Deskriptif Efektifitas Pemasaran Online Melalui Analisis Insight Akun Instagram @Instalombok_

Nurliya N.Rohmah, Waldi Supriyatno

Abstract


Abstrak:

Penelitian ini mengungkap Insight akun Instagram @instalombok_ yang dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui interaksi dan engagement followers sehingga mempengaruhi bentuk komunikasi pemasaran secara online. Ada dua permasalahan dalam penelitian ini yaitu Bagaimana analisis deskriptif insight dalam Instagram @instalombok_ sebagai acuan komunikasi pemasaran online serta bagaimana pemanfaatan media sosial Instagram digunakan sebagai media komunikasi pemasaran online yang dilakukan oleh @instalombok_. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis Deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan media sosial mampu dimanfaatkan oleh @instalombok_ sebagai media pemasaran online yang menghasilkan lebih dari 10 juta per bulan sebagai jasa endorsement. Berdasarkan hasil analisis deskriptif insight @instalombok_ didapatkan hasil bahwa followers @instalombok_ yang berjumlah 86,6ribu (per Juli 2021) memiliki impressions sebanyak 595.156 akun pada feed, dengan profile visit 7.218 per minggu, yang mana dari 89,2ribu tersebut 33% nya merupakan warga Mataram dengan usia kisaran 18-24 tahun sebanyak 49,3% dan 25-34% sebanyak 33,4%. User persona inilah yang mempengaruhi kefektifan komunikasi pemasaran secara online pada akun @instalombok_ ini..

Abstract:

This study reveals the Instagram account @instalombok_ insights which were analyzed descriptively to determine the interaction and engagement of followers so that it affects how online marketing communication forms. There are two problems in this research, namely how the descriptive analysis of insight in Instagram @instalombok_ as a reference for online marketing communications and how the use of Instagram social media is used as an online marketing communication medium carried out by @instalombok_. To answer this question, the researcher used a qualitative research method with a descriptive analysis approach. The results of the study show that social media can be used by @instalombok_ as an online marketing medium that generates more than 10 million per month as endorsement services. Based on the results of the descriptive analysis of insight @instalombok_, it was found that @instalombok_'s 86.6 thousand followers (as of July 2021) had 595,156 impressions on feed accounts, with 7,218 profile visits per week, of which 33% of the 89.2 thousand were citizens in Mataram with the age range of 18- 24 years as many as 49.3% and 25-34% as many as 33.4%. This user

 


Keywords


instagram; mediasosial; sosialmedia; insight; komunikasi pemasaran; endorsement;



DOI: https://doi.org/10.31764/jail.v5i1.7052

Refbacks



Copyright (c) 2022 Nurliya N.Rohmah, Waldi Supriyatno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Al-I’lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Mataram.

Alamat Redaksi:
Jln. KH. Ahmad Dahlan No. 1 Pagesangan – Mataram
Telpon 085946008096 | email: [email protected]

 

INDEXED BY: