PENGARUH KUNJUNGAN WISATAWAN TERHADAP PENDAPATAN PENGUSAHA KERAJINAN ANYAMAN BAMBU DI DESA LOYOK KECAMATAN SIKUR KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Khosiah Khosiah, Ibrahim Ibrahim, Zedi Muttaqien

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kunjungan wisatawan terhadap pendapatan pengusaha kerajinan anyaman bambu didesa Loyok Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok.

                Sesuai dengan informasi yang di butuhkan, yaitu mengenai pengaruh kunjungan wisatawan terhadap pendapatan pengusaha kerajinan anyaman bambu di Desa Loyok Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur, maka pendekatan yang dipilih dalam penelitian ini adalah pendekatan Kuantitatif adalah kajian terhadap sejumlah orang dalam kawasannya sendiri dan yang berhubungan erat dengan orang-orang tersebut.

                Dalam penelitian kuantitatif ini, Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode statistik, yaitu melalui penggunaan rumus statistik. Adapun rumus yang digunakan adalah rumus Product Momen.

 

Pengambilan data dengan cara memberikan kuesioner yang pertanyaannya telah disediakan 30 soal dengan 2 option yaitu option a dan b, dengan ketentuan option Y berarti berpengaruh dan bernilai 2 dan option T berarti tidak berpengaruh dan bernilai 1.

Hasil penelitian ini adalah volume kunjungan wisatawan yang datang berkunjung ke wilayah Desa Loyok sangat mempengaruhi tingkat pendapatan para pengerajin anyaman bambu atau dengan kata lain disimpulkan bahwa volume kunjungan wisatawan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pendapatan para pengerajin anyaman bambu yang ada didesa Loyok Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur. Hal ini diperkuat dengan cara pengolahan data menggunakan rumus Product Momen dengan nilai korelasi (r) = -1, yang artinya ada keterkaitan antara pengusaha dengan kunjungan wisatawan di Desa Loyok Kecamatan Sikur dan berhungan sempurna negatif.

Keywords


Wisatawan, pendapatan dan Anyaman Bambu.

Full Text:

Untitled

References


Alma, B. Wisata dan Budaya Alam Indonesia. Bandung : CV. Prima Citra

Arikunto, S. 1989. Metode Penelitian.Bandung : Angkasa

Hadi, S. 1997. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta : Raja Grapindo Persada.

Harianto. 2007. Seni Budaya Untuk SMA & MA. Bandung : CV Wacana Prima

Juwariah, 2006. Kerajinan Gerabah di Desa Banyu Mulek Suatu Tinjauan Sosial, Ekonomi dan Budaya. Skripsi : Universitas Muhammadiyah Mataram.

Margono. 1997. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta Rineka Cipta.

Margono. 2000. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta Rineka Cipta

Moleong, J. 1996. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : PT. IMTIMA

Normies. 1992. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Sudjana, N. 1989. Metodelogi Penelitian Pendidikan Jakarta : Raja Grapindo Persada

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA

Sutarno. 2006. Ekonomi Untuk SMA Kelas XI. Jakarta : Tiga Serangkai

Bungin, M. Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Creswell, John W., Vicki L. Plano Clark. 2007. Designing and Conducting Mixed Methods Research.Thousand Oaks: SAGE Publications

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi (ed.). 1989. Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3S

Yunus, Hadi Sabari. 2010. Metodologi Penelitian Wilayah Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.31764/historis.v4i2.1455

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ALAMAT REDAKSI:
Program Studi Pendidikan Sejarah
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Universitas Muhammadiyah Mataram