MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI MADARASAH TERPENCIL (STUDI KASUS DI MI RIYADUL FALAH AIKPERAPA, AIKMEL, LOMBOK TIMUR)

M. Musfiatul Wardi M. Musfiatul Wardi M. Musfiatul Wardi

Abstract


Tulisan ini bertujuan mengetahui Manajemen Pembelajaran pada madrasah pinggiran/terpencil yakni  MI  Riyadul Falah Aikprapa yang dilihat dari segi perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitataif dengan pendekatan studi kasus. Subyek dari penelitian ini adalah para pelaksana pengelolaan pembelajaran di madarasah yaitu kepala madarasah dan guru. Data dari penelitian ini diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan  dokumentasi, yang kemudian dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan teknik analisis Interaktif (Model Huberman).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pembelajaran yang ada d MI RF terdiri dari beberapa tahap, yaitu : (1) perencanaan pembelajaran dimulai dengan perumusan program madarasah, penyusunan RAPBM. Perencanaan pembelajaran disusun dengan membuat silabus berdasarkan standar isi dan penyusunan RPP, dengan melihat silabus dan RPP yang dibuat oleh madarasah lain, hal ini dilakukan karena keterbatasan yang dimiliki oleh MI  Riyadul Falah. Penyusaian silabus dan RPP yang diambil dari madarasah lain dilakukan oleh setiap guru; (2) pelaksanaan pembelajaran belum berjalan dengan baik, karena kegiatan belajar mengajar belum efektif karena guru sering terlambat bahkan tidak masuk disebabkan oleh faktor geografis yang jauh serta kesibukan guru yang tidak hanya mengajar di MI, tapi di keseluruhan lembaga pendidikan yang bernaung di Yayasan Riyadul Falah Aikperapa dan kesibukan guru yang  memenuhi kebutuhan ekonomi di luar. Kendala yang lain juga,  siswa siswa tidak masuk karena persoalan jarak tempuh madarasah dari salah satu dusun jauh, harus melewati tengah hutan sebagai jalan pintas menuju madarasah. Selain itu, siswa di ajak oleh orang tua ikut ke ladang.(3) pengawasan pembelajaran pembelajaran telah dilakuan oleh kepala madarsah dan guru baik di kelas maupun di luar kelas. Evaluasi hasil belajar siswa telah dilaksanakan oleh guru untuk mengetahui tingkat ketuntasan pencapaian komptensi dasar siswa di MI. penilaian hasil belajar siswa dilaksanakan setiap akhir kompetensi dasar selsai, sesuai dengan beberapa indikator yang telah dibahas dengan mengacu kepada nilai-nilai kriteria ketuntasan minimum (KKM).

Keywords


Manajemen Pembelajaran, Perencanaan, Pelaksanaan, Pengawasan dan Evaluasi

Full Text:

PDF

References


Abu-Duhou, Ibtisam, School-Based Management (terj), Jakarta : PT.Logos Wacana Ilmu, 2002.

Agama RI, Departemen, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005, Jakarta: Dirjen Pendidikan Islam,2006.

Aqib, Zaenal, Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran, Surabaya : Insan Cendikia, 2003.

Asmani, Jamal Ma’mur Manajemen Pengelolaan dan Kepemimpinan Pendidikan Profesional, Yogyakarta : Diva Press, Juni 2009.

Arikunto, Suharsimi & Lia Yuliana, Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, 2009.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : Rieneka Cipta, April 1998.

Bafadal, Ibrahim, Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar, dari Sentralisasi menuju Desentralisasi, Jakarta : Bumi Aksara, 2009.

Basri, Hasan, Filsafat Pendidikan Islam, Bandung : Pustaka Setia, 2009.

Noer Aly, Hery, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Logos, cet.II, 1999.

Darmaningtyas, Pendidikan Rusak-Rusakan, Yogyakarta : LKIS, Juli 2005.

Djmarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Rhieneka Cipta, 2006.

Fattah, Nanang, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung : Rosda Karya, April 2000.

Gintings, Abdorrakhman, Esensi Praktis Belajar & Pembelajaran,(Bandung : Humaniora, cet-4.ttp.

Hamalik, Oemar, Dasar-dasar pengembangan Kurikulum, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, Cet ke-III Mei 2009.

Hasibuan, JJ. dan Moedjiono, Proses Belajar Mengajar, Bandung : PT Remaja Rosda Karya,2008.

Harjanto, Perencanaan Pengajaran, (Jakarta : Rieneka Cipta, Sepetember 2003).

Ihsan, Hamdani dan A. Fuad Hasan, Filsafat Pendidikan Islam, Bandung : Pustaka Setia, April 2007.




DOI: https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v2i2.1048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ibtidaiy Stats

IBTIDA'IY: Teacher Education Madrasah Ibtidaiyah | p-ISSN: 2502-504X dan e-ISSN 2615-1332.

Email: ibtidaiy@ummat.ac.id| Contact: 082333380383

CURRENT INDEXING

     

         

EDITORIAL OFFICE