PENDAMPINGAN PEMILIHAN PROGRAM STUDI PERGURUAN TINGGI NEGERI PADA SISWA SMA

Zulkaidah Nur Ahzan, Yosepha Patricia Wua Laja, Fitriani Fitriani

Abstract


Abstrak: Pemilihan program studi yang tepat merupakan salah satu faktor yang dapat mendukung kelulusan siswa pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Oleh karena itu dibutuhkan suatu kegiatan yang dapat menunjang kelulusan siswa. Tujuan pengabdian ini adalah untuk melakukan pendampingan pemilihan program studi perguruan tinggi negeri (PTN) pada 130 orang siswa kelas XII SMAN 2 Kefamenanu. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan pendampingan. Tahapan kegiatan ini antara lain melakukan koordinasi dengan pihak sekolah, mengurus administrasi kegiatan seperti surat izin dan surat tugas, melaksanakan kegiatan, dan terakhir melakukan pelaporan. Berdasarkan hasil analisis angket pengetahuan awal dan akhir diperoleh bahwa terdapat peningkatan pengetahuan para siswa terkait kegiatan pengabdian ini, yaitu sebesar 21.34% dan juga terdapat perubahan dalam pemilihan program studi sebesar 4.61%. Kesimpulannya, setelah kegiatan pengabdian dilakukan sebagian besar peserta kegiatan telah memahami dengan baik mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan program studi pada PTN di Indonesia.

Abstract: The selection of the right study program is one of factors that can support student success in the Joint Selection for State Higher Education Entrance (SBMPTN) and the National Selection for State University Entrance (SNMPTN) which are a series of college entrance tests. Therefore, we need an activity that can support student success. The objectives of this community service activity is to assist in the selection of state university study programs for 130 students of grade 12th of SMAN 2 Kefamenanu. The method used in this service is to provide assistance. The stages of this service activity include coordinating with the school, taking care of the administration of activities such as permit and assignment letters, carrying out service activity, and finally reporting. Based on the analysis of initial and final knowledge questionnare, it was found that there was an increase in students’ knowledge regarding this service activity, which was 21.34% and there was also a change in the selection of study programs by 4.61%. In conclusion, after the community service activity was carried out, most of the participants who were the students of grade 12th of SMAN 2 Kefamenanu had a good understanding of the things that needed to be considered in the selection of study programs at State University in Indonesia.


Keywords


Study Program; Accompaniment; College Admission Selection.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Azanella, L. A. (2021). Pengumuman LTMPT: 184.942 Peserta Lolos SBMPTN 2021, Ini Rinciannya. KOMPAS.Com. https://www.kompas.com/tren/read/2021/06/14/124000665/pengumuman-ltmpt--184.942-peserta-lolos-sbmptn-2021-ini-rinciannya?page=all

Banda, Y. M. (2016). Keterkaitan Jenis, Jenjang Pendidikan Dan Masa Kerja Terhadap Kemamapuan Mengajar Guru Mata Pelajaran Ekonomi Pada SMA/MA Di Kota Ende. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(2), 119–130.

Data Pokok SMAN 2 KEFAMENANU - Pauddikdasmen. (n.d.). Retrieved February 10, 2022, from https://dapo.kemdikbud.go.id/sekolah/DF4531178029FA63EB55

Dwiranata, D., Pramita, D., & Syaharuddin, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Jurnal Varian, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.30812/varian.v3i1.487

Eliyanto, E., & Wibowo, U. B. (2013). Pengaruh Jenjang Pendidikan, Pelatihan, Dan Pengalaman Mengajar Terhadap Profesionalisme Guru Sma Muhammadiyah Di Kabupaten Kebumen. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 1(1), 34–47. https://doi.org/10.21831/amp.v1i1.2321

Faradiba, S. S., Rahmawati, B., Nabilla, I. A., & ... (2021). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar Melalui Pendampingan Berbasis Literasi. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(6), 3547–3556.

Jana, P., & Rahmawan, A. D. (2019). Computer Based National Exam Guidance for the Students of Muhammadiyah 3 Senior High School. Jurnal Berdaya Mandiri, 1(1), 84–89.

Kasih, A. P. (2021). 110.459 Calon Mahasiswa Dinyatakan Lolos SNMPTN 2021. KOMPAS.Com. https://www.kompas.com/edu/read/2021/03/22/111819071/110459-calon-mahasiswa-dinyatakan-lolos-snmptn-2021

Komalasari, M. D., Wibowo, A., & Anggraeni, D. (2018). Pendampingan Gerakan Literasi Sekolah Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Abdi Masyarakat, 2(1)halaman?. https://doi.org/10.30737/jaim.v2i1.236

Lando, A. T., Arifin, A. N., Selintung, M., Sari, K., Djamaluddin, I., Caronge, M. A., Asiyanthi, K. :, & Lando, T. (2019). Sosialisasi dan Pendampingan Sistem Pengelolaan Sampah Menjadi Kompos Skala Sekolah di SD Inpres Kantisang, Tamalanrea Socialisation and Accompaniment of The Waste Management System in Making School Scale Compost in SD Inpres Kantisang, Tamalanrea. Jurnal Panrita Abdi, 3(2), 113–124.

Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 62. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020

Rizal, D. (2019). Pendampingan Peningkatan Mutu Madrasah melalui Pembelajaran Aktif dan Manajemen Sekolah. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 18(2), 327. https://doi.org/10.21580/dms.2018.182.3037

Rosidah, I., Maruf, M., & Machfud, M. (2021). Pendampingan Pembelajaran Serta Upaya Peningkatan Fasilitas Di Desa Kraton Masa Pandemi Covid-19. Al-Khidmat, 3(2), 1–8. https://doi.org/10.15575/jak.v3i2.9585

Sasmita, K., Yatimah, D., Irvansyah, A., & ... (2020). Guru Homeschooling Talenta Jakarta Timur Dalam Pembelajaran Daring Interaktif, Bermakna Dan Menyenangkan Dimasa Pandemi. Prosiding Seminar, 2020, vol? issue? 338–349.

Setyaningsih, N. D., & Asnawi, N. (2021). Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Melalui Koperasi Syariah: Pendekatan Participatory Action Research. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 124–143. https://doi.org/10.51339/khidmatuna.v2i1.199

Shohib, M., Firmanto, A., Kusuma, W. A., & Martasari, G. I. (2016). Pendampingan Kelompok Konselor Sebaya di Kota Batu. Jurnal Dedikasi, 13, issue?34–38.

Silalahi, U. (2015). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Journal of Visual Languages & Computing, 11(3), 287–301.

Sucipto, L., & Syaharuddin, S. (2018). Konstruksi Forecasting System Multi-Model untuk pemodelan matematika pada peramalan Indeks Pembangunan Manusia Provinsi Nusa Tenggara Barat. Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, 4(2), 114. https://doi.org/10.26594/register.v4i2.1263

Supendi, P. (2016). Variasi (format) sistem pendidikan di Indonesia. Almufida, 1(1), 159–181.

Syaharuddin, S., & Ibrahim, M. (2017). Aplikasi Sistem Informasi Desa Sebagai Teknologi Tepat Guna Untuk Pendataan Penduduk Dan Potensi Desa. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 1(1), 60. https://doi.org/10.31764/jmm.v1i1.14




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v7i4.15724

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Zulkaidah Nur Ahzan, Yosepha Patricia Wua Laja, Fitriani Fitriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: