Analisis Implementasi Kurikulum 2013 Bagi Madrasah Ibtida’iyah Menurut Permendikbud Nomor 67 Tahun 2013
Abstract
Tulisan ini menjelaskan bermaknanya kurikulum sesuai dengan maknanya yaitu kurikulum merupakan suatu konsep pembelajaran yang bermakna karna tidak hanya terpaku pada proses belajar mengajar tentang kognitif saja dan juga tidak hanya dalam satu mata pelajaran tetapi disitu adanya penggabugan mata pelajaran dan dalam proses pembelajaran juga menyangkut kedalam tiga aspek yaitu tentang kognitif, afektif dan psikomotorik. Didalam kurikulum tematik untuk SD/MI memiliki ruang lingkup yang secara garis besar tidak berbeda dengan kurikulum-kurikulum lainnya yang selama ini telah diterapkan di sekolah-sekolah diantaranya: 1) Pendidikan agama, 2) Bahasa Indonesia, 3) Matematika, 4) Ilmu pengetahuan alam (IPA), 5) pendidikan kewarganegaraan (PKn), 6) Ilmu engetahuan osial (IPS), 7) Seni budaya dan keterampilan (SBK), 8) Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK), 9) Mutan lokal dan 10) Pengembangan diri. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum tebaru yang diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar di negara kita dewasa ini. Kurikulum 2013 bertujuan memberikan ilmu pengetahuan secara utuh kepada siswa dan tidak terpecah-pecah. Kurikulum ini menekankan pada keaktifan siswa untuk menemukan konsep pelajaran dengan guru berperan sebagai fasilitator
Keywords
Full Text:
PDFReferences
(BSNP), Badan Standar Pedoman Pendidikan. 2006. “Rangkuman Pedoman Kurikulum Satuan Pendidikan.” In Jakarta: BSNP.
A. Sulaeman. 2015. “Pengembangan Kurikulum 2013 Dalam Paradigma Pembelajaran Kontemporer.” Islamadina XIV(1): 71–95.
Ahmadi, Aneka, Aceng Ali Nurdin, Ishmahani Sobarningsih, and Asep Herry Hernawan. 2023. “Implementasi Integrasi Kurikulum 2013 Dan Merdeka Belajar DI SDIT Al Fitrah Kota Bandung.” Jurnal Visi Ilmu Pendidikan 15(1): 60. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip/article/view/54841.
Amri, Loeloek Endah Poerwati & Sofan. 2013. Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Putra Karya.
Aqodiah, Aqodiah, Baiq Ida Astini, and Niswatun Hasanah. 2023. “Teachers’ Perceptions in Educational Concepts (Study on Independent Learning Application at MIN 1 Mataram).” Syekh Nurjati International Conference on Elementary Education 1: 320. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/sicee/article/view/14626.
Aqodiah, Aqodiah, Niswatun Hasanah, and Humaira. 2023. “The Role of Scout Extracurriculars in Shaping The Character of Social Care.” MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam 15(2): 158–95. https://ejournal.uinsalatiga.ac.id/index.php/mudarrisa/article/view/404.
Bustanul Arifin, and Abdul Mu’id. 2024. “Pengembangan Kurikulum Berbasis Keterampilan Dalam Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21.” DAARUS TSAQOFAH Jurnal Pendidikan Pascasarjana Universitas Qomaruddin 1(2): 118–28. https://jurnalpasca.uqgresik.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/23.
Destrineli, Kuntarto E &. 2014. “Kajian Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Calistung Di Sekolah Dasar.” Artikel Pendidikan Universitas Jambi.
Hajar, Ibnu. 2013. Panduan Lengkap Kurikulum Tematk. Yogyakarta: Diva Press.
Hasanah, Niswatun. 2021. “The Role of Madrasah Ibtidaiyah in Building Student Characters in The Era Of The 4.0 Industrial Revolution.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 4(2): 310–19. https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/NAZHRUNA/article/view/1304.
Masitoh, Siti. 2018. “Implementasi Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013.” UIN Sunan Klijaga Yogyakarta.
Muhadjir, Prof. Dr. H. Noeng. 2016. Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Rake Sarasin.
Mulyasa, E. 2014. Pengembangan Dan Impelentasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Noviana, Otong Kurniawan & Eddy. 2017. “Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Keterampilan Sikap Dan Pengetahuan.” Jurnal Primary Vol. 6.
Pamelsari, M. Khusniati & S.D. 2014. “Penerapan Critical Review Terhadap Buku Guru Ipa Kurikulum 2013 Untuk Mengembangkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Berpendekatan Saintifik.” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Vol. 3(no 2).
Rahayu, Yuna Mumpuni. 2016. “Pengaruh Perubahan Kurikulum 2013 Terhadap Perkembangan Peserta Didik.” Jurnal Logika Vol. XVIII(No. 3).
Sardiman, Sardiman. 2015. “Menakar Posisi Sejarah Indonesia Pada Kurikulum 2013.” ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah 11(2). https://journal.uny.ac.id/index.php/istoria/article/view/7555.
Suryani, Achmad Dahlan Muchtar & Aisyah. 2019. “Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 3(2).
Turmuzi, Muhammad et al. 2022. “Literature Review: Evaluasi Keterlaksanaan Kurikulum 2013 Menggunakan Model Evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Dan Product).” Jurnal Basicedu 6(4): 7220–32. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/3428.
DOI: https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v9i2.27170
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ibtidaiy Stats
Published by: Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI incollaboration with Perkumpulan Dosen PGMI Indonesia | p-ISSN: 2502-504X dan e-ISSN 2615-1332.
Email: ibtidaiy.[email protected]| Contact: 082333380383
CURRENT INDEXING
EDITORIAL OFFICE