PELATIHAN PEMBUATAN MODUL BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK GURU SEKOLAH DASAR

Wina Mariana Parinduri, Renni Ramadhani Lubis, Nurhamimah Rambe, Titin Rahmayanti Rambe, Riskyka Riskyka, Yusda Novianti

Abstract


Abstrak: Penggunaan modul yang digunakan guru didalam kelas dapat mendukung proses pembelajaran, agar pembelajaran dapat berjalan efektif, efisien dan sistematis. Tujuan dari kegiatan pengabdianyaitu untuk meningkatkan kemampuan guru dalam membuat modul berbasis pendidikan karakter untuk mendukung proses pembelajaran. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan pembuatan modul berbasis pendidikan karakter. Pelatihan dilaksanakan di SD Negeri 056002 Lorong Ibadah dengan jumlah 33 peserta yang terdiri dari 6 orang sebagai pemateri dan 27 orang guru dari sekolah mitra. Berdasarkan hasil yang diperoleh diketahui bahwa kegiatan pelatihan menggunakan metode ceramah, praktik dan diskusi. Kegiatan pengabdian sudah berjalan baik dan lancar selama dua pertemuan. Sedangkan langkah-langkah pelaksanaan kegiatan pelatihan yaitu: (a) tahap persiapan; (b) tahap pelaksanaan; dan (c) tahap evaluasi. Rata-rata persentase dari hasil tanggapan para peserta dari sekolah mitra setelah mengikuti pelatihan yaitu sebesar 89,85%. Evaluasi yang dilaksanakan pada kegiatan pengabdian yaitu tim pengabdi memberikan penjelasan materi yang berkaitan dengan pembuatan modul secara berulang kali dan lebih sabar ketika para guru-guru sedang melakukan praktik membuat modul berbasis pendidikan karakter.

Abstract: The use of modules used by teachers in the classroom can support the learning process, so that learning can run effectively, efficiently and systematically. The aim of the service activities is to improve teachers' abilities in creating character education based modules to support the learning process. This activity is carried out in the form of training in the creation of character education-based modules. Training was carried out at SD Negeri 056002 Ibadah Hall with 33 participants consisting of 6 people as presenters and 27 teachers from partner schools. Based on the results obtained, it is known that the training activities used lecture, practice and discussion methods. The service activities have run well and smoothly during the two meetings. Meanwhile, the steps for implementing training activities are: (a) preparation stage; (b) implementation stage; and (c) evaluation stage. The average percentage of participants' responses from partner schools after attending the training was 89.85%. The evaluation carried out in service activities is that the service team provides an explanation of the material related to the creation of modules repeatedly and is more patient when the teachers are carrying out the practice of creating character education based modules.

 


Keywords


Module; Character Education; Teacher.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Antoro, B., Amelia, M. M., Hakim, L., & Rozi, F. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Puzzle untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN 064024 Medan. Madaniya, 4(1), 399-404.

Apriliani, I. G. A. D., Husniati, H., & Sobri, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Keanekaragaman Budaya Sasambo Pada Muatan Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1522-1533.

Budianingsih, R., Amalia, A. R., & Khaleda, I. (2021). Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas Rendah. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(2), 302–310. https://doi.org/10.31949/jee.v4i2.3209

Candra Kristiyan, Arri Handayani, & Dini Rakhmawati. (2023). Pentingnya Pendidikan karakter Pada peserta didik sekolah dasar di era digital untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Ta’rim: Jurnal Pendidikn Dan Anak Usia Dini, 4(3), 105–116. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/37146

Daimah, Pangestu, A., Mu’nisa, Q., & Azizah, Y. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Keligius Berbasis Pondok Pesantren Di MA An Nawawi Berjan Purworejo. Mapendis: Manjemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–13. https://www.jurnal.staiannawawi.com/index.php/Mapendis/article/view/591

Dani, R., Rahmayani, R., Nuramini, A., Studi Manajemen Pendidikan Islam, P., Tarbiyah Dan Keguruan, F., & Bengkalis, S. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Moderasi Beragama Disekolah Smp 2 Bengkalis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Keislaman JIPKIS, 3(1), 43–48.

Ferniati et al., 2023. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Pendidikan Karakter Perserta Didik Sman2 Negeri Bengkalis. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Pendidikan Karakter Perserta Didik Sman2 Negeri Bengkalis, 2(June), 99–117.

Friatma, F., & Syeilendra, S. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya (Musik) di Kelas VIII.2 SMPN 3 Sungai Geringging. Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 5(3), 186–196. https://doi.org/10.38035/rrj.v5i3.750

Haviza, D., Setriani, L., & Suryani, A. I. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8.0 dalam Meningkatkan Motivasi Elajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XII IPS di MAN 2 Solok. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 10024-10035.

Khanna, R., & Kareem, D. J. (2021). Creating Inclusive Spaces in Virtual Classroom Sessions During The COVID Pandemic: An Exploratory Study of Primary Class Teachers in India. International Journal of Educational Research Open, 2–2(February), 100038.

https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2021.100038

Kimianti, F., & Prasetyo, Z. K. (2019). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. 07(02), 91–103. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p91--103

Kristiyan, C., Handayani, A., & Rakhmawati, D. (2023). Pentingnya Pendidikan Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Ta'rim: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 4(3), 105-116.

Muhammad, Wibowo, Z., & Wibowo, M. Z. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Mampu Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 1(1), 76–83.

Muji. (2023). Pendidikan Kreatif Dan Inovatif Untuk Penguat Karakter Anak Bangsa. Jurnal Impresi Indonesia, 2(2), 137–141. https://doi.org/10.58344/jii.v2i2.2145

Nurfazila, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. El-FAKHRU, 2(2), 99-117.

Ode, M. N. I., La Djamudi, N., & Susiati, S. (2023). Lagu Ana-Ana Maelu sebagai Alternatif Media Pembelajaran Pendidikan Karakter Siswa Kelas V SD di Wilayah Keraton Buton. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4650–4656.

Pangestu, A. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Religius Berbasis Pondok Pesantren Di MA AN Nawawi Berjan Purworejo. Mapendis: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 13-26.

Putri, E. S., Yulianti, & Romadhon. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Pendidikan Karakter Pada Materi IPS Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas IV SD. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 3(November), 381–388. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/view/665

Ramadani, R., Kamal, M., Sesmiarni, Z., & Aprison, W. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Group Investigation Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTS TI Candung. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(4), 01-14.

Riwanti, R., & Hidayati, A. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Pendidikan Karakter Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 572–581. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.41

Rosadi, A. F., Nurhalizah, F., Kusumawardani, S., & Marini, A. (2023). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas 2 SD BERBASIS Digital Storytelling: Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas 2 SD Berbasis Digital Storytelling. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(3), 413-420.

Samili, A. O., Adjam, S., Hasim, J., & Muhammad, A. (2023). Pendidikan Karakter Di Era Globalisasi Pada Siswa SMP Negeri 5 Kota Ternate. 2(1), 19–27. https://doi.org/10.3387/j.oasis.v1i1.5700

Syifani et al., 2023. (2023). 2. View of Efektivitas Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis ICT Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Era Society 5.0 di Kelas VIII Daar Al-Ilmi.pdf. Innovative, 3(4), 2627–2733.

Wibowo, M. Z. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Mampu Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(1), 76-83.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v7i6.19492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Wina Mariana Parinduri, Renni Ramadhani Lubis, Nurhamimah Rambe, Titin Rahmayanti Rambe, Riskyka, YusdaNovianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: