Keefektifan Media Audio Visual Berbasis Etnosains Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Abstract: This study aims to determine the effectiveness of ethnoscience-based audio-visual learning media on the learning interests of elementary school students. This type of research is Research and Development (R&D) research, ADDIE model (analysis, design, development, implementation & evaluation). The design of this study used one trial class (one group pre-test and post-test design), with the field trial sample being class IV B students at SDN 2 Sape, Bima Regency. The results of ethnoscience-based audio-visual media research showed effectiveness in the media through post-test and pre-test questionnaires with an average score on the post test of 63.48 and a pre-test of 39.52. Based on the calculation formula of the N-Gain test, it is obtained that for N-Gain the score obtains a value of 0.83 which belongs to the high category then multiplied by 68 percent which is included in the effective category.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran audio visual berbasis etnosains terhadap minat belajar siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D), model ADDIE (analysis, design, development, implementation & evaluation). Desain penelitian ini menggunakan satu kelas uji coba (one group pre-test and post-tes design), dengan sampel uji coba lapangannya adalah siswa kelas IV B di SDN 2 Sape, Kabupaten Bima. Adapun hasil dari penelitian media audio visual berbasis etnosains menunjukan keefektifan pada media melalui angket posttest dan pretest dengan rata-rata nilai pada posttest 63,48 dan pretest 39,52. Berdasarkan rumus perhitungan uji N-Gain diperoleh bahwa Untuk N-Gain skor memperoleh nilai 0,83 yang termasuk dalam kategori tinggi kemudian dikalikan 68 persen yang termasuk dalam kategorik efektif.
Keywords
References
Kemampuan Kognitif Siswa Melalui Penggunaan Video Pembelajaran. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 4(1), 27–31.
Agustien, R., Umamah, N., & Sumarno, S. (2018). Pengembangan media pembelajaran video animasi dua dimensi situs Pekauman di Bondowoso dengan model ADDIE mata pelajaran Sejarah kelas X IPS. Jurnal Edukasi, 5(1), 19–23.
Andrean, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Wayang Kartun Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Di SD/MI Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.
Darmayanti, N. W. S., Wijaya, I. K. M. W. B., & Haifaturrahmah, H. (2021). Analisis Motivasi Belajar Siswa SD Bidang Studi IPA Di Tengah Pandemi Covid-19 Melalui Praktikum Berorientasikan Lingkungan Sekitar Rumah. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 139–143.
Gani, A. A., & Saddam, S. (2020). Pembelajaran Interaktif Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Mobile Learning di Era Industri 4.0. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 36–42.
Haifaturrahmah, H., Hidayatullah, R., Mariyati, Y., Mus, A. H., Bilal, A. I., & Muttaqien, Z. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Diorama Sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. JCES (Journal of Character Education Society), 3(2), 227–234.
Haifaturrahmah, H., Hidayatullah, R., Maryani, S., Nurmiwati, N., & Azizah, A. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis STEAM untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 310–318.
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’: Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152.
Nizaar, M., Haifaturrahmah, H., & Maryati, Y. (2020). Science Learning through YouTube Channell. Proceeding umsurabaya.
Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan media audio visual dan alat peraga dalam meningkatkan pemahaman konsep dan pemecahan masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230.
Nuralita, A. (2020). Analisis penerapan model Pembelajaran berbasis etnosains dalam pembelajaran tematik SD. Mimbar Pgsd Undiksha, 8(1), 1–8.
Nurfadhillah, S., Barokah, S. F., Nur’alfiah, S., Umayyah, N., & Yanti, A. A. (2021). Pengembangan media audio visual pada pembelajaran matematika di kelas 1 mi al hikmah 1 sepatan. PENSA, 3(1), 149–165.
Purwono, J. (2014). Penggunaan media audio-visual pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2).
Rahmi, D. A., & Rosdiana, L. (2018). Peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media science story berbasis etnosains. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 6(02).
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar metodologi penelitian. literasi media publishing.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Alfabeta.
Widyaningrum, R. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Etnosains Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA Dan Menanamkan Nilai Kearifan Lokal Siswa Sekolah Dasar. Widya Wacana: Jurnal Ilmiah, 13(2).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: