Analysis of Learning Diffilcuties in Algebra for Junior High School Students

Zaskiya Zaskiya, Al Kusaeri, Rosliana Siregar

Abstract


Abstract: This study is a Systematic Literature Review (SLR) analysis aimed at identifying and analyzing the learning difficulties in mathematics among junior high school students, particularly in algebra, focusing on the factors influencing these difficulties. The literature sources used were from Google Scholar with publication years ranging from 2014 to 2024. The research findings indicate that learning difficulties in mathematics among junior high school students remain a relevant issue requiring further attention. The identified factors causing these learning difficulties include internal factors such as self-efficacy and external factors such as teaching methods. This study is expected to provide deeper insights into the learning difficulties in mathematics among junior high school students and serve as a basis for the development of more effective teaching methods to address these issues.


Keywords


Mathematics Learning Difficulties, Junior High School Students, Algebra

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Abidin, Zainal dkk. Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas VII SMP Dengan Menggunakan Three Tier Test Pada Materi Aljabar.

Ahmad, Marzuki, dan Dwi Putria Nasution. 2019. “Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama melalui Pendekatan Kontekstual.” Jurnal Education and development 7(2): 103–12.

Aji, Ayu, Wedaring Tias, dan Dhoriva Urwatul Wutsqa. 2015. “Analisis Kesulitan Siswa Sma Dalam Pemecahan Masalah Matematika Kelas Xii Ipa Di Kota Yogyakarta An Analysis Of Senior High School Students’ Difficulties In Mathematics Problem Solving Based At Grade Xii Of Science Program In YogyakartA CITY.” 2(1): 28–39.

Ariawan, Rezi, dan Hayatun Nufus. 2018. “Profil Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pada Mata Kuliah Kalkulus I Ditinjau Berdasarkan Level Kemampuan Akademik.” Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika 1(1): 16–22.

Dewi, Syintia Dewi Ananta Shinta, Yenita Roza, dan M. Maimunah. 2020. “Faktor Penyebab Siswa tidak dapat Menyelesaikan Soal Materi Limit Fungsi Aljabar.” Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika 4(2): 134.

Febianti, Dwi, dan Darmawijoyo Darmawijoyo. 2023. “Pembelajaran Matematika: Potret Kompetensi Pemodelan Matematika Siswa Kelas IX pada Materi Luas Permukaan dan Volume Tabung.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 7(2): 1729–43.

Hi, Mempengart ] dkk. Analisis Faktor.Faktor PEITYEBAB YAITG.

Instrumen, Optimasi, dan T E S Pemahaman. “Bentuk Dan Operasi AljabaR.” 10(4): 713–26.

Klorina, Meicindy Jeny, dan Dadang Juandi. 2022. “Kesulitan Belajar Matematika Siswa di Indonesia Ditinjau dari Self-Efficacy: Systematic Literature Review (SLR).” Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education 7(2): 181–92.

Maharani, S., T. Nusantara, A. R. As’ari, dan A. Qohar. 2020. Computational Thinking Pemecahan Masalah di Abad Ke-21.

Mengatasi, Dalam, Kesulitan Belajar, dan Matematika Pada. 2020. Analisis peran guru.

Mulyani, Ai dkk. 2018. “Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp Pada Materi Bentuk Aljabar.” 7(2).

Mulyani, Ai, Eneng kurnia Nur Indah Indah, dan Angga Permana Satria. 2018. “Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP pada Materi Bentuk Aljabar Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 7(2): 251–62.

Nurhikmayati, Iik. 2019. “Implementasi Steam Dalam.” DidNurhikmayati, I. (2019). Implementasi Steam Dalam. Didactical Mathematics, 1(2), 41–50.actical Mathematics 1(2): 41–50.

Nurzaki Alhafiz. 2022. “Analisis Profil Gaya Belajar Siswa Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi Di Smp Negeri 23 Pekanbaru.” J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 1(8): 1913–22.

Puspita, Indah, dan Masriyah Masriyah. 2021. “Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Materi Aljabar Kelas Vii Smp Dari Perbedan Jenis Kelamin.” MATHEdunesa 10(3): 448–57.

Qoiriyah, Nur, Djoko Adi Susilo, dan Sri Hariyani. 2021. “Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Newman.” Sigma 6(2): 156.

Riasari, Diana. 2018. “Peranan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Blended Learning Terhadap Komunikasi Matematis Siswa dalam Materi Statistik Pada SMAN 1 Tapung.” Jurnal Pendidikan Tambusai 2(4): 813–20.

S, Bambang Agus, M Si, Nurita Primasatya, dan M Pd. 2018. “Artikel Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Materi Operasi Aljabar Pada Siswa Smp Kelas Vii Oleh : Dwi Ratna Yueni Dibimbing Oleh : Universitas Nusantara Pgri Kediri Surat Pernyataan Artikel Skripsi Tahun 2018.” 02(06).

Sukardi, Ernawati, Abdul Gaffar, Randy Saputra Mahmud, dan Andi Vitrah Ramadanti. 2023. “Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Bentuk Aljabar dengan Menggunakan Three Tier Test.” JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) 8(1): 123.

Syarah, Fatmah, Yenni Novita Harahap, dan Jihan Hidayah Putri. 2023. “Kesulitan Siswa Dalam Mempelajari Materi Aljabar.” Journal on Education 05(04): 16067–70.

Syifa Utami, Nadya dkk. 2023. “Pembelajaran Bentuk-Bentuk Aljabar Berlandaskan pada Teori Situasi Didaktis pada Siswa Sekolah Menengah Atas di Yayasan Graha Asuh Jabal 165 Kabupaten Bandung.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia 3(1).

Syukriani, Andi. 2013. “Model Struktural dalam Menilai Antar-Hubungan antara Faktor Internal dan Faktor Eksternal terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri di Kota Makassar.” Sainsmat 2(1): 52–64.

Tias, Ayu Aji Wedaring, dan Dhoriva Urwatul Wutsqa. 2015. “Analisis Kesulitan Siswa Sma Dalam Pemecahan Masalah Matematika Kelas Xii Ipa Di Kota Yogyakarta.” Jurnal Riset Pendidikan Matematika 2(1): 28.

Triswanto, Vega Shavira, dan Hermien Laksmiwati. 2020. “Hubungan antara Efikasi Diri dengan Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri X Porong.” Character: Jurnal Penelitian Psikologi 7(4): 79–84.

Utami, Nadya Syifa dkk. 2023. “Pembelajaran Bentuk-Bentuk Aljabar Berlandaskan pada Teori Situasi Didaktis pada Siswa Sekolah Menengah Atas di Yayasan Graha Asuh Jabal 165 Kabupaten Bandung.” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI) 3(1): 38–46.

Yuhana, Asep Nanang, dan Fadlilah Aisah Aminy. 2019a. “Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konselor dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7(1): 79.

———. 2019b. “Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konselor dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7(1): 79. d

Yuliandari, Ria Norfika. 2019. “Pengaruh kemampuan dasar Matematika terhadap hasil belajar Akuntansi mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS UIN Maliki Malang.” Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS 4(1): 23–28.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


------------------

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

Proceeding of International Seminar on Student Research in Education, Science, and Technology already indexed: