Implementasi Fungsi Manajemen Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI (Majelis Ulama Indonesia) Kabupaten Langkat Dalam Pembinaan Akidah di Kecamatan Sei Bingai Kabupaten Langkat
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi fungsi manajemen pada Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI Kabupaten Langkat, terkhususnya pada fungsi perencanaan dan fungsi penggerakan. Hasil penelitian ini mengungkap temuan: (1) Kondisi Objektif Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI Kabupaten Langkat, (2) Implementasi fungsi perencanaan Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI Kabupaten Langkat dilakukan dengan: memperkirakan waktu yang tepat untuk melaksanakan kegiatan dengan menentukan sistem yang digunakan untuk menentukan sasaran dan tujuan, menetapkan dan Menyusun program, penentuan dan menetapkan jadwal waktu dan lokasi pelaksanaan, (3) Implementasi fungsi penggerakan pada Komisi Dakwah dan pengembangan Masyarakat MUI Kabupaten Langkat meliputi: memberikan pemahaman dasar tentang agama dan memberikan Reward serta mendapatkan konsumsi kepada yang hadir. Bimbingan yang dilakukan yaitu pemberian materi berupa ilmu islam yaitu Akidah serta juga disusuli nasihat-nasihat, (4) hasil implementasi fungsi manajemen pada Komisi Dakwah dan pengembangan Masyarakat MUI Kabupaten Langkat berupa: kegiatan menjadi tersusun dan terlaksana dengan efektif dan efesien, menumbuhkan semangat dan kenyamanan anggota, memudahkan dalam menentukan jadwal dan lokasi serta anggaran dan faktor lainnya, semua kegiatan berjalan dengan lancar.
Abstract: This research aims to find out how the management function is implemented at the Langkat Regency MUI Da'wah and Community Development Commission, especially the planning and mobilization functions. The results of this research reveal the findings: (1) Objective Conditions of the MUI District Da'wah and Community Development Commission. LangkatRegency (2) Implementation of the planning function of the MUI Da'wah and Community Development Commission,LangkatRegency Steps are carried out by: estimating the right time to carry out activities by determining the system used to determine targets and objectives, determining and compiling programs, determining and determining the time schedule and location for implementation, (3) Implementing the mobilization function at the MUI Langkat Regency Da'wah and Community Development Commission. Steps include: providing a basic understanding of religion and providing rewards and food to those present. The guidance provided is the provision of material in the form of Islamic knowledge, namely Akidah and also followed by advice, (4) the results of the implementation of management functions at the Da'wah Commission and Community Development MUI Langkat Regency District. Steps include: activities are organized and carried out effectively and efficiently, foster enthusiasm and comfort among members, make it easier to determine schedules and locations as well as budgets and other factors, all activities run smoothly
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Firmansyah, A. (2018). Pengantar Manajemen. Deepublish.
Hamzanwadi. (2023). Manajemen Dakwah dan Moderasi Beragama di Kawasan Wisata Mandalika Lombok Tengah. Mudabbir: Jurnal Manajemen Dakwah, 4(2), 142–154.
Hasanah, U. (2020). Manajemen Dakwah. KAFF Publishing.
Laili, W. A. (2021). Evaluasi Pelaksanaan Dakwah MUI Kota Medan Tahun 2016-2021. In UIN Sumatera Utara.
Mantu, R. (2018). Torang Samua Basudara”(Manajemen Dakwah Berbasis Kearifan Lokal di Kota Manado). Potret Pemikiran, 19(2).
Mingkid, E. (2015). Penggunaan media komunikasi promosi pariwisata oleh pemerintah Kota Manado. Sosiohumaniora, 17(3), 188–192.
Mulyadi, & Winarso, W. (2020). Pengantar Manajemen. UGM Press.
Mulyadi, A., Shaleh, K., & Suhendi, H. (2019). Manajemen Dakwah MUI Kecamatan Cicalengka. Prosiding Komunikasi Penyiaran Islam, 5(2), 92–98.
Mulyadi. (2015). Implementasi Organisasi. UGM Press.
Munir, M., & Ilaihi, W. (2006). Manajemen Dakwah. Kencana Publishing.
Nurlaela, L. F., Boeriswati, E., & Tajuddin, S. (2022). Gaya Bahasa Komunikasi Dakwah Dalam Ceramah Syekh Sulaiman Bin Salimullah Ar Ruhaily. BAHTERA : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 21(1), 72–93. https://doi.org/10.21009/bahtera.211.06
Paul, H., & Kenneth, B. (1988). Management of Organization Behavior (Fifth Edition). Prentice Hall.
Rahayu, M. N. I. (2022). Implementasi Fungsi Manajemen Dakwah Wasathiyah Majelis Ulama Indonesia Kota Bandar Lampung Dalam Menanggulangi Paham Radikalisme. UIN Raden Intan.
Rohmah, N. N. (2018). Peningkatan Peran Pendakwah Perempuan di Masyarakat di Desa Sananwetan Kecamatan Sananwetan Kota Blitar Analisis Teori Kelompok Bungkam (Muted Group Theory) dan Teori Feminisme. Al-I’lam: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 1(2), 17. https://doi.org/10.31764/jail.v1i2.228
Saputri, S., & B. (2018). Penggerak Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nagari Tanjung Balit Kecamatan X Koto Diatas Kabupaten Solok. Al Imam: Jurnal Manajemen Dakwah, 1(1), 1–8.
Sari, D. N. (2022). Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Majelis Ulama Indonesia Dalam Pembinaan Keagamaan Mualaf di Kecamatan Sei Bingei Kabupaten Langkat. UIN Sumatera Utara.
Sarinah, & M. (2017). Pengantar Manajemen. Deepublish.
Sudiyat, M. A., & S. (2013). Konsep dan Manajemen Dakwah Islam di Era Digital. Moderation: Journal of Islamic Studies Review, 3(1), 123–134.
Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tahir, M. (2019). Implementasi Manajemen Dakwah Pada Majelis Ulama Indonesia (MUI). Uwais Inspirasi Indonesia.
Tambunan, M. (2021). Manajemen Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Dalam Membina Akhlak Pemuda di Kota Padangsidimpuan. IAIN Padangsidimpuan.
Tohri, M., & Ardian, R. (2020). Restropeksi Sikap MUI NTB Terhadap Paham Sempalan Trans-Nasional Dalam Manajemen Dakwah. Jurnal Manajemen Dakwah, 1(1), 11–25.
DOI: https://doi.org/10.31764/jail.v7i2.22576
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 M. Salman AlFarisi, Farhan Indra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Al-I’lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Mataram.
Alamat Redaksi:
Jln. KH. Ahmad Dahlan No. 1 Pagesangan – Mataram
Telpon 085946008096 | email: [email protected]
INDEXED BY: