Pengaruh Pengunaan Aplikasi Digital Terhadap Pertumbuhan Peserta Didik
Abstract
Abstract: This study aims to explore and synthesize various previous research findings related to the impact of digital application usage on student growth. The method employed is a Systematic Literature Review (SLR), with literature searches conducted through reputable databases such as Google Scholar, Scispace, Elicit, and Consensus. The review focused on articles published between 2015 and 2025 that met inclusion criteria, namely being nationally or internationally indexed, written in English or Indonesian, and explicitly discussing the relationship between digital applications and student development in cognitive, affective, and psychomotor domains. The findings indicate that digital applications significantly contribute to students’ holistic growth. Interactive applications such as Kahoot and Quizziz have been shown to increase students' motivation and engagement, while adaptive and collaborative applications enhance conceptual understanding and social skills. This study concludes that digital applications serve not only as technical tools but also as strategic media for promoting comprehensive student development. The study recommends the development of more contextualized educational applications and continuous professional development for teachers to optimize the use of digital technology in education.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mensintesis berbagai hasil studi terkait pengaruh penggunaan aplikasi digital terhadap pertumbuhan peserta didik. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR), dengan penelusuran artikel ilmiah pada database Google Scholar, Scispace, Elicit, dan Consensus. Proses seleksi difokuskan pada literatur yang diterbitkan dalam rentang tahun 2015 hingga 2025 dengan kriteria inklusi berupa artikel yang relevan, terindeks nasional/internasional, serta membahas keterkaitan antara aplikasi digital dan pertumbuhan peserta didik, baik secara kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Hasil kajian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi digital memberikan kontribusi signifikan terhadap perkembangan peserta didik secara holistik. Aplikasi interaktif seperti Kahoot dan Quizziz terbukti mampu meningkatkan motivasi dan keterlibatan belajar siswa, sedangkan aplikasi berbasis adaptif dan kolaboratif mendukung peningkatan pemahaman konsep serta keterampilan sosial. Penelitian ini menyimpulkan bahwa aplikasi digital bukan hanya sebagai alat bantu teknis, tetapi juga sebagai media strategis dalam mendorong pertumbuhan peserta didik secara menyeluruh. Diperlukan pengembangan aplikasi yang lebih kontekstual dan pelatihan berkelanjutan bagi guru agar pemanfaatan teknologi pendidikan dapat optimal.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Admelia, M., Farhana, N., Nurmalia, L., & Koyimah, K. (2021). Analisis Keterlibatan Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 1654. Https://Doi.Org/10.33578/Jpfkip.V10i6.8555
Agustina, M. R., Dhieni, N., & Hapidin, H. (2021). Keterlibatan Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Usia Dini Belajar Dari Rumah Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2146–2157. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V5i2.1160
Azulaidin, A. (2021). Pengaruh Pertumbuhan Penduduk Terhadap Pertumbuhan Ekonomi. Juripol, 4(1), 30–34. Https://Doi.Org/10.33395/Juripol.V4i1.10961
Dwitawati, I. (2021). Eksplorasi Tentang Aplikasi Digital Untuk Muslim. Jintech: Journal Of Information Technology, 2(2), 114–124. Https://Doi.Org/10.22373/Jintech.V2i2.1249
Elektrolit, L., & Nonelektrolit, D. A. N. (2020). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal Of Science Education), 8(1), 39–54.
Eliyanti, T., Prasetyo, T., & Mawardini, A. (2023). Analisis Keterlibatan Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 2(1), 11–19. Https://Doi.Org/10.56855/Jpsd.V2i1.208
Eza Okhy Awalia Br Nasution, Listika Putri Lestari Nasution, Minda Agustina, & Khairina Tambunan. (2023). Pertumbuhan Ekonomi Dalam Perspektif Islam. Journal Of Management And Creative Business, 1(1), 63–71. Https://Doi.Org/10.30640/Jmcbus.V1i1.484
Fajriah, A. L., Idris, A., & Nadhiroh, U. (2022). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 7(1), 1–12. Https://Doi.Org/10.38043/Jimb.V7i1.3218
Fane, A., & Sugito, S. (2019). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua, Perilaku Guru, Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 53–61. Https://Doi.Org/10.21831/Jrpm.V6i1.15246
Fuddin, M. K., Firjatullah, A. N., Hizbullah, M. A., Sya’diyah, P. A., & Erlitasari, R. N. (2023). Revolusi Perbankan Digital: Game Changer Dalam Era Digitalisasi. Al-Masraf: Jurnal Lembaga Keuangan Dan Perbankan, 8(2), 174. Https://Doi.Org/10.15548/Al-Masraf.V8i2.598
Husein, Y., Isyanto, P., & Darojatul Romli, A. (2021). Pengaruh Promosi Dan Persepsi Manfaat Terhadap Keputusan Pembelian Aplikasi Dompet Digital Ovo Pada Mahasiswa Universitas Buana Perjuangan Karawang. Journal For Management Student (Jfms), 1(1), 1–9. Https://Doi.Org/10.35706/Jfms.V1i1.5386
Ika Wahyu Ningsih, R., & Aini, N. (2021). Pengaruh Durasi Penggunaan Aerator Dan Pengaplikasian Pgpr (Plant Growth Promoting Rhizobacteria) Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Selada (Lactuca Sativa L.) Pada Hidroponik Sistem Rakit Apung. Plantropica: Journal Of Agricultural Science, 6(2), 106–114. Https://Doi.Org/10.21776/Ub.Jpt.2021.006.2.2
Lesmana, I., Suprayogi, A., Saddam, M., Busro, M. A., & Saifuddin, S. (2022). Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba. Jurnal Neraca Peradaban, 2(2), 113–122. Https://Doi.Org/10.55182/Jnp.V2i2.177
Luluk Masroatul Lailiyah, Moh. Irfan Burhani, & Prima Ayu Rizqi Mahanani. (2022). Hubungan Antara Iklim Sekolah Dengan Keterlibatan Siswa Dalam Belajar. Happiness, Journal Of Psychology And Islamic Science, 1(1), 31–38. Https://Doi.Org/10.30762/Happiness.V1i1.326
Machrizzandi, M. S., Zulmaizar, M. M., & Hildayanti, A. (2022). Persepsi Hukum Jual Beli Melalui Aplikasi E-Commerce Di Masa Pandemi Covid-19 Berdasarkan Perspektif Islam. Journal Peqguruang: Conference Series, 4(1), 472. Https://Doi.Org/10.35329/Jp.V4i1.3019
Manoppo, A. J. (2020). Keterlibatan Kognitif Pada Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Klabat. Nutrix Journal, 4(2), 51. Https://Doi.Org/10.37771/Nj.Vol4.Iss2.474
Medinawati, D. S., Melani, V., Sa’pang, M., & Harna, H. (2022). Pengaruh Media Edukasi Aplikasi “Acenting Seni” Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Cegah Stunting Sejak Dini Pada Wanita Usia Subur 20–25 Tahun. Ilmu Gizi Indonesia, 6(1), 57. Https://Doi.Org/10.35842/Ilgi.V6i1.347
Muhammad Asnadi, N., & Khudzaeva, E. (2023). Analisis Usability Aplikasi Brimo Dengan Menggunakan Metode Kuesioner Dan Model Delone & Mclean. Jurnal Perangkat Lunak, 5(2), 187–199. Https://Doi.Org/10.32520/Jupel.V5i2.2625
Mutiara, T., & Kusumawardhani, D. (2020). Hubungan Intensitas Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dengan Keterlibatan Belajar Mahasiswa Generasi Z. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(2), 192–201. Https://Doi.Org/10.17977/Um039v5i22020p192
Nasekhah, D., & Fauzan, M. (2022). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Ketertarikan Individual Terhadap Keterlibatan Siswa Belajar Dimoderasi Dukungan Orang Tua Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 11(1), 1. Https://Doi.Org/10.24036/Jbmp.V11i1.115931
Nasution, E. Y., Hariani, P., Hasibuan, L. S., & Pradita, W. (2020). Perkembangan Transaksi Bisnis E-Commerce Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia. Jesya, 3(2), 506–519. Https://Doi.Org/10.36778/Jesya.V3i2.227
Nazar, M., Zulfadli, Z., Oktarina, A., & Puspita, K. (2020). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Untuk Membantu Mahasiswa Dalam Mempelajari Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 39–54. Https://Doi.Org/10.24815/Jpsi.V8i1.16047
Permana, M. D. C., Iqbal, M., Dewi, S., & Firmansyah, A. (2023). Labaku: Aplikasi Pelaporan Keuangan Umkm Terintegrasi. Akuntansiku, 2(4), 165–192. Https://Doi.Org/10.54957/Akuntansiku.V2i4.555
Pulungan, A. B. (2020). Auxology, Kurva Pertumbuhan, Antropometri, Dan Pemantauan Pertumbuhan. Sari Pediatri, 22(2), 123. Https://Doi.Org/10.14238/Sp22.2.2020.123-30
Raden Siti Mariam, Prasetyo, T., & Abdul Kholik. (2023). Keterlibatan Orang Tua Terhadap Disiplin Belajar Siswa Dalam Mengerjakan Tugas Di Rumah Selama Pandemi. Jurnal Penjaminan Mutu, 9(01), 24–34. Https://Doi.Org/10.25078/Jpm.V9i01.1980
Rahmatika, A. W., & Nadlir, N. (2023). Kreativitas Guru Dalam Mengembangkan Media Berbasis Digital Pada Fiqih Kurikulum Merdeka Di Mi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 763–768. Https://Doi.Org/10.51169/Ideguru.V8i3.685
Rahmawati, F., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran Ipa. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271–6279. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i6.1717
Risyanto, D., & Juandi, J. (2022). Diskriminatif Kesantunan Berbahasa Tuturan Youtuber Game Online Mobile Legend. Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 206. Https://Doi.Org/10.25157/Diksatrasia.V6i2.7808
Rudi Prasetya, Vh Valentino, Rendi Prasetya, & Ningsih, R. (2023). Tata Kelola Aplikasi Digital Dengan Penyederhanaan Togaf Adm Framework Pada Pt Sucofindo. Jurnal Manajemen Informatika Dan Sistem Informasi, 6(1), 82–90. Https://Doi.Org/10.36595/Misi.V6i1.720
Saharani, M., & Roslina, R. (2023). Pengaruh Festival Belanja Daring Terhadap Niat Beli Melalui Aplikasi Lazada Indonesia. Journal Of Economics And Business Ubs, 12(3), 1695–1706. Https://Doi.Org/10.52644/Joeb.V12i3.260
Subekti, A. T. (2023). Analisis Pengaruh Inflasi Terhadap Laju Pertumbuhan Ekonomi Di Kota Jambi. Jurnal Khazanah Intelektual, 7(2), 1750–1763. Https://Doi.Org/10.37250/Khazanah.V7i2.200
Ula, M., Yurni, I., Rosdiana, R., Erliana, C. I., & Nanda, S. A. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Web Commerce Sebagai Media Pendukung Pemasaran Produk Umkm Di Desa Uteunkot Kota Lhokseumawe. Jurnal Malikussaleh Mengabdi, 2(2), 435. Https://Doi.Org/10.29103/Jmm.V2i2.14426
Utami, Y. P., & Dewi, P. S. (2020). Model Pembelajaran Interaktif Spldv Dengan Aplikasi Rumah Belajar. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 24. Https://Doi.Org/10.33365/Jm.V2i1.572
Yovita, Y., & Purnamaningsih, I. R. (2022). Penggunaan Aplikasi Tiktok Sebagai Inovasi Pembelajaran Bahasa Inggris Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(3), 861. Https://Doi.Org/10.33578/Pjr.V6i3.8753
Yudistira, A., & Novita, D. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Arsip Digital Menggunakan Model End User Computing Satisfaction (Eucs). Jurnal Teknologi Sistem Informasi, 3(2), 176–188. Https://Doi.Org/10.35957/Jtsi.V3i2.3059
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: