MEDIA PEMBELAJARAN RELEVAN DALAM PEMBELAJARAN METAMORFOSIS PADA IPAS MI/SD
Abstract
Melemahnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPAS dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu bahan atau media ajar yang digunakan guru yang hanya berpatokan dengan satu media saja untuk menunjang kegiataan pembelajaran. Yang digunakan sebagian besar guru yaitu dengan menggunakan media berupa visual atau yang bisa dilihat menggunakan mata. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca bahwa media pembelajaran IPAS sangat bervariasi dan menyenangkan untuk siswa, khususnya siswa kelas IV. Dimana mereka dapat belajar sambil bermain, sehingga membuat setiap pertemuan pembelajaran semakin mereka ingat dalam memori mereka. Peneliti menggunakan metode kualittaif deskriptif dengam model Library research/ Penelitian kepustakaan. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi. Berdasarkan Hasil Penelitian memalui pengumpulan dokumen, Media pembelajaran ynag menyenangkan dalam pembelajaran Metamorfosis pada Mapel IPAS adalah sebagai berikut : Media Visual, Media Audio Visual, Media AR, dan Media Pop Up Book sebagai penunjang Guru dalam kegiatan pembelajaran IPAS Materi Metamorfosis Mahluk Hidup yaitu hewan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adellia Rizqi Umami1, Romdanih, S. W. (2021). Penerapan Metode Pembiasaan dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis Al-Qur’an. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 468–474. file:///C:/Users/acer/AppData/Local/Temp/489-Article Text-4005-1-10-20211017.pdf
E, M. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Gairah Belajar Siswa. Indonesian Journal of Education Management Administration Review, 4(1), 175–182.
Fitri, A., Rasa, A. A., Safira, A. M., Ginanjarsari, R. R., & T.Zahroh, A. (2022). Ilmu Pengetahuan Alam Sosial untuk SD/MI Kelas III.
G, Mahesti, & H, K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran permainan monopoli Asean untuk meningkatkanhasil belajar tema 1 selamtkan mahluk hidup pada siswa kelas 6 sekolah dasar. Mimbar PGSD Undiksha.
Lauryn, M. S., Ibrohim, M., & Purnamasari, P. (2020). Aplikasi Pengenalan Hewan Bermetamorfosis dengan Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. Jurna Informatika Universitas Muhammadiyah Tangerang, November, 22–37.
Mustika, D., Ain, S. Q., & Riau, U. I. (2020). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Menggunakan Model Project Based Learning dalam Pembuatan Media IPA Berbentuk Pop Up Book. 4(4), 1167–1175.
Volume, J., Tahun, N., & Pendidikan, J. (2020). Research & Learning in Primary Education Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA. 2.
Wulandari, T & Mudinilah, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 102–118.
DOI: https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v9i1.24311
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ibtidaiy Stats
Published by: Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI incollaboration with Perkumpulan Dosen PGMI Indonesia | p-ISSN: 2502-504X dan e-ISSN 2615-1332.
Email: ibtidaiy.[email protected]| Contact: 082333380383
CURRENT INDEXING
EDITORIAL OFFICE