PELATIHAN LAPORAN KEUANGAN BERBASIS RUMAH IBADAH PADA DISTRIK SALAWATI KABUPATEN SORONG

Munzir Munzir, Yoga Andriyan, Felda Ramadani, Rosa Jumiati Syafruddin, Elia Fakdawer, Ristan Jonmer Tumana

Abstract


Abstrak: Stakeholder dan masyarakat memerlukan informasi mengenai suatu entitas atau organisasi publik untuk mengetahui bagaimana pengelola melaksanakan tugasnya menuju tujuan organisasi. Aspek Keterlibatan pada unsur keagamaan menimbulkan pertanyaan kesesuaian akuntansi dengan ajaran agama dan aturannya. Salah satu yang menyebabkan kurangnya kesadaran akan pentingnya akuntansi dalam pengelolaan keuangan tempat ibadah adalah adanya anggapan bahwa akuntansi merupakan produk ilmu pengetahuan manusia yang tidak ada dalam cakupan ajaran agama. Tujuan pengabdian adalah untuk meningkatkan hard skill atau pengetahuan mitra mengenai penyusunan laporan keuangan dengan standar ISAK 35. Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Sorong merupakan mitra dalam pengabdian, jumlah peserta yang terlibat yakni 5 orang perwakilan rumah ibadah yang berada di Distrik Salawati Kabupaten Sorong. Metode pengabdian yaitu pelaksanaan pre-test, pemaparan secara teoritis, praktek langsung (metode role play) dan pelaksanaan post-test. Adapun hasil pengabdian yakni adanya peningkatan pengetahuan mitra dan masyarakat mitra dengan persentase sebelum pelatihan sebesar 44,67% menjadi 85,33% setelah dilaksanakannya pelatihan atau pendampingan.

Abstract: Stakeholders and the public need information about an entity or public organization to find out how managers carry out their duties towards organizational goals. The aspect of involvement in religious elements raises questions about the suitability of accounting with religious teachings and rules. One of the causes of the lack of awareness of the importance of accounting in the financial management of places of worship is the assumption that accounting is a product of human knowledge that is not within the scope of religious teachings. The purpose of the service is to increase the partner's hard skills or knowledge regarding the preparation of financial reports with the ISAK standard 35. The Sorong Regency Religious Harmony Forum (FKUB) is a partner in the service, the number of participants involved is 5 representatives of houses of worship in the Salawati District, Sorong Regency. The service method is carrying out a pre-test, theoretical presentation, direct practice (role play method) and carrying out a post-test. As for the results of the service, namely an increase in the knowledge of partners and partner communities with a pre-training percentage of 44.67% to 85.33% after training or mentoring.


Keywords


House of Worship; Financial Statements.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Arianto, B. (2022). Menakar Laporan Keuangan Masjid Berbasis ISAK 35 di Kabupaten Pandeglang. Jurnal Akuntansi Publik, 2(2), 80–94.

Cahaya Azwari, P., & Nuraliati, A. (2018). Rekonstruksi Perlakuan Akuntansi Untuk Entitas Tempat Ibadah (Studi Perlakuan Akuntansi Organisasi Masjid Berdasarkan PSAK 45 dan PSAK 109). I-Finance, 4(1), 84–101. http://www.siperubahan.com/read/436/Ketika-Masjid-Membutuhkan-SentuhanPara-

Chopko, M. (2021). The Constitutionality of Providing Public Funds for U.S. Houses of Worship during the Coronavirus. Laws, 10(1), 1–12. https://doi.org/10.3390/laws10010008

Dewi, N., & Farina, D. (2022). Penyusunan Laporan Keuangan Organisasi Nirlaba Berdasarkan Isak Nomor 35 (Studi pada Masjid Nurul Iman Tabek Nagari Banja Loweh Kecamatan Bukik Barisan Kabupaten Lima Puluh Kota). JakSya: Jurnal Akuntansi Syariah, 2(1), 33–48.

Marviana, R. D., Nurhayani, U., Abdullah, I., & Ubar, R. (2021). Sosialisasi Pengenalan dan Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Mesjid Berdasarkan PSAK No. 45. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 387–393. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v2i2.1228

Nurhakim, M. I., Yuliati, Y., & Putra, F. (2022). Services of the Worship House of the Padepokan Dhammadipa Buddhist House of Worship for People with Disabilities. Journal of ICSAR, 6(1), 7–19. https://doi.org/10.17977/um005v6i12022p007

Prihatminingtyas, B., Fatima, W. Q., & Khairunisa, L. (2021). Analisis Transparasi dan Akuntabilitas Laporan Keuangan Organisasi Nirlaba Panti Asuhan Al-Maun Desa. Ngajum Kabupaten Malang. Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 9(1), 37–44.

Puspita, L. M. N., Halimatusyadiah, H., & Usman, D. (2022). Literasi dan Pelatihan Dasar Akuntansi Masjid berbasis ISAK 35 bagi Pengurus Masjid di Kota Bengkulu. Jurnal Nusantara Mengabdi, 1(3), 167–181. https://doi.org/10.35912/jnm.v1i3.726

Romdioni, A. N., & Wahyudi, C. A. (2023). Pendampingan Pencatatan Dan Penyusunan Aplikasi Laporan Keuangan Masjid Al-Manar Merauke Berdasarkan Isak 35. Alkhidmah: Jurnal Pengabdian Dan Kemitraan Masyarakat, 1(1), 144–156.

Rothrock, L., Abraham, A., Graf, A., Rodopman, M., & Nold, D. (2021). Aiding decision makers to reopening of places of worship. Human Factors and Ergonomics In Manufacturing, 31(4), 349–359. https://doi.org/10.1002/hfm.20891

Sabara, S., & Aksa, A. (2022). Religious Harmony Through The Establishment Of A House Of Worship Based On Local Wisdom In Kei Islands, MALUKU. Al-Qalam, 28(2), 279–292.

Santoso, O. F., & Pudjolaksono, E. (2018). Penerapan Akuntansi Nirlaba Dalam Rangka Peningkatan Kelengkapan Penyajian Informasi Laporan Keuangan Pada Gereja Kristus Tuhan (GKT) Banyuwangi. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 7(2), 352–360.

Supawanhar, S., Askani, A., Charolina, O., Ditasman, D., & Hartono, R. (2022). Akuntanbilitas Dan Transparansi Keuangan masjid melalui pelatihan administrasi keuangan masjida l-Muttaqin Kotabengkulu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Rafflesia, 5(1), 817–823.

Wachyu, W., & Winarto, A. (2022). The Role Of Household Accounting In Improving Quality Of Islamic Life. Communication and Management, 8, 63–67. https://doi.org/10.5281/zenodo.7470370

Waluya Firdaus, D., & Dwi Yulianto, H. (2018). Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Entitas Nirlaba Dalam Penyajian Laporan Keuangan Berbasis Akuntabilitas Masjid. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 6(1), 25–44. https://doi.org/10.17509/jrak.v6i1.8975

Wijoyo, H., Suherman, S., & Khiong, K. (2022). Service Quality Pandita Lokapalasraya And Dharmaduta Indonesian Buddhian Assembly. Journal Of Educational Administration Research And Review, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.17509/earr.v6i1




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v7i5.17139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Munzir, Yoga Andriyan, Felda Ramadani, Rosa Jumiati Syafruddin, Elia Fakdawer, Ristan Jonmer Tumana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: