HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN DIRI DENGAN SIKAP SALING MENGHARGAI SISWA KELAS VIII SMP

Rahmat Adi Wirawan, Muh. Zainurrah Rahman

Abstract


Masa remaja merupakan masa dimana terjadi pertumbuhan dan perkembangan fisik maupun psikologis seorang remaja. Perubahan-perubahan fisik yang terjadi tersebut merupakan gejala primer dalam pertumbuhan remaja, sedangkan perubahan psikologis muncul sebagai akibat dari perubahan-perubahan fisik tersebut. Remaja juga masih labil dan mudah terpengaruh oleh lingkungan disekitarnya. Pemahaman diri dasarnya merupakan pemahaman keseluruhan kepribadiannya dengan segala latar belakang dan interaksinya dengan lingkungannya, dapat mengenal dan mengetahui kelebihan dan kekurangan apa yang dimiliki setiap individu. Sedanghkan Sikap saling menghargai adalah sikap toleransi sesama umat manusia sebagai hal yang wajar dan tidak melanggar hak asasi manusia lainnya, dimana seseorang menganggap keberadaan orang lain sebagai bagian dari lingkungan, sama seperti dirinya, tidak saling bermusuhan atau merugikan antara sesama manusia lain. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Untuk mengetahui adanya hubungan antara pemahaman diri dengan sikap saling menghargai siswa kelas VIII SMPN 4 Praya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket sebagai metode pokok, adapun metode dokumentasi, metode wawancara dan metode observasi yaitu sebagai metode pendukung. Untuk menganalisis data menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian yaitu nilai rxy yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 0,582, sedangkan nilai rxy dalam tabel dengan taraf signifikansi 5% dengan N = 80 adalah 0,232. Kenyataan ini menunjukkan bahwa nilai rxy yang diperoleh dalam penelitian ini adalah lebih besar dari pada nilai rxy tabel. Maka dapatdikemukakan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi kesimpulan analisis dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Ada hubungan antara Pemahaman Diri dengan Sikap Saling Menghargai Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Praya Tahuan Pelajaran 2016-2017, artinya hasil penelitian ini adalah “Signifikan”.

Keywords


Pemahan Diri, Sikap Saling Menghargai

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Perosedur Penelitin.Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2002. Perosedur Penelitian: PT Rineka Cipta.

Bem. 1967. Pisikologi Umum: CV Pustaka Setia.

Cattell. 2009. Keperibadian Menetukan perilaku Individu, Penerjemah Alex Subur. Pisikologi Umum. Bandung: CV Pustaka Setia

De Vito. 2009. Pisikologi Umum. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hamid, Darmadi. 2011. Metode penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabet

James. (1902, dalam Jersild, 1954). Pisikologi Umum. Bandung: CV Pustaka Setia.

Maclver, R. M dan Charles, H.page. 2016. Sosiologi pendidikan. Malang: Madani.

Maksum, Ali. 2016. Sosiologi Pendidikan. Malang: Madani.

Mardalis. 2014. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Margono, S.2005. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Maryati. 2013. Metodelogi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Rakhmat. 2009. Pisikologi Umum. Bandun: CV Pustaka Setia.

Shelley, dkk., 2009. Pisikologi Sosial, Jakarta: Kencana Pernada Media Group.

Subur, Alex. 2013. Pisikologi Umum. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung:Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung:Alfabeta

Surakhmad. 1998. Metode Penelitian. Bandung: CV Pustaka Setia.

Wirawan, Sarlito. 2004. Teoro-Teori Pisikologi Sosial. PT Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.31764/geography.v6i2.1417

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




GEOGRAPHY : Jurnal Kajian Penelitian & Pengembangan Pendidikan
Email: [email protected] | p-ISSN 2339-2835 | e-ISSN 2614-5529

 EDITORIAL OFFICE: