Pengaruh Mengakses Dakwah Di Instagram terhadap Moralitas Remaja Di Desa Baru Semerah
Abstract
Abstrak:
Banyaknya pemuda yang yang kecanduan game online, judi online. Dari latar belakang ini peneliti tertarik untuk melihat apakah ada pengaruh antara mengakses dakwah di Instagram dan Komunikasi dakwah di lingkungan keluarga terhadap moralitas remaja di Desa Baru Semerah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksplanatori. Sampel dalam penelitian ini adalah 85 orang yang mempunyai kriteria : 1). Remaja yang berdomisili di Desa Baru Semerah. Kategori remaja adalah individu berumur 12-18 Tahun. 2). Mempunyai akun Instagram; 3).Pernah mengakses akun dakwah di Instagram. Analisis penelitian menggunakan Analisis Regresi Linear Sederhana dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menemukan Intensitas Mengakses Dakwah di Instagram (X) berpengaruh positif terhadap Moralitas Remaja di Desa Baru Semerah (Y)
Abstract:
Youths who are addicted to online games, online gambling. From this background, researchers are interested in seeing whether there is an influence between accessing da'wah on Instagram and da'wah communication in the family environment on the morality of adolescents in Baru Semerah Village. The research method used is explanatory quantitative research. The sample in this study were 85 people who had the following criteria: 1). Teenagers who live in Baru Semerah Village. The youth category is individuals aged 12-18 years. 2). Have an Instagram account; 3). Ever accessed a da'wah account on Instagram. The research analysis uses Simple Linear Regression Analysis with the help of SPSS. The results of the study found that the intensity of accessing Da'wah on Instagram (X) had a positive effect on Adolescent Morality in Baru Semerah Village (Y).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adriansyah, M. A., & Rahmi, M. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Moralitas Remaja Awal. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 1(1), 1. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v1i1.2122
ANGELIA, D. (2022). 10 Aplikasi Paling Banyak Diunduh 2021, TikTok dan Instagram Teratas. Https://Goodstats.Id/.
Azman, Z. (2021). Dakwah Bagi Generasi Milenial Melalui Media Sosial. Jurnal Khabar: Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 3(2), 193–205. https://doi.org/https://doi.org/10.37092/khabar.v3i2.350
Dewi, S. S., S, B. A. M., & Muzaki, A. (2021). Instagram Sebagai Media Dakwah di Kalangan Milenial. KPI IAIN Kediro.
Dinillah, U., & SF, A. K. (2019). Media Sosial Instagram Sebagai Media Dakwah (Analisis Isi Pada Akun @tentangislam dan @harakahislamiyah). Jurnal Kaganga : Journal of Communcation Science, 1(1), 54–55. https://doi.org/https://jurnal.uts.ac.id/index.php/KAGANGA/article/view/411/319
Effendy, O. U. (2009). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek (P. R. R. Offset (ed.)).
Fajriyah, D. A., Safrudin, I., & Kamil, P. (2017). Pola Komunikasi Dakwah Dalam Membentuk Keberagamaan Keluarga (Studi Kasus Pada Keluarga Una Djunaedi Di Majalaya). Prosiding komunikasi penyiaran islam, 3(2), 169–174. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7751
Firdaus, F. (2016). Membangun Dinamika Dan Efektivitas Dakwah Dalam Keluarga (Analisis Awal Dakwah Nabi Muhammad Saw). Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim Dan Bimbingan Rohani, 2(1), 122–135. https://doi.org/10.47435/mimbar.v2i1.266
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hurlock, E. B. (1998). Developmental Psychology Life Span Approach. Fifth Edition. Tata Mc. Graw Hill.
Iman, M. S. (2018). Dakwah Dan Moralitas Pemuda (Analisis Gerakan Dakwah Jamaah Hadrah Nurul Mustofa dalam Membentengi Moral Pemuda). Akademika, 12(01). https://doi.org/10.30736/adk.v12i01.151
Karim, A. (2016). Dakwah Melalui Media: Sebuah Tantangan Dan Peluang. AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 4(1), 157–172. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/at-tabsyir.v4i1.2911
Muqsi. (2018). Hubungan Dakwah dan Komunikasi. Jurnal Peurawi, 1(1), 2. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/jp.v1i1.2763
Muslim, M. (2018). Varian-Varian Paradigma, Pendekatan, Metode, Dan Jenis Penelitian Dalam Ilmu Komunikasi. Media Bahasa, Sastra, Dan Budaya Wahana, 1(10). https://doi.org/10.33751/wahana.v1i10.654
Mutiawati, I. (2018). Dakwah di media sosial : studi fenomenologi dakwah di Instagram. Dakwah di media sosial : studi fenomenologi dakwah di Instagram.
Ningrum, D. (2015). Kemerosotan Moral Di Kalangan Remaja: Sebuah penelitian Mengenai Parenting Styles dan Pengajaran Adab. Jurnal UNISI, 28(2), 19–20.
Nurrahmi, F., & Farabuana, P. (2020). Efektivitas Dakwah melalui Instagram. Nyimak: Journal of Communication, 4(1), 1. https://doi.org/10.31000/nyimak.v4i1.2326
Rakhmat, J. (2012). Psikologi Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya.
Rizal, Y. (2017). Perilaku Moral Remaja dalam Perspektif Budaya. JOMSIGN: Journal of Multicultural Studies in Guidance and Counseling, 1(1), 35. https://doi.org/10.17509/jomsign.v1i1.6050
Rohman, D. A. (2020). Komunikasi Dakwah Melalui Media Sosial. Tatar Pasundan : Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2). https://doi.org/10.38075/tp.v13i2.19
Rusnali, A. N. A. (2020). Media Sosial dan Dekadensi Moral Generasi Muda. Connected: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 29–37. https://doi.org/https://jpii.upri.ac.id/index.php/connected/article/view/5
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. In ke-26. PT Alfabet.
Sumadi, E. (2016). Dakwah Dan Media Sosial: Menebar Kebaikan Tanpa Diskrimasi. AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran, 4(1), 173–190. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/at-tabsyir.v1i2.2912
DOI: https://doi.org/10.31764/jail.v6i2.14260
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Rizka Azimalia, Ahmad Khairul Nuzuli, Suriyadi Suriyadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Al-I’lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Mataram.
Alamat Redaksi:
Jln. KH. Ahmad Dahlan No. 1 Pagesangan – Mataram
Telpon 085946008096 | email: [email protected]
INDEXED BY: