KURIKULUM MERDEKA: LANGKAH MENUJU PENDIDIKAN YANG BERFOKUS PADA KREATIVITAS DAN KEMANDIRIAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI

khaeruddin Said, Aqodiah Aqodiah

Abstract


Tujuan penulisan tulisan ilmiah ini adalah untuk mengetahui berkenaan dengan Kurikulum Merdeka: Langkah Menuju Pendidikan yang Berfokus pada Kreativitas dan Kemandirian di Sekolah Dasar Negeri. Kurikulum Merdeka merupakan reformasi pendidikan di Indonesia yang dirancang untuk memfasilitasi pembelajaran yang lebih fleksibel, kreatif, dan mandiri. Melalui pendekatan ini, guru dan sekolah diberi kebebasan dalam menyusun kurikulum yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa, memungkinkan proses belajar yang lebih kontekstual dan relevan. Kurikulum ini mengedepankan Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning) dan integrasi Profil Pelajar Pancasila, yang bertujuan mengembangkan keterampilan abad ke-21, seperti berpikir kritis, kreativitas, serta kemandirian. Asesmen dalam Kurikulum Merdeka juga lebih holistik, menggantikan Ujian Nasional dengan Asesmen Nasional yang mengukur kompetensi literasi, numerasi, serta karakter siswa. Meski memiliki keunggulan dalam mendorong inovasi pendidikan, tantangan seperti kesiapan guru, kesenjangan infrastruktur, dan perbedaan implementasi di berbagai daerah masih menjadi isu yang perlu diatasi. Dengan dukungan yang tepat, Kurikulum Merdeka berpotensi menciptakan generasi muda yang lebih siap menghadapi tantangan global dan memiliki karakter yang kuat serta keterampilan yang relevan.

Keywords


Kurikulum Merdeka; Pendidikan; Kreativitas; Kemandirian

Full Text:

PDF

References


Hendri, N. (2020). Merdeka Belajar: Antara Retorika dan Aplikasi. E-Tech Jurnal, 8(1).

Kountur, R. (2003). Metode Penelitian untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. PPM.

Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2016). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. PT. Remaja Rosdakarya.

Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme Jhon Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1).

Sanjaya, W. (2005). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Prenadamedia Group.

Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Kencana.

Tim Penulis Direktorat PAUD, D. & D. (2021). Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Sekretariat Jenderal Kemendisbudristek.

Zainuri, A. (2023). Manajemen Kurikulum Merdeka (Sumarto (ed.)). Buku Literasiologi (Anggota IKAPI).




DOI: https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v9i2.27704

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ibtidaiy Stats

Published by: Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI incollaboration with Perkumpulan Dosen PGMI Indonesiap-ISSN: 2502-504X dan e-ISSN 2615-1332.

Email: ibtidaiy.[email protected]| Contact: 082333380383

CURRENT INDEXING

     

         

EDITORIAL OFFICE