PELATIHAN PENGOLAHAN BABY CRAB KRISPI DI PROVINSI BANTEN

Mohammad Sayuti, Heny Budi Purnamasari, I Ketut Sumandiarsa, Yuliati H. Sipahutar, Simson Masengi, Niken Dharmayanti, Resmi Rumenta Siregar, Siti Zachro Nurbani, Randi Bokhi S. Salampessy, Asriani Asriani, Aef Permadi, Yudi Prasetyo Handoko, Achmad Poernomo, Rufnia Ayu Afifah, Aghitia Maulani, Nur Hidayah, Rahmat Yuliandri, Sri Siswahyuningsih, Anugerah Anugerah, M. Chotim

Abstract


Abstrak: Desa Pagedangan Ilir merupakan desa yang mempunyai potensi yang sangat besar di bidang perikanan khususnya baby crab. Perlu pemanfaatan potensi baby crab di Desa Pagedangan Ilir dengan mengolahnya untuk meningkatkan nilai tambah baby crab. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan masyarakat Desa Pagedangan Ilir dalam mengolah baby crab krispi. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan dua tahap, tahap pertama yaitu pemberian materi yang dilakukan melalui ceramah dan diskusi secara tatap muka (luring) sedangkan tahap kedua yaitu kegiatan praktik pengolahan baby crab krispi yang dilakukan secara langsung. Kegiatan pengabdian ini diikuti oleh 15 orang peserta dengan 3 (tiga) kelompok dan masing-masing kelompok terdapat 5 orang peserta, evaluasi dilakukan setelah semua kegiatan pelatihan selesai. Tahapan kegiatan ini meliputi koordinasi awal kegiatan, pembukaan, pemberian materi (teori), praktik pengolahan baby crab dan evaluasi. Hasil pengabdian menunjukkan masing-masing peserta mampu mengolah baby crab krispi, mampu membuat desain kemasan, mampu menghitung analisa usaha dan mampu membuat pemasaran produk secara digital. Kegiatan pengabdian dapat meningkatkan keterampilan masyarakat dalam mengolah baby crab krispi krispi.

Abstract: Pagedangan Ilir Village is a village that has enormous potential in the field of fisheries, especially baby crab. It is necessary to utilize the potential of baby crab in Pagedangan Ilir Village by processing it to increase the added value of baby crab. The purpose of this service activity is to improve the skills of the people of Pagedangan Ilir Village in processing crispy baby crab. Service activities are carried out in two stages, the first stage is the provision of material through lectures and discussions face-to-face (offline) while the second stage is the practice of processing baby crab crispy which is carried out directly. This service activity was attended by 15 participants with 3 (three) groups and each group had 5 participants, the evaluation was carried out after all training activities were completed. The stages of this activity include initial coordination of activities, opening, providing material (theory), baby crab processing practices and evaluation. The results of the service showed that each participant was able to process crispy baby crab, able to make packaging designs, able to calculate business analysis and able to make product marketing digitally. Service activities can improve community skills in processing crispy baby crabs.


Keywords


baby crabs; crispy; crab; training; processing.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Agustina, E. R., Mudzakir, A. K., & Yulianto, T. (2014). Analisis Distribusi Pemasaran Rajungan (Portunus pelagicus) di Desa Betahwalang Kabupaten Demak. Journal of Fisheries Resources Utilization Management and Technology, 3(3), 190–199.

Amir, M. N., & Sailan, M. (2017). Fungsi Koordinasi Aparat Pemerintah Dalam Pelaksanaan Pemerintahan dan Pembangunan pada Kantor Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo. Jurnal Tomalebbi, (1), 66-77.

Asrul, Ananda, R., & Rosnita. (2014). Evaluasi Pembelajaran (1st ed.). Citapustaka Media.

Bahtiar, R., Nuva, Anggraeni, D., & Hidayat, N. K. (2016). Economic Evaluation of Implementing Minimum Legal Size on Blue Swimming Crab Fishery in Indonesia. In Marine and Coastal Ecosystem Valuation, Institutions, and Policy in Southeast Asia (pp. 341–363). Springer Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-10-0141-3_17

Faisal, A. L. M. H., Rachman S., A., Islam, N., Nurillah, S., & Ruminah. (2021). Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Baby Crab. COMSERVA Indonesian Jurnal of Community Services and Development, 1(3), 94–99. https://doi.org/10.36418/comserva.v1i3.12

Hakim, I., Insana Salam, N., Mado, I., & Syafiuddin. (2021). Pelatihan Pengemasan Produk Kepiting Rajungan Untuk Meningkatkan Pendapatan IKM. Jurnal Dinamika Pengabdian, 7(1), 23–30.

Hidayatullah, R. P., Fitri, A., Dharma, A. P., Setiawan, E. R., Afdilla, S., Pratama, R. V., Sumayyah, U. N., Amar, R., Safira, O. P., Syahfirman, S., Lubis, D. M., & Purwati, R. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Kampung Teluk Dalam Desa Malang Rapat Dalam Pengolahan Kepiting. JPPM Kepri: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat Kepulauan Riau, 2(1), 34–44. https://doi.org/10.35961/jppmkepri.v2i1.340

Khasanah, U., Huang, W.-C., & Asmara, R. (2019). Indonesian Frozen and Processed Crab Export Performance and Competitiveness Analysis. Agricultural Social Economic Journal, 19(3), 165–171. https://doi.org/10.21776/ub.agrise.2019.019.3.5

Mahirah. (2017). Evaluasi Belajar Peserta Didik (Siswa). Jurnal Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, I(2), 257–267.

Mufreni, A. N. F. (2016). Pengaruh Desain Produk, Bentuk Kemasan dan Bahan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Teh Hijau Serbuk Tocha). Jurnal Ekonomi Manajemen, 2(2), 48–54. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem

Mukhtar, S., & Nurif, M. (2015). Peranan Packaging dalam Meningkatkan Hasil Produksi Terhadap Konsumen. Jurnal Sosial Humaniora, 8(2), 181–191.

Nariswari, S. (2022). Resep Baby Crab, Jajanan Viral Super Renyah yang Bisa dijadikan Ide Usaha. suara.com. Diakses pada 31 Oktober 2022. https://www.suara.com/lifestyle/2022/05/18/155249/resep-baby-crab-jajanan-viral-super-renyah-yang-bisa-dijadikan-ide-usaha

Qomari, R. (2008). Pengembangan Instrumen Evaluasi Domain Afektif. Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan, 13(1), 1–15.

Rahmawati, M. (2021). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Hasil Olahan Laut (UKM Kepiting) di Kota Tarakan. Jurnal Ekonomika, 12(02), 81–98.

Riniwati, H., Harahab, N., & Carla, T. Y. (2017). International Review of Management and Marketing Analysis of Indonesian Crab Export Competitiveness in International Market. International Review of Management and Marketing, 7(5), 23–27. http:www.econjournals.com

Saribanon, N., Triani, R., Wisastra, D., Aryawa, W., Sidadipraja, G., Butarbutar, J. M., Hermawan, A., Siregar, Z., & Ilmi, F. (2020). Pengembangan Potensi UKM di Kawasan Pesisir Kabupaten Tangerang (Vol. 1).

Utama, A., & Handayani, T. H. W. (2014). Model Pemberdayaan Perempuan Miskin Melalui Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Potensi Lokal di Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten. Jurnal Penelitian Humaniora, 19(2), 154–167.

Wulandari, A. (2018). Quality Control Strategy on Crab Handling Process by Using Analytical Hierarchy Process Method. Agricultural Science, 1(2), 93–103.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v6i6.10938

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mohammad Sayuti, Heny Budi Purnamasari, I Ketut Sumandiarsa, Yuliati H. Sipahutar, Simson Masengi, Niken Dharmayanti, Resmi Rumenta Siregar, Siti Zachro Nurbani, Randi Bokhi S. Salampessy, Asriani, Aef Permadi, Yudi Prasetyo Handoko, Achmad Poernomo, Ruf

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: