PENYULUHAN ARTI PENTINGNYA MERK DAGANG

Emaya Kurniawati, Aprih Santoso, Sri Yuni Widowati

Abstract


Abstrak: Tujuan PKM ini adalah memberikan penyuluhan kepada pelaku usaha di Kecamatan Cepiring tentang pentingnya suatu merk bagi hasil produksi sehingga produknya lebih dikenal pasaran  secara lebih luas. Adapun permasalahan utama pelaku usaha di Kecamatan Cepiring adalah ketidaktahuan mengenai arti pentingnya sebuah merk untuk suatu produk. Solusi yang ditawarkan kepada pelaku usaha di Kecamatan Cepiring adalah pemberian penyuluhan mekanisme legalitas izin usaha melalui merk. Luaran kegiatan yang ingin dicapai agar pelaku usaha di Kecamatan Cepiring dapat mengembangkan usaha disertai kelengkapan legalitas / merk, sehingga operasional usaha dapat berlangsung sesuai ketentuan yang ada, Hasil penyuluhan kepada pelaku usaha di Kecamatan Cepiring akan dapat menunjang kesuksesan usaha dan penyuluhan telah terlaksana dengan sukses. Hal ini terbukti dengan antusiasnya pelaku usaha di Kecamatan Cepiring mengikuti  dan berdiskusi (termasuk proses tanya jawab).

Abstract:  The purpose of this PKM is to provide counseling on the importance of a brand for the production so that the product is more widely known to the market. The main problem of SME’s at Cepiring Village is ignorance about not knowing the importance of a brand for a product. The solution offered is the provision counseling the legality mechanism of business licenses. The output of the activity to be achieved so that SME’s at Cepiring Village can develop the business accompanied by adequate legality of establishment, so that business operations can take place according to existing provisions, the results of the training can support the business success of business actors in the SME’s at Cepiring Village and have been successfully implemented. This was proven by the enthusiasm of the trainees to follow and discuss (including the question and answer process) routinely.


Keywords


Merk Dagang, Legalitas, UMKM

Full Text:

PDF

References


Amirullah. (2015). Pengantar Manajemen. MitraWacana Media, Jakarta

Ardana, Komang, Ni Wayan Mujiati, dan I Wayan Mudiartha Utama. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Choliq, Abdul. (2011). Pengantar Manajemen, Rafi Sarana Perkasa. Semarang.

Cici, S.I. (2015). Pengaruh Brand Origin, Brand ambassador dan Citra Merk terhadap Keputusan Pembelian sepatu Macbeth di sogo Surabaya. e-Jurnal Manajemen Kinerja, volume 1, nomor 2.

Devi, G. 2014. Pengaruh Brand ambassador terhadap Citra merk pada perusahaan Online Zalora. Jurnal Administrasi Bisnis, Universitas Telkom, volume 3, nomor 11.

Durianto, D. (2004). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merk. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Evelina, N. (2012). Pengaruh Citra Merk, Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkomflexi (Studi Kasus Pada Konsumen Telkomflexi di Kudus). Jurnal manajemen bisnis, 1-11

Ferrinadewi, Erna. 2008. Merek & Psikologi Konsumen. Graha Ilmu. Yogyakarta

Hasibuan, Malaayu, S.P, (2011). Manajemen : Dasar, Pengertian, dan Masalah. Edisi Revisi. Bumi Aksara. Jakarta.

Juanita, Jana. (2005). Strategic Corporate Communication dalam Proses Repositioning dan Rebranding. Jurnal Ilmu Komunikasi pada Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya, Yogyakarta. Volume 2 Nomor 2 hal 159-176

Kotler, Philip. (2010). Manajemen Pemasaran (Analisis, Perencanaan, dan Pengendalian), Terjemahan Jaka Wasana, Institut dan Pembinaan Manajemen, Jilid I, Edisi Kelima, Cetakan Ketujuh. Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1.. Erlangga. Jakarta.

S.A, Surachman. (2008). Dasar-dasar Manajemen Merk. Bayumedia Publishing. Bandung

Soehadi, A.W. 2005. Effevtice Branding. Konsep dan Aplikasi Pengembangan Merk yang Sehat dan Kuat. Quantum Bisnis dan Manajemen. Bandung

Undang-undang Nomor 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah

Wasesa. Silih Agung. (2005). Pengelolaan Merek Organisasi. Makalah pada Seminar Strategy Public Relations dalam Mengelola Reputasi dan Merk Organisasi. Juni 2005.Jakarta




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v2i1.1350

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: