Peran Kader Perempuan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dalam Aktivitas Komunikasi Politik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kader perempuan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam aktivitas komunikasi politik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskripsi dengan studi kasus. Sumber data penelitian ini yaitu narasumber atau informan dan aktivitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan observasi. Penelitian ini dilakukan di Sekretariat DPD PDIP DIY yang terletak di Jl. Tentara Rakyat Mataram No. 47, Bumijo, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55231. Teknik análisis data menggunakan analisis kualitatif model Miles dan Huberman. Teknik validasi data yang digunakan yaitu teknik triangulasi data. Berdasarkan hasil dan pembahasan yang sudah diuraikan di atas maka dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas komunikasi politik dilakukan informan untuk membentuk citra positif kepada pemilih atau masyarakat. Aktivitas komunikasi politik yang dilakukan oleh informan yaitu (1) retorika politik, (2) agitasi politik, (3) Propaganda Politik, (4) lobi politik, dan (5) iklan politik. Semua aktivitas komunikasi politik tersebut dilakukan oleh kader perempuan partai PDIP DIY tanpa menjatuhkan lawan politik. Aktivitas komunikasi politik ini dilakukan oleh kader perempuan PDIP DIY untuk menunjukkan bahwa eksistensi perempuan dalam dunia politik masih dapat berkiprah.
Abstract:
This research aims to describe the role of female cadres of the Indonesian Democratic Party of Struggle, Yogyakarta Special Region (DIY) in political communication activities. This research uses a qualitative research approach with a description method using case studies. The data sources for this research are sources or informants and activities. The data collection techniques used were interviews and observation. This research was conducted at the PDIP DIY DPD Secretariat which is located on Jl. Mataram People's Army No. 47, Bumijo, District. Jetis, Yogyakarta City, Yogyakarta Special Region 55231. The data analysis technique uses the Miles and Huberman model of qualitative analysis. The data validation technique used is the data triangulation technique. Based on the results and discussion described above, in this research it can be concluded that political communication activities are carried out by informants to form a positive image to voters or the public. Political communication activities carried out by informants are (1) political rhetoric, (2) political agitation, (3) political propaganda, (4) political lobbying, and (5) political advertising. All political communication activities were carried out by female cadres of the PDIP DIY party without bringing down political opponents. This political communication activity was carried out by female PDIP DIY cadres to show that the existence of women in the world of politics can still take part.Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adeni, S., & Harahap, A. M. (2017). Komunikasi Politik dan Keterwakilan Perempuan dalam Arena Politik. Jurnal Perspektif Komunikasi, 1(2), 1–10.
Ainiyah, N. (2017). Komunikasi Politik Perempuan (Strategi Komunikasi Politik Perempuan Fatayat Sutubondo dalam Hegemoni Politik Priyayi). Jurnal Lisan Al-Hal, 11(2), 307–330.
Alfiyani, N. (2018). Media Sosial Sebagai Strategi Komunikasi Politik. Potret Pemikiran, 22(1). https://doi.org/10.30984/pp.v22i1.762
Ardianto, A., Prisanto, G. F., Irwansyah, I., Ernungtyas, N. F., & Hidayanto, S. (2020). Praktik Lobi dan Negosiasi oleh Legislator Sebagai Bentuk Komunikasi Politik. Komuniti : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 12(1), 25–39. https://doi.org/10.23917/komuniti.v12i1.10009
Arifin, A. (2011). Komunikasi Politik: Filsafat- Paradigma-Teori-Tujuan-Strategi dan Komunikasi Politik Indonesia. Graha Ilmu.
Budiatri, A. P. (2011). Perempuan Dan Politik. Jurnal Studi Politik, 1(2), 100.
Choiriyati, W., & Wiendijarti, I. (2011). Popularitas Selebriti sebagai Komoditas Politik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 128–142.
Cucu. (2020). Da’wah dan Politik: Tinjauan Komunikasi Politik Propaganda dalam Perspektif Gerakan Dakwah Nabi Saw. ICRHD: Journal of International Conference On Religion, Humanity and Development, 1(1), 63–72.
Elizabeth, M. Z. (2018). Resistensi Perempuan Parlemen: Perjuangan Menuju Kesetaraan Gender (A. Wisesa (ed.)). Pustaka LP3ES.
Fatimah, S. (2018). Kampanye sebagai Komunikasi Politik: Esensi dan Strategi dalam Pemilu. Resolusi: Jurnal Sosial Politik, 1(1), 5–16. https://doi.org/10.32699/resolusi.v1i1.154
Hasim, E. (2018). Peran Komunikai Partai Politik dalam Proses Rekruitmen Kader Perempuan pada Partai Politik di Aceh. Journal Ilmu Komunikasi, 8(3), 297–306.
Hubeis, A. V., & Sumarti, T. (2019). Strategi Komunikasi Politik Perempuan dalam Meraih Kepemimpinan Daerah. Journal of Communication Studies, 4(1), 95–113.
Jeffri, S. E. (2021). Strategi Komunikasi Politik Amran Mahmud dalam Kemenangan Pemilihan Umum Kepala Daerah Kabupaten Wajo 2019-2024. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 4(01), 65–84.
Kustiawan, W., Hafiz, A. Q., Rasyidin, K., Amelia, P., & Ketaren, S. J. (2022). Propoganda dalam Komunikasi Politik melalui Media Sosial. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 2(1), 1754–1761.
Mahsun. (2019). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Raja Grafindo Persada.
Miles, B. M., & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. UIP.
Mozefani, F., Prisanto, G. F., Ernungtyas, N. F., & Irwansyah. (2020). Retorika Politik Susilo Bambang Yudhoyono : Pendekatan Analisis Wacana Kritis. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, III(I), 45–68.
Nimmo, D. (2011). Komunikasi Politik, Komunikator, Pesan, dan Media (terjemahan). In Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.
Nurussa’adah, E. (2020). Perempuan dan Komunikasi Politik pada Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(1), 111–123.
Rabiah, S. (2016). Ragam Bahasa Indonesia dalam Komunikasi Politik. The POLITICS: Jurnal Magister Ilmu Politik Universitas Hasanuddin, 2(1), 121–131.
Ramadhani, S., Nasution, J. H., Azhari, M. I., & Kustiawan, W. (2022). Strategi Lobi dan Negosiasi dalam Proses Komunikasi Politik. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(1), 89–95. https://doi.org/10.37064/nadwah.v28i1.12255
Rush, M., & Althoff, P. (2008). Pengantar Sosiologi Politik. Rajawali Press.
Rusianti, S. G. (2022). Peran Perempuan Dalam Komunikasi Politik Partai di Kota Madiun. Journal of Social and Political Science Society, 1(1), 25–36.
Sarinastiti, N. (2019). Edukasi komunikasi politik dalam menciptakan kesadaran dan minat pemilih perempuan. Jurnal Kajian Komunikasi, 7(1), 44–58.
Sudarman, S. W. (2017). Analisis Problematika Pendidikan Matematika Berupa Soal Cerita Pada Siswa SD. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 5(2), 161. https://doi.org/10.24127/ajpm.v5i2.670
Susanto, E. H. (2013). Dinamika Komunikasi Politik dalam Pemilihan Umum. Jurnal Kajian Komunikasi, 1(2), 163–172. https://doi.org/10.24198/jkk.vol1n2.6
Sutanto, M. H. (2014). Propaganda Politik Calon Presiden Republik Indonesia 2014 -2019 (Analisis Isi Berita Kampanye Pemilihan Presiden Tahun 2014 pada Harian KOMPAS edisi 4 Juni sampai 5 Juli 2014). Jurnal Humanity, 9(2), 2014–2019.
Sutopo, H. B. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Sebelas Maret University Press.
Zakiyuddin, A. (2019). Komunikasi Politik Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantio dalam Menanggapi Rencana Pembelian 500 Pucuk Senjata Standar TNI. Academia Praja: Jurnal Ilmu Politik, Pemerintahan, Dan Administrasi Publik, 2(01), 17–28.
Zamroni, M., Indriati, A., Sahlan, M., Pembangunan, P., & Amanat, P. (2016). Selebritis Perempuan Dalam Komunikasi Politik Di Partai-Partai Islam Pada Pemilu 2014 Di Indonesia. 09, 51–69.
DOI: https://doi.org/10.31764/jail.v7i2.22565
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Alifa Laili Cahyani, Fajar Junaedi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Al-I’lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Mataram.
Alamat Redaksi:
Jln. KH. Ahmad Dahlan No. 1 Pagesangan – Mataram
Telpon 085946008096 | email: [email protected]
INDEXED BY: