Strategi Efektif Manajemen Waktu bagi Mahasiswa untuk Meningkatkan Produktivitas Akademik

Tri Winarsi, Ibrahim Ibrahim

Abstract


Abstract: Time management is the process of planning and controlling the use of time to be more effective, efficient, and productive. This study aims to analyze effective time management strategies in improving students' academic productivity. Using a qualitative descriptive approach, this study explores students' practices, experiences, and perceptions of time management in the context of academic activities. Data were collected through in-depth interviews, participatory observation, and document analysis from students across various academic programs and semester levels, selected purposefully based on academic performance and engagement criteria. The findings reveal that strategies such as the Pomodoro Technique, time blocking, and priority list creation significantly contribute to enhancing focus, work effectiveness, and study discipline among students. These findings also indicate that the success of these strategies heavily depends on intrinsic motivation, self-awareness, and the ability to manage digital distractions and academic pressure. The implications of this research emphasize the importance of integrating time management literacy into a sustainable academic development system for students. Further research is recommended to develop technology-based interventions and conduct longitudinal studies to evaluate the long-term impact of these strategies on academic performance and mental well-being among students.

Abstrak: Manajemen waktu adalah proses perencanaan dan pengendalian penggunaan waktu agar lebih efektif, efisien, dan produktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi manajemen waktu yang efektif dalam meningkatkan produktivitas akademik mahasiswa. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini menggali praktik, pengalaman, dan persepsi mahasiswa terkait pengelolaan waktu dalam konteks kegiatan akademik. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi terhadap mahasiswa dari berbagai program studi dan tingkat semester, yang dipilih secara purposive berdasarkan kriteria prestasi dan keterlibatan akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi seperti teknik Pomodoro, time-blocking, dan penyusunan daftar prioritas berkontribusi signifikan dalam meningkatkan fokus, efektivitas kerja, serta disiplin belajar mahasiswa. Temuan ini juga mengindikasikan bahwa keberhasilan strategi sangat bergantung pada motivasi intrinsik, kesadaran diri, serta kemampuan mengelola distraksi digital dan tekanan akademik. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya integrasi literasi manajemen waktu dalam sistem pengembangan akademik mahasiswa secara berkelanjutan. Penelitian lanjutan disarankan untuk mengembangkan intervensi berbasis teknologi dan melakukan studi longitudinal guna mengevaluasi dampak jangka panjang strategi tersebut terhadap performa akademik dan kesejahteraan mental mahasiswa.


Keywords


Time management, Academic productivity, Students, Learning strategies, Qualitative apporoach5.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Adolph, R. (2016). Keterampilan Manajemen.

Akilah, F. (2017). “Manajemen Perencanaan Sumber Daya Manusia di Bidang Pendidikan. In Jurnal Kependidikan: Vol. Vol. 11 No (Issue 4).

Aziz, A., & Zakir, S. (2022). Indonesian Research Journal on Education : Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(3), 1030–1037.

Aziz, F., Buang, A., Ishak, P., Nuralisa, R., Abasa, S., & Nasir, N. (2024). Hybrid Pelatihan Pengembangan Soft Skills dan Hard Skills. 4(2), 158–165.

Barr, F. D., & Harta, I. (2016). Analisis Manajemen Waktu Organisasi dan Kuliah Aktivis Mahasiswa Analisis Manajemen Waktu Organisasi dan Kuliah Aktivis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2009, 280–286.

Cao, Y., Gao, J., Lian, D., Rong, Z., Shi, J., Wang, Q., Wu, Y., Yao, H., & Zhou, T. (2018). Orderliness predicts academic performance: Behavioural analysis on campus lifestyle. Journal of the Royal Society Interface, 15(146). https://doi.org/10.1098/rsif.2018.0210

Delivery, C. O., & Kunci, K. (2025). Strategi Coping Mahasiswa Semester Akhir dalam Menghadapi Stres Akademik: Studi Kasus di Universitas Pendidikan Indonesia The. 4(3), 173–178.

Fayyaza, A. R., Al-jannah, H. H., Chairina, N. A., & Alyannisa, N. S. (2025). Analisis Faktor Akademis yang Memengaruhi Tingkat Kesejahteraan Psikologis Mahasiswa. 4, 1–11.

Hanifah, S., & Bakar, M. Y. A. (2024). Konsep Pendidikan Karakter dalam Pemikiran Ibnu Miskawaih : Implementasi pada Pendidikan Modern. Journal of Education Research, 0738(4), 5989–6000.

Herianto, A., Nurjannah, N., Mahsup, M., Muhardini, S., Ibrahim, I., & Fitriani, E. (2021). Efforts to Improve Activeness and Learning Outcomes of Integrated Social Sciences Through Time Token Type Cooperative Learning Model. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(3), 719. https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.2626

Mahsup, M., Ibrahim, I., Muhardini, S., Nurjannah, N., & Fitriani, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 609. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2673

Mardelina, E., & Muhson, A. (2017). Mahasiswa Bekerja Dan Dampaknya Pada Aktivitas Belajar Dan Prestasi Akademik. Jurnal Economia, 13(2), 201. https://doi.org/10.21831/economia.v13i2.13239

Perdana, K. I., & Wijaya, H. E. (2021). Regulasi Diri dalam Belajar Sebagai Prediktor Resiliensi Akademik Mahasiswa yang Sedang Menyusun Skripsi. Psycho Idea, 19(2), 186. https://doi.org/10.30595/psychoidea.v19i2.10711

Pokhrel, S. (2024a). Analisis Keterkaitan Kesehatan Mental dan Stres Akademik Mahasiswa. Αγαη, 15(1), 37–48.

Pokhrel, S. (2024b). Efektifitas Penerapan Teknik Pomodoro Pada Mata Pelajaran PAI Uuntuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 3 Parepare. Αγαη, 15(1), 37–48.

Prasetya, M. H. A., & Alkadri Kusalendra Siharis. (2023). Pengaruh Motivasi Kerja, Manajemen Waktu, Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Perkerja Paruh Waktu Yang Berstatus Mahasiswa Di Magelang. Jurnal Ekonomi Kreatif Dan Manajemen Bisnis Digital, 1(3), 403–413. https://doi.org/10.55047/jekombital.v1i3.356

Pratama, I. G. (2024). Kunci Sukses Pembelajaran Efektif : Tinjauan Systematic Literature Review Memahami Hubungan. Psycho Aksara, 2(1), 73–79.

Salim, F., & Fakhrurrozi, M. (2020). Academic Self-Efficacy and Resilience on Undergraduate Students. Jurnal Psikologi, 16 No 2, 175–187. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/psikologi/article/view/9718/pdf

Salsabila, N. N., Aprilia, A., Wahyuningtyas, A., Moch, U., & Jember, S. (2024). “ Prokrastinasi Akademik Pada Generasi Strawberry : Pendekatan Solutif Melalui Self Regulated Learning ” Korespondensi : Journal of Educational and Counseling Guidance “Prokrastinasi, 22–28.

Setiawan, A. D., & Mamahit, H. C. (2020). Hubungan antara kemampuan mengelola waktu dan prokrastinasi akademik siswa kelas VIII SMP Kristoforus 1 Jelambar Tahun Ajaran 2018 / 2019. JURNAL PSIKO-EDUKASI Jurnal Pendidikan, Psikologi, Dan Konseling, 18(2), 121–136.

Ummah, M. S. (2019). Prokrastinasi Akademik. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: