SOSIALISASI SOCIAL MEDIA MARKETING UNTUK MENJADI PEMIMPIN DI ERA DIGITAL

Muhammad Wisnu Alfiansyah, L. Jatmiko Jati, Arwin Yafi Rahmatullah, Makiah Makiah, Nurul Hidayati Indra Ningsih

Abstract


ABSTRAK                                                                                     

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara Malam Manajemen Prodi Manajemen Universitas Bumigora 2024. Kegiatan ini dilaksanakan dengan landasan hasil survey yang menunjukkan bahwa mayoritas responden yang merupakan mahasiswa selama ini hanya menggunakan akun sosial medianya untuk keperluan hiburan, sehingga tim pengabdian merasa perlu untuk memberikan sosialisasi pemanfaatan sosial media lain selain sebagai aplikasi hiburan. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini yakni untuk memberikan pemahaman serta wawasan kepada mahasiswa dan Masyarakat umum tentang arti penting social media marketing di era digital dan bagaimana itu bisa menjadi kunci kesuksesan dalam bisnis. Penggunaan sosial media merupakan suatu hal yang identik akan terucap secara otomatis apabila berbicara mengenai strategi memasuki era digital. Karena banyaknya penggunaan media internet di era digital, yang mencakup berbagai platform seperti media sosial dan website. Dengan demikian, penulis membuat kesimpulan bahwa, dalam era digital ini, setiap perusahaan, komunitas, ormas, atau partai yang bergerak pada bidang apapun harus pandai menggunakan media sosial sebagai sarana promosi, memperluas eksistensi, menjalin relasi, dan menyampaikan realitas kejadian suatu organisasi kepada masyarakat umum.

 

Kata kunci: Social Media Marketing; Kepemimpinan; Digital

 

ABSTRACT

This activity is part of a series of events for the 2024 Management Study Program Management Night at Bumigora University. This activity was carried out based on survey results which showed that the majority of respondents, who were students, had only been using their social media accounts for entertainment purposes. Therefore, the community service team felt it necessary to provide information on the use of social media for purposes other than entertainment. The purpose of this activity is to provide understanding and insight to students and the general public about the importance of social media marketing in the digital age and how it can be a key to business success. The use of social media is something that is automatically mentioned when discussing strategies for entering the digital age. Due to the widespread use of the internet in the digital age, which includes various platforms such as social media and websites. Therefore, the author concludes that, in this digital era, every company, community, organization, or political party operating in any field must be skilled in using social media as a tool for promotion, expanding their presence, building relationships, and communicating the reality of an organization’s activities to the general public.

 

Keywords: Social Media Marketing; Leadership; Digital


Keywords


Social Media Marketing; Leadership; Digital

Full Text:

PDF

References


Andre, H. (2016). Iklim Organisasi : Lingkungan Kerja Manusiawi. Ilmu Komunikasi, 1–35.

Fatmawati, I. (2022). Komunikasi Organisasi Dalam Hubungannya Dengan Kepemimpinan Dan Perilaku Kerja Organisasi. Revorma: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 2(1), 39–55. https://doi.org/10.62825/revorma.v2i1.18

Murti, H. T., Puspita, V., & Ratih, P. (2021). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Manajemen Perubahan Organisasi dalam Mendukung Bisnis Berkelanjutan Pasca Covid-19 pada UMKM di Kota Bengkulu. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran Digital, 1(1), 33–41. https://doi.org/10.35912/jbpd.v1i1.450

Prima, C., Putra, E., Azhari, H., Jati, L. J., & Anggara, B. (2024). Improving Physical Fitness Through Sports Training and Forming A Healthy Food Business For Financial. 12(3), 1–7.

Purbohastuti, A. W. (2017). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi. Ekonomika, 12(2), 212–231.

Putri, A. A., Nurantika, M., Maulia, S. T., Jambi, U., Jambi -Muara, J., Bulian, K. M., 15, M., Darat, K., Jambi, L., Kota, K. M., & Jambi, J. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Generasi Milenial di Era Digital. Journal on Education, 05(04), 13666–13673.

Wenzel, R., & Van Quaquebeke, N. (2018). The Double-Edged Sword of Big Data in Organizational and Management Research. Organizational Research Methods, 21(3), 548–591. https://doi.org/10.1177/1094428117718627

Zehnder, C., Herz, H., & Bonardi, J.-P. (2017). A productive clash of cultures: Injecting economics into leadership research. The Leadership Quarterly, 28(1), 65–85. https://doi.org/10.1016/j.leaqua.2016.10.004




DOI: https://doi.org/10.31764/jce.v4i2.34060

Refbacks

  • There are currently no refbacks.