Metode STEM Untuk Siswa Sekolah Dasar

Dian Fadilah, Haifaturrahmah Haifaturrahmah, Muhammad Nizar, Syafruddin Muhdar, Sukron Fujiaturrahman, Nanang Rahman

Abstract


Abstract: Twenty-first-century education demands learning that goes beyond academic content mastery by also focusing on the development of essential skills such as critical thinking, creativity, collaboration, and communication. One relevant approach to address these demands is STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) education, which integrates multiple disciplines to create contextual and meaningful learning experiences. This study aims to evaluate the impact of STEM implementation on improving learning quality at the elementary school level through a Systematic Literature Review (SLR) approach. Literature searches were conducted following the PRISMA protocol, which includes the processes of identification, selection, and synthesis of relevant scholarly articles. Sources were obtained from reputable databases such as Scopus, DOAJ, and Google Scholar, with publications ranging from 2015 to 2025. Articles were selected based on topic relevance, inclusion and exclusion criteria, and methodological rigor. The review findings indicate that STEM methods significantly contribute to the development of 21st-century skills among students, particularly in critical thinking, creativity, communication, and collaboration. Contextual and cognitively appropriate implementation of STEM has been shown to enhance active engagement and learning outcomes. However, this study also highlights several challenges that hinder effective implementation, including limited teacher pedagogical competence, insufficient supporting facilities, lack of ongoing professional training, and inadequate support from external environments such as parents and institutional policies. Therefore, adaptive, collaborative, and sustainable implementation strategies are essential to optimize the potential of STEM education in elementary schools.

Abstrak: Pendidikan abad ke-21 menuntut pembelajaran yang tidak hanya menekankan pada penguasaan konten akademik, tetapi juga pengembangan keterampilan esensial seperti berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi. Salah satu pendekatan yang dinilai relevan untuk menjawab tantangan tersebut adalah metode STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics), yang mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu untuk menciptakan pembelajaran kontekstual dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penerapan metode STEM terhadap peningkatan kualitas pembelajaran di jenjang sekolah dasar melalui pendekatan Systematic Literature Review (SLR). Penelusuran literatur dilakukan dengan mengacu pada protokol PRISMA, yang mencakup proses identifikasi, seleksi, dan sintesis terhadap artikel-artikel ilmiah yang relevan. Sumber literatur diperoleh dari database bereputasi seperti Scopus, DOAJ, dan Google Scholar, dengan kriteria tahun terbit antara 2015 hingga 2025. Artikel yang dianalisis dipilih berdasarkan kesesuaian topik, kriteria inklusi-eksklusi, serta relevansi metode dan temuan. Hasil kajian menunjukkan bahwa metode STEM memberikan dampak positif yang signifikan terhadap pengembangan keterampilan abad ke-21 siswa, khususnya dalam aspek berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi. Implementasi STEM yang bersifat kontekstual dan disesuaikan dengan perkembangan kognitif anak terbukti mampu meningkatkan keterlibatan aktif serta hasil belajar peserta didik. Namun demikian, penelitian ini juga mengidentifikasi sejumlah tantangan yang menghambat efektivitas implementasi metode ini, antara lain keterbatasan kompetensi pedagogis guru, kurangnya fasilitas pendukung, minimnya pelatihan berkelanjutan, serta lemahnya dukungan dari lingkungan eksternal seperti orang tua dan kebijakan kelembagaan. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi implementasi yang adaptif, kolaboratif, dan berkelanjutan guna mengoptimalkan potensi pendidikan STEM di sekolah dasar.


Keywords


STEM, 21st-Century Skills, Contextual Learning, Elementary Education.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Al-Hasib, J., Manajemen, :, Islam, P., Ansori, A., Awaliyah, R., & Aliffa, F. C. (2025). Analisis Kesiapan Sekolah Dalam Menerapkan Konsep Smart School. Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 15–23.

Alhayat, A., Mukhidin, M., Utami, T., & Yustikarini, R. (2023). The Relevance of the Project-Based Learning (PjBL) Learning Model with “Kurikulum Merdeka Belajar.” DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(1), 105. https://doi.org/10.20961/jdc.v7i1.69363

Anas, M., & Syarah, E. (2025). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDN 3 Tinambung. Celebes Journal of Elementary Education, 3(1), 24–35. https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/cjee/article/view/5127%0Ahttps://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/cjee/article/download/5127/2181

Angela, S. A., & Rahayu, W. (2025). Pendekatan STEM dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 7(1), 68–75.

Azizah, A., & Angelina, N. N. (2025). Efektivitas Pembelajaran Berbasis STEM dalam Meningkatkan Kreativitas dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Negeri 1 Jombang. 1(2), 32–38.

Belakang, L. (2025). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Menyambut Usia Baligh Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Di Kelas Iv Sd Negeri 34/X Lambur. 1(2), 124–136.

Diah Rusmala Dewi. (2019). Pengembangan Kurikulum Di Indonesia Dalam Menghadapi Tuntutan Abad KE-21. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.51226/assalam.v8i1.123

Fitriyah. (2021). STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics): Pembelajaran untuk Memberdayakan Keterampilan Abad ke-21. Journal of Education, 3(1). https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.76

Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh Pembelajaran Steam Berbasis Pjbl (Project-Based Learning) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Berpikir Kritis. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 10(1), 7. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.76

Hairunisa, Arif Rahman Hakim, & Nurjumiati. (2019). Studi Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Kreativitas Mahasiswa Program Studi PGSD Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 9(2). https://doi.org/10.37630/jpm.v9i2.190

Hermansyah, H. (2020). Pembelajaran IPA Berbasis STEM Berbantuan ICT dalam Meningkatkan Keterampilan Abad 21. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 129–132. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.117

Huong, L. T. T., Hong Chuyen, N. T., Thi Thu Ha, N., Duong, L. T., Minh Thai, D. T., & Kim Thu, D. T. (2022). PRIMARY TEACHERS’ READINESS OF TEACHING STEM - A STUDY AT THE NORTH MOUNTAINOUS IN VIETNAM. International Journal of Education and Social Science Research, 05(03). https://doi.org/10.37500/ijessr.2022.5318

Ilyas, S. N. (2022). Metode Percobaan Sains Sederhana dengan Kegiatan Ecoprint Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10, 506–512. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/48845%0Ahttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/download/48845/25372

Imaduddin, M., Sholikhati, S., & In’ami, M. (2021). STEM Education Research in Indonesian Elementary Schools: A Systematic Review of Project-Based Learning. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 9(2), 201. https://doi.org/10.21043/elementary.v9i2.11552

Jaffarey, N. A. (2001). Model Pembelajaran Hots Yang Adaptif Terhadap Perkembangan Kognitif Siswa Sekolah Dasar. Journal of the Pakistan Medical Association, 51(8), 266–267.

Latip, A. (2020). Minat Belajar Peserta Didik SMP Pada Pembelajaran STEM dengan Media Robot Edukasi. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 1(02), 90–96. https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i2.353

Lestari, H. D., Rahmawati, Y., & Husman, H. (2024). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Konteks STEM Pada Pembelajaran IPA Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis. Seminar Nasional Keguruan Dan Pendidikan, 1, 2024. https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/hm

Mahfudza, A., Nur, F., Siregar, A., Amarisa, Y., & Lubis, H. Z. (2023). Perhatian Orang Tua terhadap Pendidikan Anak Usia Dini di Desa Ulak Kedondong. Journal On Teacher Education, 5(2), 409–416.

Malinda, L., Rahmah, S., Ariyanto, B., & Haryadi, H. (2024). Inovasi Pembelajaran STEAM di Sekolah Dasar: Membangun Kreativitas dan Keterampilan Abad 21. Plppgsd, 1(1), 39–46. https://journal.unusida.ac.id/index.php/plppgsd/

Mariyana, N. S. A., & Usman, H. (2023). Pengembangan Bahan Ajar IPA melalui Pendekatan STEAM untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Adi Widya Pasraman. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4), 888–895. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i4.2833

Mujianto, G., Wibowo, A. P., Tinus, A., & Setiawan, A. (2025). Meningkatkan Kompetensi Guru melalui Pelatihan dan Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 1 Sumber Pucung. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(1), 943–952. https://doi.org/10.31004/jh.v5i1.2293

Muttaqiin, A. (2023). Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) pada Pembelajaran IPA Untuk Melatih Keterampilan Abad 21. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(1), 34–45. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.819

Nailinda, V., Alim, J. A., & Sekarwinahyu, M. (2025). Implementasi Pembelajaran Stem (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 5(1), 363–374. https://doi.org/10.51878/science.v5i1.4700

Nurwahidah, I. (2020). Kemampuan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru Ipa Program Studi Pendidian Ipa. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2). https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1957

Patras, Y. E., Yolanita, C., Wildan, D. A., & Fajrudin, L. (2024). Pembelajaran Berbasis STEM di Sekolah Dasar Guna Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Rangka Menyongsong Pencapaian Kompetensi Siswa Abad 21. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(2). https://doi.org/10.20961/jkc.v12i2.87662

Rahmawati, L., Juandi, D., & Nurlaelah, E. (2022). Implementasi Stem Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3). https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5490

Rochmawati, N. I., Puspita, M. A., & Yulianti, E. (2025). Tren Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini Untuk Pembelajaran Stem: Sebuah Studi Literatur Sistematis. Kumara Cendekia, 13(1), 135–148.

Rofi’ah, A. M., Shobirin, M., Fadllillah, M., Farah, N., Warti’ah, W., Kunaifi, M. H., & Wahyudi, M. F. (2024). Analisis Kesiapan Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Pertama. Journal Educatione: JurnalJurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 12–25. https://journal.univgresik.ac.id/index.php/je/article/view/136

Samara, V., & Kotsis, K. T. (2023). Primary school teachers’ perceptions of using STEM in the classroom attitudes, obstacles, and suggestions: A literature review. Contemporary Mathematics and Science Education, 4(2). https://doi.org/10.30935/conmaths/13298

Savitri, O., & Meilana, S. F. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3457

Sihombing, R. A., Muslim, M., Rahman, T., & Winarno, N. (2024). Enhancing Quality Education in Indonesia: A Literature Review of STEM-ESD Landscape Contributions. Journal of Science Learning, 7(3), 213–226. https://doi.org/10.17509/jsl.v7i3.69046

Siregar, N. C., Rosli, R., Maat, S. M., & Capraro, M. M. (2019). The Effect of Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) Program on Students’ Achievement in Mathematics: A Meta-Analysis. International Electronic Journal of Mathematics Education, 1(1). https://doi.org/10.29333/iejme/5885

Sulthon. (2024). Analisis Strategi Pembelajaran Sains Berbasis Salingtemas dalam Membangun Sikap Ilmiah Siswa: sebuah Tinjauan Literatur Sistematis. Indonesian Journal of Islamic Elementary Education, 4(2), 172–184.

Suroto, S. (2021). Penerapan Metode Stem Berbasis Proyek Untuk Meningkatan Hasil Dan Keaktifan Belajar Mata Pelajaran Sistem Kontrol Terprogram. Jurnal Edukasi Elektro, 5(2), 120–130. https://doi.org/10.21831/jee.v5i2.39412

Tiep, P. Q. (2023). Solutions to enhance primary school teachers’ Awareness of the Role of STEM in primary school. Technium Social Sciences Journal, 43. https://doi.org/10.47577/tssj.v43i1.8862

Viyanti, V., Suyatna, A., & Naj’iyah, A. L. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Strategi Pembelajaran Fisika Berbasis STEM di Era Digital Mengakomodasi Ragam Gaya Belajar dan Pengetahuan Awal. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 14(1). https://doi.org/10.37729/radiasi.v14i1.313

Yatim, M., Fitri, E., Liantori, B., Tunnisa, S., Amir, F., Universitas, P., Karya, G., & Bulian, M. (2024). Implementasi Pendekatan Stem pada Kurikulum Merdeka di SD N 215/X Bukit Tempurung Tanjung Jabung Timur. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(04).

Zainil, M., Kenedi, A. K., Suherman, D. S., Akmal, A. U., Azkiyah, N., & Wahyuni, S. (2024). Pelatihan Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Pembelajaran Digital Berbasis STEM. Majalah Ilmiah UPI YPTK, 31(2), 37–42. https://doi.org/10.35134/jmi.v31i2.164


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: