PENGARUH ORANG TUA SEBAGAI BURUH MIGRAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Muhammad Musfiatul Wardi Muhammad Musfiatul Wardi

Abstract


Abstrak: Keluarga adalah wadah pertama dan utama bagi pertumbuhan dan perkembangan siswa. Dilingkungan keluarga, orang tua bertanggungjawab untuk membina anak-anaknya dan sebagai penentu keberhasilan khususnya dalam pendidikan. Kendala ekonomi mengharuskan orang tua meninggalkan anak-anaknya pergi merantau, sehingga anak-anak dititip pada sanak keluarga, ataupun di sekolah sehingga, berpengaruh pada pendidikan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Prestasi Belajar Siswa Anak Buruh Migran Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Riyadul Falah Aik Perapa Aikmel Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 18 peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif yang menggambarkan secara jelas dan sistemati. Penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, menunjukkan bahwa, dari perhitungan nilai koefisien penentu (determinan) pengaruh pekerjaan orang tua sebagai buruh migran terhadap prestasi siswa 13% dan sisanya 87% ditentukan oleh variabel lain, Berdasarkan hasil perhitungan analisis data ternyata nilai “rxy”  adalah 0,746 yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara pekerjaan orang tua dengan prestasi belajar siswa. Jika dilihat dari tabel koefisien korelasi rhitung0,468. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) yang dinyatakan bahwa :“terdapat Pengaruh yang signifikan Pekerjaan orang tua sebagai buruh migran di MI Aikperapa Aikmel Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2017/2018” dinyatakan diterima.

                                                                                                                  

Abstract: Families are the first and foremost container for student growth and development. In the family, parents are responsible for fostering their children and as a defining success especially in education. Economic constraints require that parents leave their children to wander, so that children are being taken into relatives, or in schools so that they are influential in education. This research is a type of quantitative study. This study aims to determine the effect of learning achievement for migrant workers child students in Madrasah Ibtidaiyah ma'arif Riyadul Falah Aik Perapa Aikmel Year lesson 2017/2018, amounting to 18 students. The research uses a quantitative approach with a descriptive type that depicts clarity and systemati. This study used the correlation formula of product moment, indicating that, from the calculation of the value of the coefficient of the determination (determinant) influence of the work of parents as migrant workers against the achievement of 13% students and the remaining 87% 0.746 is determined by another variable, based on the results of data analysis calculation turns out the value "rxy If viewed from the table coefficient correlation rhitung0,468. Thus the alternative hypothesis (Ha) stated that: "There is a significant influence of the work of the elderly as migrant workers at MI Aikperapa Aikmel East Lombok District Lesson 2017/2018" was declared acceptable.

Keywords


Orang Tua, Buruh Migrant, Prestasi Belajar.

Full Text:

PDF

References


Al-abrasy, Athiyah.Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam. Jakarta. Bulan Bintang, 2010.

Arifin, Zaenal. Evaluasi Intruksional Prinsip Teknik Prosedur. Bandung. Rosdakarya, 2016.

Arifin.Pokok-pokok Pemikiran Tentang Bimbingan dan Penyuluhan Agama. Jakarta. Bulan Bintang, 2012.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta. PT Rineka Cipta, 2016.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta, 2013.

Arikunto.Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. PT Rineka Cipta, 2010.

Atiah.Hubungan Antar Kecerdasan Spritual dengan Penyesuaian Diri.Proposal. UMM Mataram, 2013.

Mappanyompa. Pengaruh Pendidikan Kemuhammadiyahan Terhadap Sikap Perilaku Siswa , 2019, Ibtida’iy Journal PGMI, 4 (1),17-29.

Astuti, Alfira Mulya. Statistika Penelitian. Mataram. Insan Madani Publishing, 2016.

Baharudin.Pendidikan & Psikologi Perkembangan. Jogjakarta. ArRuz Media, 2012.

D. Gunarsa. Ny Singgih.Psikologiuntuk Keluarga. Jakarta. Gunung Mulia, 2016.

Daradjat, Zakiah. Pendidiksn Islam dalam Keluarga dan Madrasah. Bandung. CV Ruhama, 1995.

Darajat Zakiah dkk.Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta. PT Bumi Aksara, 2011

Gunawan, Heri. Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung.Alfabeta, 2013.

Hamdani.Strategi Belajar Mengajar. Bandung. CV Pustaka Setia, 2011.

Hermawati.Pendidikan Keluarga Teoritis dan Praktis, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014), 26.

Hery Noer Aly & Munzier S. Watak.Pendidikan Islam. Jakarta. Fisika Agung Insani, 2003.

Ihsan, Fuad. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta. Rineka Cipta, 2015.

Kartono, Kartini. Peranan Keluarga Memandu Siswa, sari Psikologi Terapan. Jakarta. Rajawali Press, 2011.

Lestari, Sri. Psikologi Keluarga Penanaman Nilai & Penanganan Konflik dalam Keluarga. Jakarta. Kencana Prenamedia Group. 2012.

Mansur. Pendidikan Siswa Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta. Pustaka Pelajar. 2015.

Margono.Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta. PT Rineka Cipta. 2010.

Nawawi.Psikologi Pendidikan. Jakarta. Balai Pustaka, 2013.

Purwanto, Ngalim. Psikologi Pendidikan. Bandung. Remaja Rosdakarya, 1915.

Sugiyono.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta, 2013.

Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis, Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010.

Mappanyompa. Nilai Pendidikan Islam Dalam Memaknai Khalifah Study Terjemahan Tafsir Al-Misbah Melalui Kajian ,Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 2019. 10 (2), 141-146.

Sukmadinta Nana Syaodih.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Suryabrata Sumadi. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Raja Grafindo, 2013.

Tirtanegara, Sutraningsih. Siswa Supernormal dan Program Pendidikan. Jakarta. Bina Aaksara, 2014.

WS.Winkwl. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi. Jakarta. Gramedia, 2010




DOI: https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v5i1.2624

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ibtidaiy Stats

IBTIDA'IY: Teacher Education Madrasah Ibtidaiyah | p-ISSN: 2502-504X dan e-ISSN 2615-1332.

Email: ibtidaiy@ummat.ac.id| Contact: 082333380383

CURRENT INDEXING

     

         

EDITORIAL OFFICE