Group Discussion and Role Playing to Increase Self-Confidence in Students
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adawiah, E., & Qomariyah, S. (2023). Peran role playing dalam meningkatkan kreativitas siswa pada pembelajaran matematika kelas VII di SMPN 1 Sagaranten. Soko Guru. Diakses pada 26 Desember 2024, dari https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/sokoguru/article/view/2114
Amalia, I., Anastasya, Y. A., & Suzanna, E. (2022). Psikoedukasi upaya peningkatan self-confidence pada siswa SMKN 5 Lhokseumawe. Gotong Royong: Jurnal Pengabdian, Pemberdayaan dan Penyuluhan kepada Masyarakat, 1(2), 34–36. https://doi.org/10.51849/jp3km.v1i2.9
Ananda, R., Yuliansyah, M., & ... (2022). Efektivitas layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training dalam meningkatkan self-esteem siswa broken home di kelas XI MAN 4 Banjar. Jurnal Mahasiswa BK. Diakses pada 12 Desember 2024, dari https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR/article/view/5266
Andayani, Y. (2024). Penerapan teknik role playing sebagai upaya meningkatkan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII-I di SMP Negeri 13 Tarakan. Repository UBT. Diakses dari https://repository.ubt.ac.id/repository/UBT16-05-2024-132231.pdf
Anggraeni, S., Mutiah, A., Ardiningrum, D., & ... (2024). Role playing dalam pembelajaran drama untuk menumbuhkan rasa percaya diri siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal. Diakses pada 26 Desember 2024, dari https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/6166
Ariana, N. (2022). Penggunaan model teknik role playing melalui layanan bimbingan kelompok sebagai upaya meningkatkan pemahaman diri pada siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1. Educatif Journal of Education Research. Diakses pada 26 Desember 2024, dari http://pub.mykreatif.com/index.php/educatif/article/view/247
Arifin, M., Swastinah, T., & Ernawati, S. (2019). Layanan konseling kelompok terhadap self-confidence. Jurnal Bimbingan Konseling. Diakses pada 12 Desember 2024, dari https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/CONS/article/view/718
Aswad, H. (2019). Efektivitas pelaksanaan metode diskusi kelompok terpusat (focus group discussion) terhadap motivasi belajar IPS murid kelas V SD Negeri II Bone-Bone Kota. Pernik. Diakses pada 26 Desember 2024, dari https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/pernik/article/view/3112
Deli, F. (2023). Konseling kelompok untuk meningkatkan self-confidence warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Rutan Kelas IIB Baturaja. Repository Raden Intan. Diakses dari http://repository.radenintan.ac.id/29362/
Farid, D. (2021). Pengaruh teknik restrukturing kognitif dalam konseling kelompok terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa Bimbingan dan Konseling UNIPA Surabaya. Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Diakses pada 12 Desember 2024, dari https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_buana_pendidikan/article/view/3238
Fitriani, E., & Azhar, A. (2019). Layanan informasi berbasis focus group discussion (FGD) dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA. Diakses pada 26 Desember 2024, dari https://ojs.uma.ac.id/index.php/analitika/article/view/2552
Imro’atun, S. (2017). Keefektifan layanan konseling kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(2), 50–57. https://doi.org/10.17977/um001v2i22017p050
Imro’atun, S. (2024). Keefektifan layanan konseling kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling. Diakses pada 12 Desember 2024, dari https://citeus.um.ac.id/jkbk/vol2/iss2/13/
Kamza, M., Ibrahim, H., & Lestari, A. (2021). Pengaruh metode pembelajaran diskusi dengan tipe buzz group terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Jurnal Basicedu. Diakses pada 26 Desember 2024, dari https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1347
Kusumawati, A. R., Sa’adah, F. R., Nuraini, M. A., & Makhmudah, U. (2022). The effectiveness of group counseling in overcoming students' self-confidence problems. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 5(2), 398. https://doi.org/10.20961/shes.v5i2.59369
Malureanu, A., Panisoara, G., & Lazar, I. (2021). The relationship between self-confidence, self-efficacy, grit, usefulness, and ease of use of e-learning platforms in corporate training during the COVID-19. Sustainability. Diakses pada 12 Desember 2024, dari https://www.mdpi.com/2071-1050/13/12/6633
Nurhidayah, B. S., Wibowo, M. E., & Purwanto, E. (2022). Keefektifan konseling kelompok cognitive behavioral therapy (CBT) dengan teknik modeling simbolis dan role playing untuk meningkatkan self-confidence pada siswa. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(1), 64–69. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i1.156
Qudsiyah, U., & Pernama, A. (2022). Efikasi konseling kelompok cognitive behavior therapy dengan teknik self-instruction untuk meningkatkan kepercayaan diri. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(3), 709–716. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i3.278
Uglanova, E. (2024). Self-confidence. Encyclopedia of Quality of Life and Well-Being. Diakses pada 12 Desember 2024, dari https://doi.org/10.1007/978-3-031-17299-1_2624
Refbacks
- There are currently no refbacks.
------------------
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Proceeding of International Seminar on Student Research in Education, Science, and Technology already indexed: