MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS TPACK PENTING BAGI GURU-GURU BAHASA INDONESIA DI KOTA MEDAN

Muhammad Isman, Syamsuyurnita Syamsuyurnita, Nadra Amalia

Abstract


Abstrak: Kegiatan ini diperuntukkan bagi guru-guru di SMK Tritech Informatika Medan, dengan tujuan utama meningkatkan kapabilitas guru bahasa Indonesia dalam memanfaatkan dan mengembangkan kemampuan para guru yakni multimedia interaktif berbasis TPACK. Pembelajaran bahasa Indonesia akan kurang bermakna dan tidak berkesan serta membosankan tanpa sintegritas dalam pengelolaan pembelajaran yang tepat dan tidak efektif dilaksanakan tanpa adanya media pembelajaran yang menarik. Hasil Pelatihan terlihat bahwa kemampuan guru bahasa Indonesia sebelum menggunakan multimedia interaktif memperoleh 70,5 pada kategori baik. Kemampuan evaluasinya 75 atau cukup baik. Kemampuan reflesi dan remedial sebesar 75,01 atau cukup baik. Sedangkan kemampuan menggunakan media dan teknologi sebesar 65,05 atau rendah. Adapun, kemampuan pembelajaran setelah menggunakan multimedia interaktif sebesar 85,5, kemampuan dalam pelaksanaan pembelajaran 83,3, sedangkan kemampuan evaluasi sebesar 87,9, kemampuan pengguna media dan teknologi 88,7. Dari Hasil pelatihan tersebut, menunjukkan kombinasi pendapat dari para guru bahasa Indonesia sebagai peserta pelatihan tentang multimedia interaktif, tingkat kecenderungan kepuasan guru terhadap kegiatan pelatihan, terkhusus terhadap penggunaan multimedia interaktif Sangat baik.

Abstract: This activity is intended for teachers at SMK Tritech Informatika Medan, with the main objective of increasing the capability of Indonesian language teachers in utilising and developing the ability of teachers, namely TPACK-based interactive multimedia. Indonesian language learning will be less meaningful and memorable and boring without integrity in proper learning management and ineffective implemented without attractive learning media. Training results showed that the ability of Indonesian language teachers before using interactive multimedia obtained 70.5 in the good category. The evaluation ability is 75 or good enough. Reflection and remedial skills are 75.01 or quite good. While the ability to use media and technology is 65.05 or low. Meanwhile, the learning ability after using interactive multimedia is 85.5, the ability to implement learning is 83.3, while the evaluation ability is 87.9, the ability to use media and technology is 88.7. From the results of the training, showing a combination of opinions from Indonesian language teachers as trainees about interactive multimedia, the level of teacher satisfaction tendency towards training activities, especially towards the use of interactive multimedia is very good.


Keywords


Training; Multimedia; Interactive; Teacher; Language; Indonesian.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Dary, J.W. (2010). Metode Pembelajaran dan Pengelolaan Pendidikan. Pustaka Pelajar. Jogyakarta.

Griffith, (2007). International Relations Theory for the Twenty-First Century. Routledge.

Hammond, L.D. The Flat World and Education: How America’s Commitment to Equity Will Determine Our Future (New York, NY: Teachers College Press, 2010).

Hewitt, D.D and Zimmerman, M.A. Education and Management Theory, research, and application. American Journal of Community Psychology; Oct 2008; 23, 5; Research Library Core pg. 569

Kamaruddin Yusof. (2004). Kesan Aplikasi Multimedia Interaktif Pembelajaran Kreativiti Pelajar. International Malaysian Educational Technology Convention, 15–22. http://www.fp.utm.my/ePusatSumber/listseminar/20.KonventionTP2007-20/pdf/volume1/03-kamarudin.pdf

Maesaroh, S., & Mulyadiprana, A. (2020). Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Rancangan Multimedia Interaktif tentang Pantun untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. 7(3), 133–142. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Mailani, I. (2019). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Problem Based Learning. AL-USWAH: Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Agama Islam, 1(2), 129. https://doi.org/10.24014/au.v1i2.6086

Nasriani. (2022). Efektifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19 Di MTs Negeri 2 Tolitoli. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2501–2510.

Novaliendry, D. (2013). Aplikasi Game Geografi Berbasis Multimedia Interaktif (Studi Kasus Siswa Kelas IX SMPN Rao). Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 6(2), 106–118. https://doi.org/10.1093/petrology/44.8.1433

Pasya, S. A., & saputro, ari. (2018). Implementasi Multimedia Interaktif Belajar Mengenal Hewan Sebagai Media Edukasi Pada Tk Budi Mulia Tangerang. IDEALIS : InDonEsiA JournaL Information System, 1(5), 416–421. https://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/article/view/1036

Republik Indonesia, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.26 Tahun 2015 Tentang Registrasi Pendidik pada Perguruan Tinggi

Rusmiyati, Ida, D. (2014). Penggunaan Multimedia Dalam Pembelajaran Bahasa Sastra Indonesia di SMPN 2 Bawen Kabupaten Semarang. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 1–14. http://jurnal.fkip.uns.ac.id

Sanusi, Suprapto, E., & Apriandi, D. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Pokok Bahasan Dimensi Tiga Di Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 398–416.

Smaragdina, A. A., Nidhom, A. M., Soraya, D. U., & Fauzi, R. (2020). Pelatihan Pemanfaatan dan Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Multimedia Interaktif untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal KARINOV, 3(1), 53. https://doi.org/10.17977/um045v3i1p53-57

Tsania Nur Diyana, Edi Supriana, S. K. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Topik Prinsip Archimedes untuk Mengoptimalkan Student Centered Learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 171–182.

Kamaruddin Yusof. (2004). Kesan Aplikasi Multimedia Interaktif Pembelajaran Kreativiti Pelajar. International Malaysian Educational Technology Convention, 15–22. http://www.fp.utm.my/ePusatSumber/listseminar/20.KonventionTP2007-20/pdf/volume1/03-kamarudin.pdf

Maesaroh, S., & Mulyadiprana, A. (2020). Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Rancangan Multimedia Interaktif tentang Pantun untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. 7(3), 133–142. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Mailani, I. (2019). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Problem Based Learning. AL-USWAH: Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Agama Islam, 1(2), 129. https://doi.org/10.24014/au.v1i2.6086

Nasriani. (2022). Efektifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Mts Negeri 2 Tolitoli. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2501–2510.

Novaliendry, D. (2013). Aplikasi Game Geografi Berbasis Multimedia Interaktif (Studi Kasus Siswa Kelas IX SMPN Rao). Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 6(2), 106–118. https://doi.org/10.1093/petrology/44.8.1433

Pasya, S. A., & saputro, ari. (2018). Implementasi Multimedia Interaktif Belajar Mengenal Hewan Sebagai Media Edukasi Pada Tk Budi Mulia Tangerang. IDEALIS : InDonEsiA JournaL Information System, 1(5), 416–421. https://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/article/view/1036

Rusmiyati, Ida, D. (2014). Penggunaan Multimedia Dalam Pembelajaran Bahasa Sastra Indonesia di SMPN 2 Bawen Kabupaten Semarang. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 1–14. http://jurnal.fkip.uns.ac.id

Sanusi, Suprapto, E., & Apriandi, D. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Pokok Bahasan Dimensi Tiga Di Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 398–416.

Smaragdina, A. A., Nidhom, A. M., Soraya, D. U., & Fauzi, R. (2020). Pelatihan Pemanfaatan dan Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Multimedia Interaktif untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal KARINOV, 3(1), 53. https://doi.org/10.17977/um045v3i1p53-57

Tsania Nur Diyana, Edi Supriana, S. K. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Topik Prinsip Archimedes untuk Mengoptimalkan Student Centered Learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 171–182.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v7i6.18904

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Isman, Syamsuyurnita, Nadra Amalia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: