LGBT Elements in Children's Animation: Parents' Views on Lellobee City Farm Content on YouTube Kids
Abstract
Abstract:
This research aims to determine parents' views on the animated children's film Lellobee City Farm which contains LGBT elements on the YouTube Kids platform. The research method used is a qualitative descriptive method. Data was collected through interviews with 7 informants from different backgrounds aged 20-43 years and who had children aged 2-5 years. The results of this research indicate that parents who believe that LGBT in the animated children's film Lellobee City Farm is inappropriate because the broadcast has a negative impact because broadcasting can affect children's mindset. However, parents with a lower educational background than other informants tend not to be aware of the presence of LGBT elements in their children's broadcasts because they are unable to recognize the symbols and signs related to LGBT. Technological developments make a lot of information or content containing LGBT elements easily accessible in the media. The existence of LGBT elements that have escaped broadcast on YouTube Kids makes parents increasingly wary and reduces users' trust in the platform.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan orang tua terhadap film animasi anak Lellobee City Farm yang mengandung unsur LGBT pada platform Youtube Kids. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara terhadap 7 informan dari latar belakang yang berbeda dengan rentan usia 20-43 tahun dan memiliki anak usia 2-5 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua menganggap unsur LGBT dalam film animasi anak Lellobee City Farm merupakan hal yang tidak pantas karena tayangan tersebut berdampak negatif karena dikhawatirkan dapat berpengaruh pada pola pikir anak. Namun, orang tua dengan latar belakang pendidikan lebih rendah dibanding infoman lain cenderung tidak menyadari akan adanya unsur LGBT dalam tayangan anak tersebut karena tidak mampu mengenali simbol dan tanda yang berkaitan dengan LGBT. Perkembangan teknologi membuat banyak informasi atau konten yang memuat unsur LGBT mudah diakses di media. Adanya unsur LGBT yang lolos tayang di Youtube Kids membuat orang tua semakin waspada dan menurunkan kepercayaan pengguna terhadap platform tersebut.
Keywords
References
Alamiyah, S. S., Kusuma, A., Juwito, J., & Tranggono, D. (2021). Pergeseran Model Pendampingan Penggunaan Media Digital oleh Orangtua pada Anak di Masa Pandemi COVID-19. JCommsci-Journal Of Media and Communication Science, 4(2), 97-110. https://doi.org/10.29303/jcommsci.v4i2.120
Arsandy, Laksmi. (2015). Representasi Identitas Gay dalam Film “Cinta Yang Dirahasiakan”. Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1). FISIP Universitas Airlangga.
Debora, Ester. (2021). Analisis Tayangan Film Kartun Terhadap Perilaku Meniru Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Desa Blok 15 Kec. Gunung Meriah Kab. Aceh Singkil. Universitas Bina Bangsa Getsempena.
Fahruddin, Astini, B. N., Suwarta, I. N., & Shavina, H. R. (2022). Dampak tayangan film kartun terhadap perilaku anak usia 5-6 tahun. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education.
Hakim, Morina Kartika Santoso. (2016). Bentuk Perlindungan Hukum Terhadap Perfilman di Indonesia. E journal pada Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi, 4(8). https://doi.org/10.35796/les.v4i8.13455
Kasali, R. (2006). Manajemen Public Relation dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Grafiti. Khoirunnisa, Asti, dan Dr. Hafidz, M.Pd.I. (2023). Film Animasi Lightyear 2022 Dan
Dampaknya Terhadap Perkembangan Karakter Anak. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Mahmud, M. Dimyati. (1990). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Depdikbud.
Moleong, Lexy. (2003). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Ghalia Indonesia.
Pratiwi, Bintang, dkk. (2022). LGBT Bertopengkan Ham Yang Menjarah Karakteristik Pemuda Indonesia. Jurnal Multidisiplin Indonesia, Vol. 1 No. 3. https://doi.org/10.58344/jmi.v1i3.81
Rizal, M. (2014). Pengaruh Menonton Film 5 Cm Terhadap Motivasi Kunjungan Wisata Ke Gunung Semeru. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Telussa, S. I. (2022). Dampak tayangan televisi (film kartun) terhadap perilaku anak di desa rumah tiga kecamatan teluk ambon. Jurnal Hipotesa.
Valeza, Alsi Rizka. (2017). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Anak. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.
Weston, P. (2018). YouTube Kids App is still Showing Disturbing Videos. http://dailym.ai/2s7NG84
Wulandari H, & Kholic. (2023). Peran Orang Tua Dalam Mengawasi Tontonan Film Pada Anak. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9 (16), 375-384.
https://doi.org/10.5281/zenodo.8242517
Yusuf, A.M. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenamedia Group
DOI: https://doi.org/10.31764/jail.v8i1.26924
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 An Rezika Amalia Zulmi, Syifa Syarifah Alamiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Al-I’lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Mataram.
Alamat Redaksi:
Jln. KH. Ahmad Dahlan No. 1 Pagesangan – Mataram
Telpon 085946008096 | email: [email protected]
INDEXED BY: