Strategi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Dakwah (Studi Kasus di Yayasan Baitul Maal PLN Melalui Akun Instagram @ybmpln)
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengenal dan menunjukkan Yayasan Baitul Maal (YBM) di era milenial yang berdakwah menggunakan media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi yakni penggabungan dari teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis interaktif melalui empat tahap, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk validitas data digunakan yakni melalui uji kreadibilitas data dengan cara triangulasi sumber dan teknik. Dakwah merupakan salah satu kewajiban umat muslim, mencerminkan gerakan dakwah amar ma’ruf nahi munkar. Zaman yang terus berkembang pesat dengan teknologi yang selaras dengan media komunikasi dakwah untuk sebuah Yayasan Baitul Maal. Media sosial Instagram adalah satu di antara sarana media dakwah yang sesuai pada saat ini dengan berdakwah dalam menggunakan sosial media dengan pemanfaatan fitur dan mengelola dengan fitur Instagram. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwasanya dalam proses pemanfaatan media sosial Instagram sebagai media dakwah tersebut (1) Menggunakan fitur - fitur Instagram dalam berdakwah khusunya fitur postingan foto dan video (2) dalam menyampaikan dakwahnya mengembangkan metode bil haal, bil Qalam dan bil lisan. Faktor pendukung berupa motivasi diri sendiri atas kewajiban berdakwah karena menaati Perintah Allah dan faktor penghambat dalam hal jangkauan yang kurang.
Abstract: This research aims to recognize and show preachers in the millennial era who preach using the social media Instagram. This research uses qualitative descriptive research with a case study approach. The data collection technique uses triangulation, namely combining existing data collection techniques and data sources. The data analysis technique used is interactive analysis through four stages, data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. To validate the data, the data is tested through data credibility by triangulating sources and techniques. Da'wah is one of the obligations of Muslims, reflecting the da'wah movement of amar ma'ruf nahi munkar. An era that continues to develop rapidly with technology that is in harmony with the da'wah communication media for a preacher. Instagram social media is one of the media for preaching that is suitable at this time for preaching using social media by utilizing features and managing with Instagram features. This research resulted in the conclusion that in the process of using social media Instagram as a medium for preaching, (1) Using Instagram features in preaching, especially the photo and video posting features (2) in conveying the preaching, developed the bil haal, bil Qalam and bil verbal methods. Supporting factors include self-motivation regarding the obligation to preach because of obeying Allah's Commandments, and inhibiting factors in terms of lack of outreach
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arif Rohmadi. (2016). Tips Produktif Bersosial Media. Elex Media.
Asmuni, S. (1983). Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam. Al-Ikhlas.
Denim McQuail. (2011). Teori Komunikasi Massa. Salemba Humanika.
Dewi, S. S., S, B. A. M., & Muzaki, A. (2021). Instagram Sebagai Media Dakwah di Kalangan Milenial. KPI IAIN Kediro.
Kementrian Agama Republik Indonesia. (2017). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Kemenag RI.
Krisnawati, E. (2016). Perilaku Konsumsi Media oleh Kalangan Remaja Dalam Pencarian Informasi (Studi Kasus Perilaku Remaja di Kota Salatiga dalam Penggunaan Media Dalam Perspektif Teori Ketergantungan Media). KOMUNIKATIF, 5(1).
Nawi, N. W. M., Alsagoff, S. A., Osman, M. N., & Abdullah, Z. (2020). New Media Use Among Youth in Malaysia: a Media Dependency Theory Perspective. PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(9).
Ni’matul Rohmah, N. (2020). Media Sosial Sebagai Media Alternatif Manfaat dan Pemuas Kebutuhan Informasi Masa Pandemik Global Covid 19 (Kajian Analisis Teori Uses And Gratification). Al-I’lam: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(1), 1–16. https://doi.org/10.31764
Nurrahmi, F., & Farabuana, P. (2020). Efektivitas Dakwah melalui Instagram. Nyimak: Journal of Communication, 4(1), 1. https://doi.org/10.31000/nyimak.v4i1.2326
Prof. Dr. Moh. Ali Aziz, M. A. (2019). Ilmu Dakwah: Edisi Revisi. Kencana.
Rohman, D. A. (2020). KOMUNIKASI DAKWAH MELALUI MEDIA SOSIAL. Tatar Pasundan : Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2). https://doi.org/10.38075/tp.v13i2.19
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. In ke-26. PT Alfabet.
Suparta, M. (2003). Metode Dakwah. Kencana.
Wahyu Ilaihi. (2010). Komunikasi Dakwah (Bandung: Remaja Rosdakarya. Remaja Rosdakarya.
We are Social. (2023). Social Media Users Pass The 4.5 Billion Mark. We Are Social.
DOI: https://doi.org/10.31764/jail.v7i1.19361
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Nanoe Rolin Prasetyo, Muhammad Zulkifli, Nurliya Ni'matul Rohmah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Al-I’lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Mataram.
Alamat Redaksi:
Jln. KH. Ahmad Dahlan No. 1 Pagesangan – Mataram
Telpon 085946008096 | email: [email protected]
INDEXED BY: