadi faktor kunci dalam keberhasilan penggunaan media ini. Kajian ini menggarisbawahi pentingnya integrasi antara teknologi, kesiapan guru, dan ekosistem pendidikan lokal guna mengoptimalkan pemanfaatan media digital di wilayah pedesaan.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Abykanova, B., Saduova, S., & Turgumbayeva, A. (2024). The role of teacher digital competence in rural learning transformation. International Journal of Educational Technology, 9(1), 34–47.
Dewayani, R., Ningsih, E., & Surya, M. (2024). Faktor-faktor yang memengaruhi hasil belajar siswa: Pendekatan konstrukstivistik. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling, 11(1), 89–99.
Fatma, S. (2024). Media Android untuk peningkatan literasi membaca permulaan di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 44–53.
Fatmawati, I., Rahmawati, A., & Nurdin, R. (2021). Pengaruh penggunaan media Android terhadap hasil belajar IPS di sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(2), 112–120.
Gunawan, H. (2021). Efektivitas media pembelajaran digital berbasis Android dalam meningkatkan capaian pembelajaran di sekolah terpencil. Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(1), 55–66.
Harahap, F., Manurung, B., & Siregar, N. (2021). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Android dengan pendekatan problem based learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 22–35.
Ikram, A., Sari, D. W., & Firdaus, M. (2021). Android-based learning media for improving elementary students’ motivation. International Journal of Educational Technology, 3(2), 88–94.
Liu, Y. (2023). Enhancing education relevance through technology integration in rural schools. Asian Journal of Education and Learning, 12(3), 210–222.
Onde, D., Wijaya, H., & Sulastri, F. (2023). Media Android interaktif untuk pembelajaran IPA: Studi eksperimental pada siswa sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(2), 90–101.
Paputungan, M. T., Wulur, J. Y., & Pangemanan, L. (2023). Efektivitas aplikasi pembelajaran interaktif berbasis Android terhadap motivasi belajar siswa di wilayah perdesaan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), 30–42.
Perdana, R., Supriyanto, A., & Fadhilah, N. (2021). Analisis efektivitas media pembelajaran interaktif pada pembelajaran kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 14(3), 201–210.
Rahman, A., Hamid, A., & Mustofa, M. (2017). Augmented Reality untuk pembelajaran IPA di sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan, 2(1), 72–78.
Rohman, M. (2023). Menjembatani kesenjangan pembelajaran antara desa dan kota melalui media digital interaktif. Jurnal Teknologi Dan Pendidikan, 8(1), 91–102.
Sakti, W., Ramadhan, R., & Hafidz, A. (2023). Transformasi digital dalam pendidikan: Studi literatur. Jurnal Pendidikan Abad 21, 5(1), 11–25.
Setiariny, D., Pertiwi, N., & Harahap, R. (2023). Pengembangan aplikasi edukatif Android berbasis literasi sains untuk anak usia sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 11(1), 12–24.
Setiariny, E. (2023). Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 3(2), 101–112.
Setiyanto, D., Priyanto, B. E., & Wahyuni, T. (2016). Penerapan media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pendidikan, 4(2), 144–150.
Setiyanto, S., Utomo, I. C., & Syujak, A. R. (2016). Multimedia Dan Sains Penerapan Teknologi Untuk Penelitian Dan Penyampaian Informasi. Korespondensi & Analisa, 4(1), 44–56.
Sugiyarto, G., Pramudya, I., & Yuliani, E. (2022). Analisis efektivitas media Android terhadap hasil belajar siswa dalam tiga domain pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 10(1), 34–45.
Sujarwo, S., Dewi, R. S., & Kurniawati, N. (2022). Pengaruh media interaktif berbasis Android terhadap keterlibatan dan motivasi belajar. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 5(3), 119–128.
Suryana, D., Rahmat, A., & Widodo, T. (2020). Problematika pendidikan dasar di daerah pedesaan. Jurnal Kajian Pendidikan, 18(1), 45–56.
Suwandi, M. F., & Permatasari, C. L. (2021). Strategi Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 55–64.
Suwandi, S., Munandar, A., & Ningsih, F. (2021). Keterbatasan infrastruktur pendidikan di desa dan dampaknya terhadap mutu pembelajaran. Jurnal Administrasi Pendidikan, 7(2), 67–75.
Verawati, N., Putri, H., & Santosa, D. (2019). Penggunaan Android dalam dunia pendidikan: Peluang dan tantangan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 105–117.
Wang, S., Liu, Y., & Zhang, H. (2022). Teachers’ TPACK and its role in integrating mobile learning in remote schools. Journal of Digital Education, 14(1), 63–78.
Zahro Mufida, A., Lestari, D., & Wijaya, H. (2023). Kesiapan guru dalam menggunakan media digital di daerah tertinggal: Studi kasus di NTB. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(2), 67–79.
Zulkarnain, S., Hafsah, N., & Ramadhani, T. (2016). Strategi pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi di sekolah perdesaan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 99–110.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: