PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF BERBASIS PROJECT BASED LEARNING BAGI GURU IPA SMP

Ernita Vika Aulia, Wahono Widodo, Hasan Subekti, Siti Nurul Hidayati, Dyah Permata Sari

Abstract


Abstrak: Beralihnya pembelajaran daring ke luring tidak serta merta membawa perubahan yang signifikan dalam kualitas pembelajaran. Salah satu pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kebijakan sekolah tatap muka dan berpusat pada peserta didik adalah project based learning (PjBL). Masalah utama yang dihadapi para guru dalam menerapkan PjBL adalah kesulitan memilih dan membuat media pembelajaran yang praktis dan efisien. Tujuan pelatihan ini untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh para mitra (Guru IPA) dengan mengadakan pelatihan pembuatan media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis PjBL. Metode pelaksanaan untuk menyelesaikan masalah ini dibagi dalam tiga tahap, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan pelatihan dan pendampingan, serta pasca pelatihan dan pendampingan. Mitra kegiatan pelatihan ini adalah MGMP IPA SMP Kabupaten Magetan. Sasaran pelatihan adalah 55 guru mata pelajaran IPA. Indikator keberhasilan pelatihan dapat dilihat dari peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru dalam membuat media powerpoint interaktif. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa 89% guru mampu membuat media powerpoint sesuai dengan komponen-komponen yang wajib ada dalam powerpoint interaktif. Pengetahuan dan keterampilan peserta setelah pelatihan meningkat yang ditandai dengan nilai N-Gain sebesar 0,75 dengan kriteria tinggi.

Abstract: The shift from online to offline learning does not necessarily bring significant changes in the quality of learning. One learning approach that is in accordance with the face-to-face and student-centered school policy is project based learning (PjBL). The main problem faced by teachers in implementing PjBL is the difficulty of selecting and making practical and efficient learning media. The purpose of this training is to overcome the problems faced by partners (science teachers) by conducting training in making interactive powerpoint learning media based on PjBL. The implementation method for solving this problem is divided into three stages, namely the preparation stage, the implementation of training and mentoring, and post-training and mentoring. Partners of this training activity are MGMP IPA SMP Magetan Regency. The target of the training is 55 teachers of science subjects. The success indicator of the training can be seen from the increase in the knowledge and skills of teachers in making interactive powerpoint media. The results of the training show that 89% of teachers are able to make powerpoint media in accordance with the components that must exist in interactive powerpoints. The knowledge and skills of participants after the training have increased which is indicated by the N-Gain value of 0.75 with high criteria.


Keywords


Learning Media; Interactive Powerpoint; Project Based Learning.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Atmajaya, Y. T. (2021). Microsoft PowerPoint Sebagai Salah Satu Media Pembelajaran Interaktif. Pusdiklat Perpusnas. https://pusdiklat.perpusnas.go.id/berita/read/78/microsoft-powerpoint-sebagai-salah-satu-media-pembelajaran-interaktif

Chen, Y. T. (2012). Implementing an interactive powerpoint into a self-controlled learning environment. Research Journal of Applied Sciences, Engineering and Technology, 4(13), 1928–1933.

Goodman, B., & Stivers, J. (2010). Project-Based Learning Why Use It? Educational Psychology, ESPY 505, 1–8.

Hardiansyah, M. A., Ramadhan, I., Suriyanisa, S., Pratiwi, B., Kusumayanti, N., & Yeni, Y. (2021). Analisis Perubahan Sistem Pelaksanaan Pembelajaran Daring ke Luring pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP. Jurnal Basicedu, 5(6), 5840–5852. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1784

Henkel, C. K. (2010). Creating interactive learning objects with PowerPoint: Primer for lecture on the autonomic nervous system. Medical Teacher, 32(8), 355–359. https://doi.org/10.3109/0142159X.2010.490709

Hikmah, S. N., & Maskar, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Microsoft Powerpoint Pada Siswa Smp Kelas Viii Dalam Pembelajaran Koordinat Kartesius. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 15–19. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.215

Historia, F., Rahmawati, B. F., & Hadi, M. S. (2020). Penggunaan media interaktif power point dalam pembelajaran daring 1. Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 4(2), 60–67.

Indonesia, C. (2020). Survei KPAI: Guru Tak Interaktif selama Belajar dari Rumah. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200427160228-20-497716/survei-kpai-guru-tak-interaktif-selama-belajar-dari-rumah

Informatika, K. K. dan. (2022). Pemerintah Setujui PTM Terbatas 50% Bagi Daerah PPKM Level 2 Mulai 3 Februari. https://www.kominfo.go.id/content/detail/39767/pemerintah-setujui-ptm-terbatas-50-bagi-daerah-ppkm-level-2-mulai-3-februari/0/berita

Knight, E., Paroutis, S., & Heracleous, L. (2018). The power of PowerPoint: A visual perspective on meaning making in strategy. Strategic Management Journal, 39(3). https://doi.org/10.1002/smj.2727

León, S. P., & García-Martínez, I. (2021). Impact of the provision of PowerPoint slides on learning. Computers and Education, 173. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104283

Mahdiannur, M. A., Widodo, W., Subekti, H., Hidayati, S. N., & Aulia, E. V. (2021). Pelatihan Membuat Media Blended Learning Berbasis Pendekatan Saintifik Menggunakan Wakelet. JMM (Jurnal …, 5(5), 4–9. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/5314

Mayuni, K. R., Rati, N. W., & Mahadewi, L. P. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Ipa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(2), 183–193. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i2.19186

Meibauer, G., & Aagaard Nøhr, A. (2018). Teaching Experience: How to Make and Use PowerPoint-Based Interactive Simulations for Undergraduate IR Teaching. Journal of Political Science Education, 14(1), 42–62. https://doi.org/10.1080/15512169.2017.1377083

Minardi, J., & Akbar, A. S. (2020). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Power Point untuk Peningkatan Kompetensi Guru SD. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(1), 96–100.

Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324

Priyambudi, S., Setyowati, Y., & Murdani, M. H. (2021). Virtual Class Solusi Pembelajaran Daring Terpadu di Masa Pandemi Pada SMA Wijaya Putra Surabaya. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 4. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v4i0.1290

Purwanti, L., Widyaningrum, R., & Melinda, S. A. (2020). Analisis Penggunaan Media Power Point dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Materi Animalia Kelas VIII. Journal Of Biology Education, 3(2), 157. https://doi.org/10.21043/jobe.v3i2.8446

Ramadhan, I., Manisah, A., Angraini, D. A., Maulida, D., Sana, S., & Hafiza, N. (2022). Proses Perubahan Pembelajaran Siswa dari Daring ke Luring pada Saat Pandemi Covid-19 di Madrasah Tsanawiyah. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1783–1792. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2200

Reedy, G. B. (2008). PowerPoint, interactive whiteboards, and the visual culture of technology in schools. Technology, Pedagogy and Education, 17(2), 143–162. https://doi.org/10.1080/14759390802098623

Sanaky, A. . H. (2009). Media Pembelajaran. Safiria Insania Press.

Susskind, J. E. (2005). PowerPoint’s power in the classroom: Enhancing students’ self-efficacy and attitudes. Computers and Education, 45(2), 203–215. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2004.07.005

Tseng, K. H., Chang, C. C., Lou, S. J., & Chen, W. P. (2013). Attitudes towards science, technology, engineering and mathematics (STEM) in a project-based learning (PjBL) environment. International Journal of Technology and Design Education, 23(1), 87–102. https://doi.org/10.1007/s10798-011-9160-x

Wijoto, R. (2021). Pemkab Magetan Tunda Pembelajaran Tatap Muka. https://beritajatim.com/pendidikan-kesehatan/pemkab-magetan-tunda-pembelajaran-tatap-muka/

Wirangga, C., Ahda, Y., & Arsih, F. (2018). Development of Interactive Multimedia Based on Power Point at Fluid Preasure Material and Implementation in Life; for Junior High School Students. Bioeducation Journal, 2(2), 168–177. https://doi.org/10.24036/bioedu.v2i2.101

Wulandari, E. (2022). Pemanfaatan Powerpoint Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Dalam Hybrid Learning. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 26–32.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v6i6.11076

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ernita Vika Aulia, Wahono Widodo, Hasan Subekti, Siti Nurul Hidayati, Dyah Permata Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: